Hewan-Hewan Laut Yang Menjadi Inspirasi Karakter Serial Spongebob Squarepants

1

Kita semua pasti pernah atau bahkan hampir setiap hari menonton Spongebob Squarepants. Kamu tahu kan serial animasi yang satu ini? Ya, sebuah serial animasi yang menceritakan tentang kekonyolan yang ada di dasar laut dimana terdapat sebuah kota yang bernama Bikini Bottom yang menjadi tempat tinggal dari para karakter-karakter dari serial animasi tersebut.

Spongebob Squarepants merupakan karakter utama dari serial yang berjudul sama. Dia memiliki ciri-ciri bertubuh kotak, berwarna kuning dan dengan celana khasnya yang juga berbentuk kotak. Spongebob memiliki beberapa teman yang juga menjadi karakter utama pendukung dalam serial ini, yaitu Patrick, Squidward, Mr. Krabs, Plankton, Pearl, dan Gary.

Namun tahukah kamu seperti apa wujud asli dari semua karakter Spongebob Squarepants tersebut di kehidupan nyata? Sebagian besar karakter dari serial animasi ini terinspirasi dari hewan-hewan yang ada di laut. Terkecuali untuk Sandy, karena karakter yang satu ini terinspirasi dari seekor tupai yang mana merupakan hewan darat.

Berikut ini adalah hewan-hewan laut yang menjadi inspirasi karakter-karakter utama serial Spongebob Squarepants :

1. Spongebob Squarepants (Sponge)

Penjelasan Karakter Animasi

2

Spongebob Squarepants adalah tokoh utama dari serial kartun yang bernama sama. Ia adalah spons kuning berbentuk kotak yang tinggal di sebuah rumah berbentuk nanas. Pekerjaannya adalah juru masak sebuah restoran cepat saji yang bernama Krusty Krab. Spongebob memiliki kepribadian ceria dan mudah bergaul walaupun dalam banyak kesempatan ia juga ditampilkan kerap bertingkah kekanak-kanakan.

Saat sedang tidak bekerja, ia gemar melakukan aktivitas seperti menangkap ubur-ubur, bermain karate, dan meniup gelembung sabun. Spongebob juga memiliki hewan peliharaan berupa seekor siput laut yang ia beri nama Gary.

Penjelasan Hewan Inspirasi

22

Spons (sponge) adalah nama dari sejenis spons atau hewan berpori yang mendapatkan nama demikian karena seringnya hewan tersebut dijadikan alat mandi oleh manusia. Namun sebagai akibat dari tingginya aktivitas penangkapan spons untuk keperluan itu pula, populasi spons mandi di alam liar kini mengalami penurunan.

Spons mandi bisa ditemukan di Laut Mediterania, Laut Karibia, dan Samudera Hindia barat pada kedalaman maksimal 40 m. Tubuhnya berwarna abu-abu tua, namun saat mati spons yang bersangkutan akan berubah warna menjadi kuning atau coklat.

2. Patrick Star (BINTANG LAUT MERAH MUDA RAKSASA “Pisaster brevispinus”)

Penjelasan Karakter Animasi

q

Patrick Star adalah sahabat terdekat dari Spongebob yang memiliki fisik gemuk dan berkepala lonjong. Keduanya sering melakukan aktivitas bersama-sama, misalnya menangkap ubur-ubur. Rumahnya berupa batu raksasa berbentuk setengah bola yang jaraknya tidak jauh dari rumah Spongebob dan hanya dipisahkan oleh rumah milik Squidward.

Patrick dikenal sebagai sosok yang malas, bodoh, dan suka sekali makan. Namun di balik kelemahannya tersebut, ia juga dikenal sebagai sosok yang ceria dan setia kawan.

Penjelasan Hewan Inspirasi

w

Bintang laut merah muda raksasa (giant pink sea star) adalah salah satu spesies bintang laut terbesar yang dikenal manusia. Hewan ini memiliki 5 lengan dan bisa tumbuh hingga diameter 60 cm. Tubuhnya berwarna merah muda dan bagian atasnya dipenuhi oleh duri-duri kecil yang panjangnya bisa mencapai 2 mm.

Layaknya bintang laut lainnya, bintang laut merah muda raksasa adalah karnivora dasar laut yang makanannya mencakup kerang laut, siput laut, teritip, cacing laut, dan bangkai ikan serta cumi-cumi. Habitat dari bintang laut merah muda adalah perairan pantai barat AS dengan kedalaman maksimal 110 m.

