Mengenal Shichibukai Dalam Anime One Piece

banner-2-870x300

Anime merupakan salah satu sajian hiburan berbentuk animasi yang mana telah menjadi salah satu hiburan yang paling banyak digemari di dunia. Hal tersebut terbukti dengan semakin banyaknya judul anime yang bermunculan dan menyajikan kisah-kisah baru yang tentunya juga semakin menarik.

Sebagian besar dari kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah anime. Ya, animasi asal Jepang ini selalu saja berhasil memberikan sajian cerita yang menarik dan tentunya sangat cocok untuk kita mengikuti alur ceritanya. Tentunya juga terdapat berbagai macam genre dari anime yang mana pada masing-masingnya memiliki alur cerita yang berbeda.

Salah satu anime yang merupakan paling populer di dunia adalah One Piece. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan anime yang mengisahkan tentang seorang bocah karet yang mana sangat terobsesi untuk menjadi seorang raja bajak laut. Bahkan, anime ini sendiri telah dinobatkan sebagai anime dengan penjualan komik terlaris sepanjang masa.

Nah, berbicara tentang One Piece, tahukah kamu bahwa ada beberapa julukan pasukan penting yang digunakan oleh beberapa karakter yang ada di dalam ceritanya? Pada tiap-tiap julukan itu sendiri juga terdiri dari beberapa orang yang mengisi daftar julukan tersebut, salah satunya yaitu Shichibukai. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Sepintas Mengenai One Piece

1-10-300x188

Sebagian besar dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan judul anime yang satu ini. One Piece merupakan sebuah animanga yang dibuat oleh seorang Mangaka yang Bernama Eichiro Oda. Anime ini sendiri merupakan anime yang diangkat dari sebuah manga yang berjudul sama yang memulai debutnya pada tahun 1999 dan masih tetap berlanjut sampai sekarang.

Untuk generasi 90-an dan juga para pecinta anime, tentunya sudah tahu bagaimana serunya jalan cerita yang disajikan melalui anime yang satu ini. Mulai dari cerita yang lucu, keren, bahkan bagian kisah yang sedih pun tersaji dengan sangat apik dalam anime ini.

Menurut informasi yang ada di wikipedia, One Piece adalah sebuah anime dan manga yang menceritakan tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy dan pergi mencari harta karun peninggalan raja bajak laut Gol D. Roger, One Piece. Luffy menjadi manusia karet yang memiliki kekuatan memanjangkan tubuhnya setelah secara tak sengaja memakan buah Gomu Gomu, salah satu buah iblis. Selama perjalanan Luffy banyak bertemu dengan teman baru dan musuh yang beragam.

One Piece diciptakan oleh Eiichiro Oda. Komiknya dimulai pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut. Versi TV nya dimulai pada Oktober 1999. Di Indonesia manga ini diterbitkan Elex Media Komputindo dan hingga kini telah mencapai jilid ke 60 lebih. Versi TV-nya, yang diproduksi Toei, telah mencapai 802 episode di Jepang. Sampai saat ini, One Piece telah mengeluarkan 12 film, yang terakhir dirilis pada tanggal 15 Desember 2012. Di Indonesia, serial ini pernah ditayangkan di RCTI dan Global TV.

Pada bulan Februari 2005, One Piece mencetak rekor di Jepang sebagai manga tercepat yang mencapai angka penjualan 100.000.000 eksemplar. Hingga saat ini One Piece adalah salah satu manga paling laris sepanjang sejarah Jepang dengan penjualan lebih dari 260 juta kopi. Selain itu One Piece juga memecahkan rekor sebagai manga dengan cetakan pertama terbanyak. One Piece banyak mendapat pujian di antara para pembaca, terutama dalam hal gambar, karakter, humor, dan cerita.

Penjelasan Mengenai Shichibukai

2-300x139

Bagi penggemar One Piece, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah kelompok Shicibukai. Kelompok ini merupakan persatuan yang mana terdiri dari tujuh orang yang memiliki kekuatan luar biasa. Shicibukai juga merupakan bajak laut sama seperti Luffy sang pemeran utama.

Shichibukai adalah perkumpulan tujuh bajak laut yang sangat kuat dan menyatakan kesepakatannya bekerja di pihak Pemerintah Dunia demi keuntungan tertentu. Secara umum, Shichibukai adalah bajak laut yang dilegalkan pemerintah. Meski sama-sama bekerja untuk pemerintah, namun mereka bukanlah suatu kesatuan dan tidak saling membantu satu sama lain. Shichibukai secara harfiah dapat juga diartikan sebagai tujuh penguasa lautan yang berperan menjaga keseimbangan kekuatan dunia. Bersama Angkatan Laut dan para Yonko, ketiganya sering disebut “Tiga Kekuatan Besar”.

