Nostalgia, Mainan Generasi 90-an Yang Terinspirasi Dari Anime

q

Bagi kamu anak generasi 90-an, pastinya pernah merasakan kesenangan dimana kita selalu bermain bersama teman-teman kita. Baik itu memainkan permainan tradisional, ataupun saling memainkan mainan yang kita miliki. Sebagai contoh, kamu pasti pernah balapan menggunakan mobil mini 4 wd sambil menirukan gaya Go dan Retsu dari anime Let’s and Go kan?

Tak hanya mobil mini 4 wd, masih banyak lagi mainan lain yang sering dimainkan di era 90-an yang mana mainan tersebut terinspirasi dari serial anime yang keren. Berikut adalah beberapa mainan keren yang terinspirasi dari anime :

1. Yu-Gi-Oh! Trading Cards

ww

Yang pertama ada Yu-Gi-Oh! Trading Cards. Ayo ngaku siapa yang dulu sering bangun pagi di hari Minggu buat nonton anime ini? Anime Yu-Gi-Oh adalah serial yang terinspirasi dari serial manga Jepang tentang game pertarungan kartu yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kazuki Takahashi. Merupakan serial yang terbit di majalah Weekly Shonen Jump Shueisha antara tanggal 30 September 1996 dan 8 Maret 2004.

Anime ini menceritakan kisah tentang seorang anak laki-laki bernama Yugi Mutou, yang berhasil memecahkan Puzzle Milenium Mesir kuno. Yugi membangunkan ahli judi alter ego yang ada di dalam tubuhnya yang mampu memecahkan berbagai masalah ketika melakukan pertarungan kartu monster.

Karena populernya anime ini, sampai-sampai perusahaan mainan jepang memproduksi kartu duel monster yang mirip seperti yang ada di dalam anime Yu-Gi-Oh. Dan benar saja, banyak anak-anak yang ingin memiliki dan memainkan kartu ini untuk bertanding bersama teman-temannya sambil memperagakan karakter Yugi dan Kaiba. Kamu pasti pernah juga kan? hahaha

2. Beyblade

ee

Selanjutnya ada beyblade, mainan yang terinspirasi dari serial anime berjudul sama yang bercerita tentang seorang anak bernama Kinomiya Takao yang melakukan petualangan melawan pengguna beyblade terkuat yang berusaha untuk menguasai dunia. Cukup aneh memang, orang ingin menguasai dunia dengan mainan berbentuk gasing.

Tapi jangan salah, gasing yang ada di anime Beyblade bukanlah gasing sembarangan. Di dalam setiap beyblade tersebut terdapat monster di dalamnya, yang memberikan kekuatan hebat pada masing-masing beyblade. Seperti Naga, Phoenix, Macan, Bahkan Dinosaurus pun juga ada di dalam beyblade mereka.

Banyak anak-anak yang memiliki mainan ini pada jaman 90-an karena melihat kerennya beyblade yang ada di animenya. Uniknya dari mainan ini adalah adanya percikan api yang keluar ketika beyblade saling beradu, persis seperti yang ada di animenya. Benar-benar mainan yang simpel tapi keren kan?

3. Gundam

rr

Siapa sih yang tidak tahu Gundam? Robot raksasa keren yang dikendalikan oleh pilot untuk melakukan pertempuran demi kelangsungan hidup manusia. Itulah yang menjadi inspirasi mainan robot super keren ini. Tapi mainan ini lebih diutamakan untuk anak yang usianya lebih tua.

Mainan atau lebih pantas disebut sebagai Action Figure yang satu ini terinspirasi dari anime Gundam Wings dan Gundam Seed. Yang dimana dalam anime tersebut disajikan pertarungan antara robot-robot raksasa yang epik sehingga membuat kita tidak pernah bosan untuk menontonnya.

Nah, yang gak kalah keren dari Action Figure Gundam ini adalah, ketika kita membeli set mainan ini, kita tidak langsung mendapatkan action figure utuh yang bisa langsung kita pajang di kamar atau lemari kita, melainkan kita harus merakitnya sendiri, keren kan. Satu set Action Figure Gundam ini dijual dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan lho.

4. Battle B-Daman

tt

Pernah punya mainan ini? Mainan yang mirip seperti gundam namun dengan ukuran yang lebih kecil. Cara memainkannya pun cukup simpel, kita tinggal meletakkan kelereng di dalam perut robot ini, lalu menembakkannya ke arah lawan. Mainan ini juga terinspirasi dari anime dengan judul yang sama.

Nah, ada yang menarik dari mainan ini, jika kamu membelinya dengan tampilan yang biasa saja, kamu bisa memodifikasinya dengan tambahan item yang dijual terpisah di toko-toko mainan sehingga terlihat lebih menarik dan keren. Jangan bilang kalau kamu dulu gak punya mainan yang satu ini.

5. Zoid

u

Setiap siang, sepulang sekolah pasti langsung menuju ruang tv untuk menonton anime keren yang satu ini. Sama seperti Gundam, Anime Zoid juga bercerita tentang pertempuran antara robot-robot yang dikendalikan oleh pilot di dalamnya. Hanya saja yang membedakannya adalah, jika Gundam berbentuk robot humanoid, Zoid lebih mengarah ke robot yang berbentuk hewan.

Untuk mainannya sendiri, sama seperti gundam, lebih bisa dibilang action figure ketimbang mainan. Untuk yang mengoleksi action figurenya juga bukan dari kalangan anak-anak, melainkan orang dewasa yang gemar mengumpulkan action figure rakitan seperti halnya Gundam.

6. Crush Gear

yy

Jauh sebelum populernya mainan mobil remote kontrol, para generasi 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan mainan yang satu ini. Mainan berbentuk mobil yang memiliki senjata yang memiliki ketahanan dan kekuatan untuk mengalahkan lawannya.

Mainan ini juga populer berkat animenya. Dengan judul yang sama, anime ini dulu selalu tayang setiap hari Minggu pagi dengan mobil andalannya, Garuda Eagle yang memiliki senjata berupa pedang pada bagian depannya.

7. Bakugan

j

Mainan yang satu ini juga tidak kalah unik. Pernah kebayang gak gimana caranya membuat sebuah mainan berbentuk bola yang bisa berubah bentuk menjadi monster ketika dilemparkan ke arah kartu yang terdapat magnet di atasnya? Itulah bagian unik dari mainan yang satu ini.

Mainan ini terinspirasi dari serial anime dengan judul Bakugan Battle Brawlers. Untuk animenya sendiri bercerita tentang pertarungan dari mainan berbentuk bola bernama bakugan yang bisa berubah menjadi monster raksasa untuk bertarung satu sama lain.

8 Tamiya

m

Siapa nih yang pernah balapan tamiya sambil lari-lari niruin gayanya Go dan Retsu dari anime Let’s and Go? Hampir semua anak era 90-an pernah menirukannya karena terinspirasi dari anime Lets and Go yang tayang setiap hari Minggu pagi.

Tamiya bahkan masih populer sampai sekarang. Terbukti dari masih banyaknya diadakan turnamen-turnamen balapan tamiya yang diselenggarakan.

Tidak hanya anak-anak, bahkan orang dewasa pun banyak yang memainkan mainan ini bahkan tidak tanggung-tanggung untuk merogoh kocek yang cukup dalam hanya untuk memodifikasi mobil tamiya mereka agar menjadi lebih stabil dan kencang pastinya.

Gimana, jadi kebayang waktu masih jadi anak-anak kan? Apa kamu pernah memiliki semua mainan yang disebutkan diatas? Atau malah kamu gak pernah mainin salah satunya? Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu ya.

Related posts