3. Squidward Tentacles (GURITA BIASA “Common Octopus”)

Penjelasan Karakter Animasi

s

Squidward Tentacle adalah tetangga dari Spongebob dan Patrick. Ia memiliki tubuh kurus dengan kepala dan hidung yang besar dengan telapak tangan serta kaki yang bertentakel. Squidward membenci Spongebob dan Patrick karena menganggap keduanya terlalu berisik dan kekanak-kanakan. Seperti halnya Spongebob, ia juga bekerja di restoran Krusty Krab.

Namun di restoran tersebut ia bekerja sebagai kasir. Squidward memiliki kecintaan yang tinggi akan seni dan suka bermain klarinet. Ia juga dikenal sebagai sosok yang suka mengeluh dan sering melontarkan lelucon sinis.

Penjelasan Hewan Inspirasi

3

Gurita biasa (common octopus) adalah spesies gurita yang bisa tumbuh hingga ukuran 90 cm. Tubuhnya berbentuk bulat, lunak, dan memiliki 8 lengan panjang berpenghisap di bagian bawahnya. Hewan ini bisa ditemukan di semua perairan yang suhunya tidak terlampau dingin dan memiliki kedalaman maksimal 200 m.

Gurita biasa mampu mengubah tekstur dan warna kulitnya hingga menyerupai lingkungan sekitarnya. Walaupun kemampuan tersebut membuatnya menjadi sulit dilihat, ada trik khusus untuk mengetahui lokasi persembunyian dari gurita yang bersangkutan.

Gurita biasa memiliki kebiasaan meninggalkan tumpukan cangkang kerang dan Crustacea makanannya di dekat sarangnya sehingga jika kita berhasil menemukan tumpukan cangkang tersebut, maka kita punya peluang besar untuk menemukan guritanya.

4. Mr. Krabs (KEPITING HANTU ATLANTIK “Ocypode quadrata”)

Penjelasan Karakter Animasi

u

Mr. Krabs adalah pemilik dari restoran Krusty Krab, restoran tempat Spongebob dan Squidward bekerja. Ia memiliki tubuh gemuk berbentuk kerucut, mata yang panjang, dan telapak tangan / capit yang besar. Mr. Krabs dikenal sebagai sosok yang sangat irit dan mata duitan. Jika mendengar kata uang, maka ia pasti akan langsung bersemangat.

Sifatnya tersebut tidak jarang membuat sebal orang-orang yang ada di sekitarnya. Mr. Krabs memiliki musuh bebuyutan bernama Plankton karena Plankton selalu berusaha mencuri formula rahasia dari Kraby Patty, menu andalan Krusty Krab.

Penjelasan Hewan Inspirasi

y

Kepiting hantu Atlantik adalah salah satu spesies kepiting yang – sesuai namanya – hanya bisa ditemukan di Samudera Atlantik, tepatnya di pesisir barat dari samudera tersebut. Hewan ini bisa dibedakan dari kepiting lainnya dengan melihat sepasang tangkai matanya yang panjang, warna tubuhnya yang kuning kemerahan, dan capitnya yang besar sebelah.

Kepiting hantu Atlantik memiliki kebiasaan menggali lubang di tanah berpasir yang terletak di tepi laut sebagai tempat bersembunyi saat matahari bersinar. Ketika matahari terbenam, barulah kepiting ini mulai aktif mencari makan di mana makanan favoritnya mencakup kerang laut, kepiting lain, dan telur serta bayi penyu.

5. Plankton (Cyclops sp)

Penjelasan Karakter Animasi

uu

Plankton atau nama lengkapnya Sheldon W. Plankton adalah salah satu karakter terkecil dalam serial kartun Spongebob. Ia memiliki tubuh lonjong berwarna hijau dengan mata satu yang besar dan antena berjumlah sepasang. Plankton memiliki restoran bernama Chum Bucket yang terletak tepat di seberang Krusty Krab.

Karena restorannya sepi pengunjung, ia selalu berusaha mencuri resep rahasia pembuatan Kraby Patty dari tangan Mr. Krabs walaupun upayanya tersebut selalu berakhir dengan kegagalan. Plankton bisa dianggap sebagai salah satu karakter paling jenius dalam serial kartun Spongebob karena ia memiliki banyak ciptaan untuk membantunya mewujudkan obsesinya. Plankton juga memiliki komputer bernama “Karen” yang ia anggap sebagai istrinya sendiri.