Shichibukai dibentuk dari tujuh orang bajak laut yang mempunyai reputasi tinggi, dan perekrutannya dipilih langsung oleh Gorosei. Meski melayani kepentingan pemerintah, para Shichibukai tidak peduli ataupun menunjukkan hormat kepada organisasi pemerintah lainnya semacam Angkatan Laut (kecuali Bartholomew Kuma yang telah dimodifikasi sepenuhnya menjadi suruhan pemerintah), bahkan kepada sesama mereka. Mereka dibenci oleh bajak laut lain dan sering dianggap sebagai anjing pemerintah. Meski begitu, mereka sangat ditakuti karena memiliki reputasi terkenal dan kekuatannya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Para Shichibukai kebanyakan berasal dari bajak laut yang telah malang melintang di Dunia Baru, dimana mayoritas dari mereka telah bertemu para Yonko atau bahkan bertarung dengan mereka. Beberapa dari mereka adalah bajak laut yang tidak dapat melangkah lebih jauh di Dunia Baru karena keberadaan para Yonko dan menjabat status Shichibukai dalam rangka menyusun ulang kekuatan mereka seperti yang dilakukan Crocodile, Gekko Moriah, Marshall D. Teach, Donquixote Doflamingo atau Trafalgar Law.

Seorang bajak laut dapat memiliki kesempatan untuk bergabung dengan Shichibukai jika ada posisi lowong (setidaknya ada satu Shichibukai yang mengundurkan diri atau dikeluarkan dari kelompok). Namun, agar seseorang bisa terpilih, ia harus dapat membuktikan kapabilitasnya dengan melawan bajak laut lainnya yang cukup memiliki reputasi.

Jika bajak laut tersebut dapat digunakan untuk mengintimidasi bajak laut lainnya atau dapat menjadi aset yang berguna bagi pemerintah, posisi ini dapat ditawarkan kepada mereka. Atau dalam kasus bajak laut yang menjadi terkenal dan menarik perhatian umum, Gorosei dapat mempertimbangkan untuk merekrutnya. Besarnya nilai bounty sepertinya tidak menjadi acuan dalam membuktikan reputasi seorang Shichibukai.

Ada perbedaan yang cukup signifikan tentang besarnya karunia tiap-tiap Shichibukai saat mereka direkrut. Misalnya Trafalgar Law yang memiliki bounty sebesar 440.000.000 Beery jika dibandingkan dengan Marshall D. Teach yang sama sekali tidak memiliki bounty saat direkrut.

Menjadi Shichibukai memiliki banyak keuntungan. Segala kejahatan yang mereka lakukan di masa lalu akan diampuni dan nilai bounty yang pernah diperoleh akan dibekukan. Mereka juga dapat melakukan bisnis legal untuk menghasilkan uang seperti berburu karunia dan penjualan budak. Pada dasarnya, para Shichibukai mendapatkan status quo yang lebih besar dalam mengelola wilayah-wilayah diluar jangkauan kekuasaan pemerintah dan memberikan persenan tertentu sebagai upeti.

Dalam beberapa kesempatan, pemerintah juga sepertinya tutup mata atas beberapa tindakan ilegal melanggar hukum yang dilakukan para Shichibukai. Mereka juga lebih leluasa membangun kekuatannya tanpa gangguan dari pihak Angkatan Laut. Selain itu, mereka mendapatkan keuntungan akses menggunakan peralatan khusus pemerintah seperti penggunaan “Kairoseki”.

Berkat status Shichibukainya, Boa Hancock mendapatkan kuasa untuk melarang siapapun mendekati pulau Amazon Lily dalam rentang 3 km sekalipun itu kapal Angkatan Laut. Jinbe dan krunya mendapatkan pengampunan atas kejahatan kapten mereka Fisher Tiger yang menyerang Tenryubito dan status mereka sebagai budak dibatalkan. Doflamingo membuka rumah penjualan budak di Shabaody dengan status mendapat perlindungan hukum yang sah dari Angkatan Laut.

Crocodile memanfaatkan keleluasaan yang diberikan pemerintah dengan mendirikan organisasi kriminal rahasia dalam rangka membangun ulang kekuatannya. Sama seperti Blackbeard yang mengaku menjadi Shichibukai agar mendapat kemudahan akses masuk ke Impel Down.

