Keanehan Yang Cuma Ada Di Captain Tsubasa

a

Ayo lihat semua, kapten kita datang..
Seluruh penjuru kota, puji kehebatannya..

Hampir semua anak generasi 90-an pasti hafal dengan penggalan lirik di atas. Ya, sepenggal lirik dari anime bertema sepakbola yang paling fenomenal di dunia. Anime yang membuat kita sering berkhayal dan menirukan tendangan-tendangan super yang ada di anime tersebut. Anime yang dimaksud tidak lain adalah Captain Tsubasa.

Siapa sih yang tidak tau Captain Tsubasa? Anime yang bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Ozora Tsubasa yang memiliki cita-cita ingin menjadi pemain sepakbola nomor 1 di dunia. Dia dilatih oleh rekan ayahnya yang juga merupakan mantan pemain sepakbola Brazil, Roberto Hongo.

Nah, bagi kamu yang dulu hobi nonton Captain Tsubasa, kamu sadar gak ada banyak keanehan-keanehan yang ada dalam anime tersebut? Berikut telah saya rangkum beberapa keanehan yang cuma ada di anime Captain Tsubasa :

1. Ukuran Lapangan Yang Tidak Masuk Di Akal

s

Nah yang pertama, kamu sadar gak sih setiap adegan menggiring bola yang ada di anime ini, pasti larinya lama. Dan anehnya lagi, butuh waktu yang lama cuma untuk sampai ke depan gawang. Untuk lari sambil menggiring bola ke hadapan gawang lawan aja sampai-sampai butuh beberapa episode. Kira-kira berapa meter ya lapangan yang ada di anime Captain Tsubasa?

2. Bolanya Jadi Gepeng

d

Selanjutnya yang tidak kalah aneh, tiap kali mengoper ataupun menendang bola, kamu sadar gak ada perubahan yang sangat aneh dan sulit untuk dijelaskan. Bola yang tadinya berbentuk bundar, seketika jadi gepeng setelah ditendang. Pertanyaannya, bolanya terbuat dari apa ya sampai-sampai bentuknya bisa berubah gitu.

3. Tendangan-tendangan Yang Diluar Nalar

f

Keanehan selanjutnya yaitu berbagai macam tendangan yang ada di anime Captain Tsubasa, mulai dari Tendangan Macan Hyuga, Tendangan Rajawali Neeta, sampai Tendangan Api milik Snider. Kebayang gak gimana caranya nendang sambil ngeluarin berbagai macam hewan seperti itu? Benar-benar hal yang tidak bisa diterima akal sehat. Tapi entah kenapa, hal inilah yang paling banyak ditiru oleh generasi 90-an.

4. Lompat Tapi Seperti Terbang

h

Ingat saat Tsubasa melakukan tendangan salto? Atau saat Wakabayashi hendak menangkap atau menepis bola yang mengarah ke gawang? Pernah kepikiran gak gimana cara mereka bisa lompat sebegitu lamanya. Bahkan mereka melompat sambil ngobrol sama pemain lain, saling teriak. Dan yang paling epik adalah, saat Tsubasa sedang melakukan tendangan salto, dia bisa salto sambil terbayang masa lalu hingga puluhan episode. Kira-kira berapa lama dia melayang di udara ya.

5. Hampir Tidak Pernah Kalah

jj

Hampir seluruh pertandingan yang ada di anime Captain Tsubasa, pasti semua pertandingannya berakhir dengan kemenangan dari tim Tsubasa. Satu-satunya kekalahan yang pernah diterimanya adalah saat kalah melawan Hyuga di penyisihan pertama turnamen nasional. Dan walaupun sudah kalah dengan perbedaan skor 3 angka dan sisa waktu kurang dari 2 menit, entah bagaimana caranya mereka bisa menggunakan 2 menit tersebut untuk membalikkan keadaan. Seakan-akan mereka bisa mengendalikan waktu ya.

6. Jaring Gawang Yang Robek Karena Bola

hh

Kamu pernah gak nyobain nendang bola sekuat tenaga ke gawang. Kalo jaringnya tetap utuh, berarti kamu tidak bisa menjadi sehebat Captain Tsubasa. Kenapa? Karena Captain Tsubasa bisa merobek jaring yang ada pada gawang hanya dengan tendangannya. Dan itu terbukti saat dia membalas tendangan dari Hyuga yang melesat langsung ke Gawang yang dijaga oleh Wakashimatsu, terlihat jelas jaring yang ada di gawang tersebut robek karena dahsyatnya tendangan dari Tsubasa.

7. Tembok Yang Retak Karena Bola

jjj

Nah kalau yang ini juga gak kalah heboh ni, masih inget scene dimana Hyuga melakukan tiger shoot dan membuat tembok yang ada di stadion menjadi retak? Kebayang gak gimana kuatnya bola yang digunakan? Mungkin bolanya terbuat dari besi ya.

8. Bola Pecah Karena Terbentur Mistar Gawang

k

Kalau yang ini berbeda dari dua daftar di atas. Kalau yang tadi bolanya yang kuat, sekarang bolanya jadi lembek karena pecah saat terkena mistar gawang. Scene ini terjadi pada pertandingan final di kejuaraan nasional tingkat SMP dimana kesebelasan Nankatsu menghadapi kesebelasan Perguruan Toho. Saat itu, tendangan ‘macan’ khas Kojiro Hyuga menghantam mistar gawang. Lalu apa yang terjadi? Bola yang ditendang tersebut ternyata langsung pecah saudara-saudara. Edan!

9. Semua Pemain Di Dunia Menggunakan Bahasa Jepang

l

Hal ini juga tidak kalah aneh. Saat Tsubasa dan tim Jepang berhasil menuju piala dunia, dia dengan enjoy berbicara dengan pemain lawan menggunakan bahasa Jepang, dan tim lawan pun juga sangat fasih berbahasa Jepang. Mungkin sebelum bertanding, mereka les privat berbahasa Jepang dulu.

10. Sakit Jantung Namun Masih Tetap Bermain Sepakbola

,

Taukan ini siapa pemain yang dimaksud. Ya, dialah Jun Mitsugi “The Ace of Glass”. Walaupun mengalami sakit jantung yang sudah sangat parah, dia masih bisa bermain sepakbola sambil lari-lari. Dan yang lebih heroik lagi adalah si pemain tersebut sangatlah lihai dalam mengolah bola walaupun dia terkena penyakit jantung. Dia bahkan ditunjuk sebagai pelatih timnas Jepang.

Nah, itu tadi beberapa keanehan yang cuma terjadi di anime Captain Tsubasa. Walaupun aneh, tapi tidak bisa dipungkiri kalau Captain Tsubasa adalah anime yang keren untuk ditonton. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kamu ya.

Related posts