Hewan Mamalia : Pengertian, Ciri Dan Contohnya

susu

Tentunya sudah anda ketahui bahwa hewan yang tersebar di dunia ini sangatlah banyak dan bervariasi jenis-jenisnya. Ada banyak sekali hewan yang tidak bisa anda sebutkan satu-persatu. Maka dari itu hewan-hewan tersebut dibedakan dalam jenis kelompok tertentu seperti kelompok hewan mamalia. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hewan mamalia, kita simak secara bersama ulasan dibawah ini.

Apa Itu Hewan Mamalia?

Hewan mamalia adalah jenis hewan yang biasa dikenal dengan hewan menyusui. Hewan mamalia merupakan kelas hewan vertebrata yang mempunyai ciri dengan adanya kelenjar susu, yang pada betinanya menghasilkan susu sebagai sumber makanan bagi anaknya. Secara umum, mamalia bisa dinyatakan sebagai hewan yang memiliki tulang belakang.

tiger-cubs-grass

Sebutan sebagai hewan menyusui ini dikarenakan hewan mamalia memiliki ciri yang paling pokok yaitu memiliki kelenjar susu untuk jenis hewan betina. Jenis hewan mamalia tersebut menghasilkan susu sebagai sumber makanan bagi anaknya. Hewan mamalia selalu diidentikkan sebagai hewan yang melahirkan.

Padahal, tidak semua hewan mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan, ada pula hewan mamalia yang cara berkembangbiak hewan dengan cara bertelur. Mamalia memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dengan hewan lain, reptil misalnya.

Beberapa karakteristik yang membedakan mamalia dengan reptil seperti rambut yang dimiliki oleh hewan mamalia, tiga tulang telinga tengah, kelenjar susu yang hanya dimiliki oleh hewan mamalia betina dan juga adanya neocortex pada otak mamalia. Primata yang disebut sebagai hewan tercerdas merupakan salah satu contoh hewan mamalia.

Ukuran mamalia bervariasi dari satu ons (shrews) hingga 200 ton (Paus). Karena mamalia adalah hewan berdarah panas, mereka menjaga suhu tubuhnya independen dari lingkungan eksternal. Hal ini dicapai oleh panas yang dihasilkan oleh metabolisme endotermik tubuh mereka.

Salah satu ciri utama mamalia adalah keberadaan bulu atau rambut yang tumbuh di beberapa bagian tubuh. Rambutnya bisa dalam berbagai bentuk seperti bulu tebal, tanduk, kumis panjang dan duri defensif. Fungsi utama rambut adalah isolasi tubuh terhadap dingin.

Berbeda dengan jenis hewan lainnya yang juga mempunyai sistem pencernaan yang tidak lengkap, hewan mamalia merupakan hewan yang mempunyai sistem pencernaan yang lengkap. Sistem pencernaan hewan mamalia terdiri atas mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar dan juga anus.

LUMBA-LUMBA-DOLPHIN

Sistem pencernaan mamalia menyerupai sistem pencernaan pada manusia. Rahang bawah mulut pada hewan mamalia terbentuk oleh satu tulang tungga dan di pinggir rahangnya terdapat gigi. Hewan mamalia mempunyai 4 tipe gigi, yakni gigi seri, gigi taring, gigi geraham depan dan juga gigi geraham belakang.

Sistem pernapasan hewan mamalia yaitu bernapas menggunakan paru-parunya. Terlebih meskipun hewan mamalia itu (ikan) hidup di laut, hewan mamalia tersebut dapat bernapas dengan paru-paru. Paru-paru yang terdapat pada hewan mamalia terdiri atas dua lobus. Yakni Dua lobus tersebut berada di dalam ruang pleura dan pada dinding laring terdapat pada pita suara.

Hewan Mamalia memiliki tulang pendengaran berjumlah 3 didalam telinga kanan dan kiri dan juga 1 tulang atau dentari pada setiap sisi rahang bawah.

Hewan mamalia juga memiliki integumen yang terdiri atas 3 lapisan yakni lapisan epidermis yang memiliki 30 lapis sel, dermis yang memiliki ketebalan 15-40 kali dibanding epidermis dan hipodermis. Selain itu, masih ada beberapa ciri hewan mamalia lainnya yang belum disebutkan. Berikut ini ciri-ciri hewan mamalia

Ciri-ciri Hewan Mamalia

Mamalia disebut juga dengan hewan menyusui. Seperti halnya dengan sebutannya, mamalia merupakan hewan dengan ciri khas menyusui (memiliki kelenjar susu). Di atas juga telah disebutkan bahwa mamalia merupakan hewan yang memiliki ciri khas rambut di bagian bagian tubuh hewan nya. Berikut ini ciri-cirinya :