Secara umum, Shichibukai berfungsi menjaga keseimbangan Tiga Kekuatan Besar, termasuk berperan langsung menekan perkembangan kelompok bajak laut di lautan. Karena itulah, mereka diwajibkan memiliki reputasi yang mampu menciutkan nyali setiap perompak yang mendengarnya. Mereka juga diharuskan mampu menjaga reputasi, seperti tidak mudah untuk dikalahkan dan tidak diizinkan mengalami gangguan bersifat secara luas, yang dapat mempengaruhi citra mereka di dunia.

Para Shichibukai diharapkan mau melaksanakan tugas yang diberikan pemerintah, meski tidak dijamin dapat mengikuti perintah dengan baik. Mereka diharapkan dapat bekerja sama dengan pihak Angkatan Laut. Meski secara teori mereka adalah sekutu pemerintah, namun kenyataan menunjukkan jika para Shichibukai merasa enggan membantu Angkatan Laut. Bartholomew Kuma secara terang-terangan menyatakan jika ia tunduk pada pemerintah tapi tidak merasa berkewajiban mematuhi perintah Angkatan Laut.

Saat perang melawan Shirohige, pihak Angkatan Laut harus bersusah payah membujuk Boa Hancock agar dapat membantu. Mihawk juga menolak melawan Shanks dan krunya, dan lebih memilih untuk pulang walau perang belum selesai. Lain halnya dengan Doflamingo, ia bahkan berani mengancam pemerintah dan tak sungkan melepas gelar Shichibukainya jika ia merasa bosan. Trafalgar Law menolak kedatangan Smoker yang bermaksud menyelidiki Punk Hazard dan menyuruh mereka segera pergi, berkilah jika Punk Hazard adalah tempat bersantai miliknya.

Hubungan antar sesama Shichibukai digambarkan sangat tidak stabil. Mereka memiliki sedikit rasa hormat satu sama lain, dan lebih memilih untuk tidak menerima bantuan dari pihak lain. Selama jamuan makan saat persiapan menghadapi perang (tanpa Jinbe dan Hancock), dinyatakan bahwa tidak pernah terpikirkan jika seluruh Shichibukai akan bekerja sama sebagai satu tim.

Anggota Shicibukai

Setelah mengetahui penjelasan mengenai shichibukai beserta dengan cerita perjalanan sepak terjang shichibukai, kali ini kita akan membahas tentang siapa-siapa saja orang yang termasuk ke dalam golongan bajak laut yang berada di bawah kepemimpinan Angkatan Laut ini. Berikut ini adalah daftarnya :

  • Crocodile

3-9-300x220

Anggota pasukan Shichibukai yang pertama adalah Crocodile. Bisa dibilang kekuatan yang dimiliki oleh shichibukai yang satu ini terlihat mirip dengan Gaara yang ada pada anime Naruto. Persamaan di antara keduanya adalah kekuatannya yang sama-sama menggunakan pasir yang dikendalikan.

Sejak kemunculan pertamanya di Arabasta, Crocodile sudah menunjukkan bounty awalnya yang “hanya” 81 juta Belly adalah kesalahan. Dia adalah penjahat pertama yang mampu membuat Luffy kalah dengan sangat mudah. Bahkan setelah Luffy mengetahui kelemahannya pun ia masih hampir terbunuh lagi.

Saat dibebaskan, Crocodile memamerkan lagi kekuatannya. Namun secara tak terduga alih-alih melawan Luffy lagi, dia malah menolong Luffy dan menghadapi pihak Angkatan Laut. Dia juga sempat diperlihatkan bertarung seimbang dengan Doflamingo. Jadi jelas, walau merupakan anggota Shichibukai pertama yang dikalahkan Luffy, kekuatan Crocodile tergolong sangat besar.

  • Bartholomew Kuma

4-7-212x300

Nama Kuma bisa berada begitu tinggi di daftar Shichibukai terkuat ini karena satu faktor: setiap dia muncul, kelompok Topi Jerami tak berdaya menghadapinya. Yang dimaksud di sini tentu adalah Bartholomew Kuma sejati, bukan robot-robot tiruannya yang bisa dihancurkan dengan mudah pasca timeskip.

Saat ia pertama muncul di Thriller Bark, dia dapat mengatasi kru Topi Jerami yang kelelahan tanpa masalah. Lalu di Sabaody dia melenyapkan mereka semua tetap tanpa kesulitan berarti. (Meski terungkap kemudian dia justru melakukan itu untuk menolong mereka). Yang jadi pertanyaan sekarang adalah apakah Kuma yang ini masih tersisa? Terakhir terlihat, akal pikiran Kuma sepertinya sudah dilenyapkan sepenuhnya, hingga dia menjadi robot sama seperti tiruan-tiruannya.