Penjelasan Hewan Inspirasi

4

Cyclops adalah nama dari genus Copepoda, sejenis plankton hewani (zooplankton) yang memiliki bentuk lonjong dan sepasang antena panjang. Ada lebih dari 400 spesies hewan yang menyusun genus Cyclops. Nama “Cyclops” pada hewan ini sendiri berasal dari nama raksasa dalam mitologi Yunani yang bermata satu karena kebetulan hewan Cyclops juga memiliki mata tunggal berwarna hitam atau merah di bagian tengah kepalanya.

Habitat dari Cyclops adalah perairan air tawar di seluruh dunia, namun kadang-kadang mereka juga bisa ditemukan di perairan payau. Ukuran maksimal dari Cyclops adalah 5 mm dan mereka memiliki peran sangat penting dalam rantai makanan setempat karena banyak hewan berukuran lebih besar yang hidup dari memakan Cyclops.

6. Pearl Krabs (Paus Biru)

Penjelasan Karakter Animasi

5

Pearl Krabs adalah anak perempuan dari Mr. Krabs. Jika ayahnya memiliki bentuk seperti kepiting, maka Pearl memiliki penampilan menyerupai ikan paus dengan kepala besar dan berbentuk kotak (jangan tanya saya kenapa perbedaannya bisa seekstrim itu). Perilaku dari Pearl bisa dikatakan tidak berbeda dengan remaja-remaja perempuan pada umumnya.

Ia suka berkumpul bersama teman-temannya dan mengikuti hal-hal yang sedang menjadi tren. Pearl sering merasa sebal dengan ayahnya yang ia anggap terlalu pelit dan kuno. Ia juga suka menangis bila keinginannya tidak dituruti oleh ayahnya.

Penjelasan Hewan Inspirasi

6

Paus biru (blue whale) adalah hewan terbesar yang ada di dunia dengan panjang maksimal 30 m lebih. Walaupun berukuran sangat besar, makanan utama dari paus biru adalah hewan-hewan kecil menyerupai udang yang dikenal sebagai krill. Ia bisa ditemukan di semua samudera, kecuali Samudera Arktik yang terletak di bagian utara bumi.

Karena paus biru pada dasarnya adalah mamalia, maka mereka melahirkan serta menyusui anaknya dan perlu muncul ke permukaan air secara periodik untuk bernapas. Paus biru pernah mengalami penurunan populasi yang sangat tajam akibat perburuan yang dilakukan oleh manusia sehingga kini aktivitas perburuan paus biru dilarang di seluruh dunia.

7. Gary (SIPUT BULAN UTARA “Lunatia heros”)

Penjelasan Karakter Animasi

f

Gary adalah siput laut peliharaan Spongebob. Walaupun penampilannya mirip siput, Gary memiliki perilaku layaknya kucing darat karena suka mengeong. Adapun suara mengeong adalah satu-satunya suara yang bisa dihasilkan oleh Gary karena dia tidak bisa berbicara dan berdialog secara normal layaknya karakter-karakter yang lain.

Gary tidak suka mandi, namun ia suka berendam di dalam lumpur. Squidward kadang merasa sebal dengan Gary karena Gary suka meninggalkan jejak lendir yang licin saat bergerak.

Penjelasan Hewan Inspirasi

k

Siput bulan utara adalah spesies siput laut yang hanya ditemukan di pantai timur Kanda dan pantai timur laut AS. Cangkangnya berbentuk bulat dan berwarna coklat kemerahan di mana ukuran diameter maksimal dari cangkangnya adalah 10 cm.

Walaupun terkesan lamban dan tidak berbahaya, siput bulan utara aslinya adalah hewan pemangsa yang rakus. Makanan utamanya adalah hewan-hewan bercangkang dan bertubuh lunak lainnya (Mollusca) semisal kerang laut. Saat makan, siput bulan utara akan menggunakan gigi radulanya untuk melubangi cangkang mangsanya.

Ternyata hewan-hewan laut yang menjadi inspirasi dari karakter-karakter Spongebob Squarepants ini sepintas memang kelihatan mirip ya. Apa kamu tahu hewan apalagi yang menjadi inspirasi karakter-karakter Spongebob Squarepants? Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu ya. Terima kasih sudah membaca.

Related posts