Lion-and-cub-lions-37839607-1920-1200

  • Hewan mamalia memiliki tulang belakang.
  • Hewan mamalia memiliki anggota gerak untuk berenang, berjalan, memanjat.
  • Hewan mamalia memiliki kuku dan cakar.
  • Hewan mamalia memiliki gigi taring dan gigi geraham.
  • Hewan mamalia memiliki paru–paru sebagai alat pernafasan.
  • Hewan mamalia telah memiliki jantung yang terdiri atas empat ruang (2 bilik dan 2 serambi)
  • Hewan mamalia termasuk homoikoterm atau berdarah panas sehingga mampu untuk mempertahankan suhu tubuhnya serta memiliki sistem peredaran darah tertutup.
  • Hewan mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan atau vivipar.

Mamalia Dibagi Dalam 12 Ordo

Sebenarnya cukup sulit untuk bisa menjelaskan detail macam-macam mamalia secara singkat. Sebab, coba anda bayangkan ada kurang lebih 5000 genus  (jenis) di dalam kelompok mamalia. Dari 5000 ini masih dibagi lagi menjadi puluhan bahkan ratusan ribu spesies yang berbeda. Melelahkan bukan jika ingin dibahas satu persatu.

Ciri-dan-Contoh-Hewan-mamalia

Namun secara ilmiah agar lebih ringkas, mamalia digolongkan ke dalam beberapa ordo yang berbeda. Mamalia dikelompokkan ke dalam banyak ordo. Berbagai jenis ordo tersebut dapat berbeda satu sama lain, tergantung dari klasifikasi ilmiah yang dipakai. Berikut ini adalah beberapa jenis ordo hewan mamalia.

1. Ordo Insektivora

Mamalia ordo insektivora memiliki ciri khusus yakni mata yang tertutup, telapak kaki bagian depan yang cenderung melebar dan cakar yang kuat serta tebal.

Mamalia jenis ordo ini tergolong mamalia kecil. Selain itu, mamalia ordo insektivora memiliki ciri gemar memakan serangga, biji-bijian, cacing dan beberapa hewan kecil lainnya. Contoh mamalia ordo insektivora yakni tapir dan tikus tanah.

2. Ordo Marsupialia

Mamalia ordo marsupilia adalah mamalia yang memiliki ciri khusus yakni kantung di bagian perut. Kantung tersebut berperan dalam membawa dan menyusui bayi-bayi mereka.

Contoh mamalia marsupilia adalah kanguru, kuskus dan koala. Di dalam kantong koala terdapat kelenjar susu dimana selain sebagai wadah membawa bayinya, juga sebagai tempat menyusui bayi.

3. Ordo Demoptera

Mamalia ordo demoptera merupakan mamalia dengan ciri memiliki parasut meski bukan sayap. Parasut tersebut didapatkan dari kulit atau membran yang terhubung antara keempat kakinya. Salah satu contoh hewan yang golong sebagai mamalia jenis ordo demoptera adalah tupai terbang, monyet terbang dan beberapa jenis serangga.

4. Ordo Lagomorpha

Lagomorpha merupakan hewan mamalia yang memiliki ciri khas gigi seri sebanyak 4 gigi atau yang lebih mirip dengan pahat. Gigi seri tersebut hampir menyerupai ordo redentia.

Ciri khas lain dari mamalia lagomorpha adalah kaki belakang yang lebih panjang bila dibandingkan dengan kaki depan. Bentuk kaki seperti demikian digunakan dengan tujuan untuk berlari dan juga melompat. Hewan mamalia yang termasuk ke dalam mamalia lagomorpha adalah kelinci.

5. Ordo Perissodactyla

Perissodactula adalah mamalia herbivora dengan ciri khas kepemilikan kuku dengan jumlah jari kaki ganjil. Ciri-ciri hewan mamalia ini adalah, Tidak memiliki tanduk, memiliki lambung yang sederhana telapak kaki yang jumlahnya ganjil. Beberapa jenis hewan mamalia yang termasuk mamalia perissodactyla adalah zebra, kuda dan tapir.

6. Ordo Primata

Primata mungkin merupakan jenis mamalia yang sudah tidak asing lagi di pendengaran anda. Jenis mamalia primata memiliki ciri khas ibu jari yang berhadapan, memiliki anggota gerak tubuh yang panjang, mata menghadap ke depan, serta korteks serebral yang berkembang dengan baik.

Primata sering dianggap sebagai hewan tercerdas di bumi. Beberapa contoh hewan mamalia primata di antaranya monyet, lemur dan orang utan.