Kenapa dia bersedia melakukan itu? Kenapa dia membantu Luffy? Apakah ikatannya dengan Dragon menjadi alasannya? Apakah Kuma berkorban justru untuk membantu para revolusioner? Masih ada banyak pertanyaan tentang anggota Shichibukai yang satu ini.

  • Boa Hancock

5-1-300x168

Wanita tercantik di dunia One Piece ini juga salah satu anggota Shichibukai terkuat. Diperkuat dengan Mero Mero no Mi dan Haoshoku Haki, sejauh ini Hancock belum pernah terlihat kewalahan dalam bertarung. Dia juga ajaibnya masih dihitung sebagai Shichibukai aktif hingga timeskip meski dalam Marineford War dia terang-terangan menyerang anggota Angkatan Laut seperti Smoker. Mungkin kecantikannya memang bisa membuat segala kesalahannya dimaafkan.

Boa Hancock juga disebut-sebut sebagai ratu bajak laut karena memiliki armada yang lumayan besar dan tentu saja karena kecantikannya yang dikatakan tidak tertandingi. Boa Hancock juga diketahui menaruh hati pada sang pemeran utama, yaitu Monkey D Luffy. Namun sayang, cintanya sampai sekarang belum diakui oleh Luffy sendiri.

  • Donquixote Doflamingo

6-5-300x169

Doflamingo adalah orang Tinggi 305 Cm dan punya kekuatan aneh yang bisa menggerakkan orang dengan jemari tangannya Dan Dapat Mematahkan Bagian Tubuh Musuh Tanpa Memakai Senjata.Sampai Saat Ini Buah Setannya Belum di ketahui. Sebagai Shichibukai, dia bicara blak-lakan dengan petinggi Angkatan Laut. Doflamingo punya bisnis dan mengatakan kalau akhir-akhir ini sedang tidak lancar, bisnis itu kemungkinan adalah bisnis penjualan budak.

Shichibukai ini muncul pada volume 25 pada cerita 233. Doflamingo muncul lagi pada akhir cerita Skypiea. Diketahui kalau Doflamingo adalah pemimpin dari Bellamy. Dan membunuh Bellamy karena telah memalukan lambangnya. Sama seperti Bellamy, Doflamingo adalah bajak laut “era baru” yang tidak percaya impian. Lambangnya adalah sebuah lingkaran tersenyum.

  • Geckou Moria

7-300x169

Geckou Moria adalah seorang anggota yang tinggal di Thriller Bark. Wujudnya adalah seorang raksasa. Ia adalah kapten dari kapal paling besar di dunia (Thriller Bark) (konon kapal Thriller Bark lebih besar daripada sebuah pulau), dan Moria dilayani oleh dr. Hogback, Absalom, Perona, dan tentara zombie. Dia mempunyai kekuatan buah iblis Kage Kage yang dapat menarik bayangan dan memasukkannya ke dalam mayat, sehingga mayat tersebut menjadi zombie yang sifatnya persis sama dengan pemilik bayangan tersebut.

Dialah yang mencuri bayangan Brook dan para zombie di sana dan kelihatannya punya hubungan dengan hantu di Thriller Bark. Menurut Robin, harganya lebih tinggi daripada Luffy, telah diketahui harganya 320.000.000 Berry. Ia berhasil mencuri bayangan Luffy, Zoro, Sanji dan Robin.

Bayangan yang dicuri oleh Geckou Moria bisa dibebaskan dari zombie dengan cara memasukkan garam ke dalam tubuh zombie tersebut. Ini karena garam mengandung kekuatan laut yang merupakan kelemahan buah setan dan mampu menetralisir kekuatan buah setan. Bayangan yang lepas dari zombie bisa dimasukkan ke dalam tubuh dan menjadi Power Up yang bertahan selama 10 menit.

Kapten bajak laut biasa bisa memasukkan sampai 5 bayangan ke dalam tubuhnya, yang memiliki mental kuat seperti Luffy bisa memasukkan hingga 100 bayangan, sedangkan Geckou Moria yang merupakan pengguna buah iblis Kage Kage bisa memasukkan sampai 1000 bayangan ke dalam tubuhnya. Memasukkan bayangan menyebabkan perubahan bentuk fisik berupa tubuh jadi membesar dan perubahan mental sehingga menjadi liar dan tak terkendali.

