Anime Yang Terinspirasi Dari Olahraga Basket

k

Bagi kamu pecinta dunia olahraga, pasti tahu olahraga yang satu ini, yaitu basket. Basket merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia selain sepakbola. Basket adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari 5 orang yang bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam keranjang dan mencetak skor sebanyak-banyaknya.

Disamping itu semua, tahukah kamu kalau ada beberapa anime yang terinspirasi dari olahraga ini? Kalau belum tahu, silahkan kamu simak ulasannya di bawah ini :

1. Slam Dunk

6

Bagi kamu anak generasi 90-an pastinya tahu kan dengan anime yang satu ini. Anime yang merupakan cikal bakal dari semua anime yang bergenre basket dan juga salah satu faktor yang membuat olahraga basket jadi lebih digemari di jepang. Dengan jalan cerita yang keren, Slam Dunk adalah salah satu anime bergenre olahraga yang pantas untuk dinikmati.

Slam Dunk sendiri bercerita tentang seorang pemuda bernama Hanamichi Sakuragi yang pada awalnya tidak menyukai basket karena berulang kali ditolak karena kebanyakan gadis lebih menyukai cowok yang gemar bermain basket. Tetapi setelah bertemu dengan Haruko Akagi (adik perempuan Takenori Akagi) dia mati-matian berusaha agar diikutkan dalam tim basket Shohoku.

Ternyata setelah masuk dalam tim basket, Hanamichi mulai berulah dengan bersaing dengan Rukawa, seorang Ace di bidang basket, Sakuragi sangat ingin bersaing dengannya karena Haruko meyukai Rukawa, sehingga Hanamichi menganggap Rukawa adalah musuh bebuyutan.

Sakuragi selalu berusaha mencari perhatian Haruko sehingga kadang-kadang tingkahnya sangat konyol, dan juga sering menganggap dirinya jenius,belum lagi ulahnya pada anggota tim basket SMU lain. Meskipun demikian, Hanamichi dikagumi karena kemampuan belajarnya yang sangat cepat. Pada akhirnya, bakat melompat dan rebounds Hanamichi-lah yang menjadi kunci permainan tim Shohoku.

2. Kuroko No Basuke (Kuroko’s Basket)

Berikutnya ada anime Kuroko No Basuke yang sempat menjadi anime fenomenal beberapa tahun belakangan ini. Kuroko No Basuke sendiri memiliki alur cerita yang hampir sama dengan anime bergenre olahraga yang lain yang mengusung “From Zero To Hero”.

Dengan mengambil plot tema cerita berdasarkan Kiseki no Sedai atau Generation of Miracles dari SMP Teiko yang beranggotakan 5 pemain jenius yang tak terkalahkan. Namun disamping mereka terdapat satu pemain yang merupakan anggota bayangan dari Kiseki no Sedai tersebut.

Bercerita tentang Tetseuya Kuroko seorang pemuda berambut biru muda dengan kulit pucat dan wajah datar. Kuroko merupakan mantan anggota klub basket SMP Teiko dan merupakan anggota ke-enam kiseki no sedai (generation of miracle/generasi keajaiban). Saat ini merupakan anggota dari klub basket SMU Seirin yang bernomor punggung 11. Merupakan partner dari Kagami Taiga yang sama-sama masih kelas 10.

3. Dear Boys

Bercerita tentang sebuah tim basket di SMA Mizuho yang memiliki 4 orang anggota sedang mengalami masalah. Mereka terancam tak bisa bermain basket lagi, namun seorang murid pindahan bernama Aikawa memberi harapan kembali pada Tim Basket SMA Mizuho.

Murid pindahan tersebut membuat tim menjadi genap dan tidak kekurangan orang lagi. Tidak disangka Aikawa adalah pemain yang sangat handal dalam basket. Dengan ini, mimpi SMA Mizuho dapat menjadi kenyataan untuk menjadi yang terkuat.

Dear Boys adalah anime olahraga basket yang diangkat dari serial manga yang dikarang oleh Hiroki Yagami dan diterbitkan secara berkala oleh Kodansha pada majalah komik bulanan Monthly Shonen Gangan. Adapun di Indonesia, komiknya diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Pada tahun 2007, Dear Boys: Act 2 menerima Penghargaan Manga Kodansha sebagai manga shōnen terbaik.

4. Buzzer Beater

Buzzer Beater menceritakan seorang anak bernama Hideyoshi, ia merupakan seorang tunawisma yang tinggal di New York. Hideyoshi mengandalkan uang yang ia dapat dari taruhan bermain basket untuk bertahan hidup. Namun hidupnya seketika berubah sejak ia direkrut menjadi pemain basket professional.

Konsep yang diusung Buzzer Beater berbeda dari anime tentang basket kebanyakan, atau malah bisa dibilang cukup aneh. Jika biasanya basket hanya dimainkan oleh manusia dan hanya berlatar di bumi, dalam anime ini basket merupakan permainan alam semesta.

Dengan membawa konsep tersebut, Hideyoshi bersama teman-temannya berusaha membuktikan bahwa ras manusia adalah yang terbaik dalam bermain basket.

Anime Buzzer Beater diadaptasi dari sebuah manga karya Takehiko Inoue yang kita tahu beliau juga merupakan mangaka Slam Dunk. Mungkin anime ini tidak sepopuler Slam Dunk ataupun Kuroko no Basuke, tapi Buzzer Beater merupakan salah satu anime tentang basket yang patut ditonton. Bahkan ceritanya sudah diadaptasi menjadi sebuah Dorama Jepang.

5. Dash! Kappei

Dash Kappei adalah serial anime yang diangkat dari manga olahraga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Noboru Rokuda dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1980 di Weekly Shonen hari Minggu. Manga itu memiliki 158 bab.

Dash! Kappei merupakan anime jadul yang ditayangkan sekitar tahun 80an, menceritakan tentang Kappei Sakamoto, seorang murid SMA yang mempunyai kemampuan luar biasa dalam bermain basket.

Namun ada yang berbeda dari karakter ini, jika biasanya pemain basket memiliki postur tubuh tinggi, maka Sakamoto adalah kebalikannya. Ia mempunyai postur tubuh pendek, bahkan tingginya tidak mencapai 1 meter.

Selain itu Sakamoto juga mempunyai sebuah obsesi, yaitu ia sangat tertarik dengan celana dalam wanita berwarna putih.
Bahkan ia masuk tim basket karena pelatih tim basket putri, Natsu memakai celana dalam berwarna putih. Dengan obsesinya yang cukup aneh tersebut banyak kejadian lucu yang akan membuat kamu tertawa.

Nah, itu tadi anime yang terinspirasi dari olahraga basket. Di antara daftar di atas, apa ada anime yang belum kamu tonton?

Related posts