7. Ordo Carnivore

Ordo carnivore terdiri dari hewan mamalia yang memakan daging. Ciri khusus ordo mamalia yakni memiliki taring yang tajam untuk mengunyah daging serta cakar untuk mencabik mangsa. Contohnya Anjing, Kucing, Serigala, Harimau, Cheetah, Beruang, Musang, Panda, Sigung dan Berang-berang.

8. Ordo Cetacean

Ordo mamalia yang satu ini merupakan mamalia yang hidup di habitat berair seperti lautan. Contohnya paus dan lumba-lumba. Meskipun mamalia laut tidak menyusui anaknya karena tidak memiliki kelenjar susu, namun dikaterogikan sebagai mamalia dikarenakan memenuhi ciri mamalia lainnya seperti adanya kelenjar susu, paru-paru dan melahirkan anaknya.

9. Ordo Chiroptera

Ordo yang selanjutnya ialah chiroptera yang merupakan dari famili mamalia kelelawar. Mamalia ini dibagi menjadi 2 jenis antara lain megachiroptera sekitar ada 175 spesies dan microchiroptera yang ada 788 jenis spesies.

Famili ordo chiroptera merupakan satu-satunya jenis mamalia yang dapat terbang. Meski dengan demikian ada beberapa perbedaan mengenai dari kelelawar jenis lain yang bisa juga terbang.

10. Ordo Probossoidea

Hewan mamalia dari ordo probossoidea memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini :

  1. Bentuk tubuh yang besar,mempunyai probossoidea dengan dua lubang hidung,serta dapat untuk memegang.
  2. Berat badan mencapai sekitar 3,5 sampai 5 ton lebih,dengan umur bisa mencapai 50 tahun.
  3. Leher yang pendek, kepala besar, telinga lebar, gigi seri atas dua buah dan memanjang.

Dan sudah mudah ditebak yaitu gajah sumatra yang secara umum memiliki badan lebih gemuk dan lebar, berat badan gajah sumatra dewasa mencapai 3,5 sampai 5 ton dan lebih kecil dari gajah afrikaseperti halnya spesies gajah asia lainnya, gajah sumatra tidur sambil berdiri dan selama tidur telinganya dikipas-kipas karena mampu mendeteksi air sejauh 5 km.

11. Ordo Artiodactyla

Ciri-ciri dari ordo ini yaitu memiliki jari kaki yang berjumlah genap. Contohnya seperti Antilocarpa sp (antelope), Cervus sp (kijang), Bos sondaicus (banteng), Aries sp (kambing) Giraffa sp (jerapah) Camelus sp (unta) dan Bos indicus (sapi putih).

12. Ordo Rodentia

Rodentia termasuk dalam kelompok mamalia pengerat. Gigi seri tumbuh pada rahang bawah dan berbentuk seperti pahat. Taring dan beberapa geraham depan tidak tumbuh. Contoh hewan dalam kelompok ini adalah Rattus sp (tikus) dan Cavia cobaya (marmut). Mereka disebut pengerat karena memang seperti itulah mereka mengonsumsi makanan.

Hewan mamalia dengan jenis makanan tumbuhan biasa disebut dengan herbivora, hewan dengan jenis makanannya berupa daging biasa disebut karnivora, sedangkan hewan dengan pemakan segala jenis makanan biasa disebut dengan omnivore. Dan berikut kelompok hewan mamalia pemakan daging dan tumbuhan :

Hewan Mamalia Pemakan Daging Antara Lain :

  1. Serigala.
  2. Anjing.
  3. Dubuk.
  4. Kucing.
  5. Harimau.
  6. Macan Tutul.
  7. Cheetah.
  8. Cerpelai.
  9. Singa.

Hewan Mamalia Pemakan Tumbuhan Antara Lain :

  1. Banteng.
  2. Jerapah.
  3. Gajah.
  4. Sapi.
  5. Domba.
  6. Kambing.
  7. Antilop.
  8. Kerbau.
  9. Rusa.

Mamalia merupakan salah satu jenis hewan yang sangat beraneka ragam dan memiliki persebaran hampir ke seluruh belahan dunia. Mamalia berkembang biak dengan melahirkan anaknya. Pembuahan terjadi di dalam tubuh mamalia betina, tepatnya di dalam saluran telur (oviduct). Hasil pembuahannya berupa zigot.

Zigot akan berkembang menjadi embrio di dalam rahim betina dan mengalami perkembangan dari embrio menjadi bayi yang siap dilahirkan. Bayi dilahirkan oleh induknya melalui vagina. Nah, itulah beberapa ciri-ciri dari hewan mamalia. Untuk itu demikianlah informasi diatas, semoga ulasan ini dapat memberi pengetahuan dan manfaat kepada pembaca.

Related posts