  • Buggy

8-4-300x284

Siapa sangka seorang Buggy akan menjadi shichibukai. Sejauh ini bajak laut Buggy dianggap tidak terlalu berbahaya oleh pemerintah. Hingga sebelum perang di Marineford, pemerintah mengetahui bahwa Buggy dulunya kru di kapal Roger dan teman dekat yonkou Akagami Shanks.

Awalnya Buggy agak ketakutan setelah statusnya diketahui. Dia sempat mengaku ke tahanan-tahanan Impel Down yang lepas kalau dia secara teknis hanyalah kacung di kapal roger. Ivankov pun bilang, kalau di setiap kapal pasti memiliki kambing hitam. Namun karena tahanan-tahanan tersebut terus menyanjung-nyanjung Buggy, Buggy pun memanfaatkan kesempatan ini untuk merekrut mereka menjadi anggotanya.

Hal ini sangat menguntungkan Buggy, karena rata-rata mereka adalah orang yang kuat. Sampai-sampai Shirohige pun memperhitungkan mereka. “Daripada mengkhawatirkan hidung merah, lebih baik mengkhawatirkan tahanan-tahanan yang dibawanya…” kata Shirohige. Karena sejarah Buggy yang tidak diduga-duga oleh pemerintah, akhirnya pemerintah memutuskan untuk mengangkat Buggy menjadi shichibukai.

  • Dracule Mihawk

9-300x167

Dracule Mihawk merupakan ahli pedang terhebat di dunia. Senjata utamanya adalah sebilah pedang hitam panjang besar yang bernama Black Sword. selain itu, dia juga memiliki sebilah pisau/belati seukuran bandul kalung berbentuk salib. Ia adalah Rival dari Shanks si rambut merah, salah seorang yonkou. Mereka sering berlatih tanding, namun tidak satupun pertarungan mereka pernah dilihat ataupun diketahui hasilnya. Mihawk adalah shichibukai pertama yang diperkenalkan. Mihawk juga selalu memperhatikan gerak-gerik Luffy dan crew.

Mihawk mempunyai kekuatan yang luar biasa yang terletak pada pedang besarnya. Ketika dia mengayunkan pedangnya, akan menghasilkan gelombang warna ungu gelap dan dapat menghancurkan kapal galeon raksasa. Senjata lain Mihawk yang diketahui adalah pisau kecil (sangat kecil), tapi Mihawk dapat menggunakannya dengan cepat dan detail, pisau itu bisa menangkis ketiga serangan pedang Zoro bahkan berhasil menusuk dada Zoro.

Dimungkinkan pedang besar Mihawk punya kekuatan buah iblis, tetapi ketika kedua pedang Zoro patah karena berbenturan dengan benda ini, pedang yang dimulut yaitu Wadou Ichimonji tidak hancur. Salah satu tanda kehebatannya yaitu dia menghancurkan 50 kapal armada Don Krieg seorang diri.

  • Marshal D Teach

10-5-300x169

Daftar yang terakhir adalah Marshal D Teach atau yang juga dikenal dengan Kurohige. Bajak laut yang satu ini hanya sementara saja menjadi shichibukai karena dia memiliki tujuan tersendiri kenapa ingin mengambil gelar tersebut, yaitu untuk merebut kekuatan yang dimiliki oleh Shirohige.

Marshall D. Teach alias Kurohige alias Blackbeard (janggut hitam) adalah anggota baru Shichibukai yang ditunjuk oleh Pemerintah Dunia dan Angkatan Laut sebagai pengganti Crocodile yang kehilangan gelarnya setelah dikalahkan Luffy dan ditangkap oleh Smoker, dan sekaligus juga kapten dari kelompok bajak laut Kurohige (Janggut hitam).

Teach sebelumnya adalah anggota bajak laut Shirohige (janggut putih) di bawah komando Portgas D. Ace yang kemudian berkhianat dan membunuh rekannya sendiri. Lafitte salah satu anak buah janggut hitam mencalonkannya pada rapat besar di Marie Joa. Diketahui ia menjadi salah seorang Shichibukai pada saat pembicaraan antara Bartholomew Kuma dan Gecko Moria.

Nah, itulah penjelasan mengenai shichibukai yang ada di dalam anime One Piece. Tentunya bagi para penggemar anime yang satu ini, pasti sudah tahu kalau gelar shichibukai sudah banyak mengalami pergantian. Ada banyak juga bajak laut yang ditawarkan untuk menjadi shichibukai, namun mereka menolak karena tidak ingin dikuasai oleh pemerintah dunia. Terima kasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *