Kwetiau, Mie Asal Negara Tiongkok Yang Menjadi Favorit Banyak Orang

z

Berbicara mengenai makanan atau kuliner, sepertinya juga memang tidak akan pernah ada habisnya. Karena selain karena merupakan salah satu kebutuhan, makanan semakin lama juga semakin berkembang berdasarkan cara pengolahannya dan tentunya juga semaki menarik untuk dicicipi dan disantap.

Nah, ada satu kuliner yang tentunya kamu pastinya tahu tentang yang satu ini. Ya, namanya adalah kwetiau. Siapa sih yang tidak tahu makanan yang satu ini. Makanan yang sampai sekarang masih sangat mudah untk kita temui disaat kita merasa lapar. Tentunya sampai saat ini juga masih banyak para pedagang kwetiau yang ada di pinggir jalan dengan olahan andalan yaitu kwetiau kuah dan goreng.

Ngomong-ngomong soal kwetiau, apakah kamu sudah tahu kalau kwetiau ini sebenarnya berasal dari China yang mana dikhususkan atau biasa dinikmati oleh para buruh atau pekerja. Daripada bingung, yuk simak ulasan mengenai kwetaiu berikut ini yang pastinya bisa menambah pengetahuan kamu mengenai kuliner yang satu ini.

Apa Itu Kwetiau

x

Beradasarkan informasi yang ada di wikipedia, Kwetiau (Hanzi: 粿條, hanyu pinyin: guotiao, juga disebut 沙河粉, shā hé fěn) adalah sejenis mi Tionghoa berwarna putih yang terbuat dari beras. Jika digoreng disebut kwetiau goreng. Jika dimasak kuah, disebut kwetiau kuah. Kwetiau merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia, terutama di Jakarta dan tempat-tempat lain yang banyak didiami warga keturunan Tionghoa.

Kwetiau pada umumnya identik dengan orang Tionghoa etnis Hokkian dan Tio Ciu. Di Indonesia, kwetia dibedakan atas kwetiau masakan etnis Hokkian dan kwetiau masakan etnis Tio Ciu. Kwetiau yang terkenal di kalangan Etnis Hokkian yang banyak berdiam di Sumatera adalah kwetiau medan yang memakai bakso ikan, lapchiong (sosis babi), dan telur bebek. Kwetiau yang terkenal di kalangan etnis Tio Ciu yang banyak berdiam di Kalimantan adalah kwetiau sapi yang memakai daging sapi beserta jeroannya seperti babat. Dalam perkembangannya muncul varian baru yang dikenal dengan sebutan kwetiau siram. Kwetiau Siram adalah jenis kwetiau yang berkuah, sering dimasak dengan daging babi ataupun sapi.

Di Bagansiapiapi, Riau kwetiau yang terkenal adalah Kwetiau Bagan yang dapat ditemukan di berbagai restoran milik warga Hokkian setempat.

Sejarah Perkembangan Kwetiau

c

Di negara asalnya, kwetiau dikenal dengan nama char kway teow. Makanan ini pada mulanya adalah makanan yang dijual oleh para nelayan dan petani yang merangkap bekerja sebagai penjual makanan di malam hari. Konsumen dari makanan ini pun semula hanyalah para buruh. Mereka memandang char kway teow sebagai makanan yang menyenangkan.

Peradaban dunia sudah seharusnya merasa berhutang pada masyarakat Tiongkok. Dari tangan-tangan terampil merekalah kini kita mengenal bakmi dengan segala macam variannya. Sejarah menulis, setidaknya rakyat Tiongkok telah mengonsumsi bakmi sejak zaman Dinasti Han (tahun 2006 Sebelum Masehi atau 2217 tahun lampau).

Tentu saja pada saat itu bentuk dan varian bakmi yang ada tidak seperti saat ini. Di masa itu bakmi masih merupakan adonan gandum sederhana yang bentuknya persegi atau lembaran yang ketebalannya tidak lebih dari kulit pangsit. Dari daratan Cina, bakmi kemudian mendunia: mula-mula ke Jepang, Korea, Taiwan, negara-negara Asia Tenggara. Dan pada saat Marco Polo untuk pertama kalinya membawa mie ke Eropa sepulang perjalanannya ke Cina, Eropa memulai mengembangkan mie dengan versinya sendiri.

Salah satu varian bakmi yang lumayan popular adalah kwetiau (guantiao, sha he fen). Mie pipih berwarna putih yang dibuat dari beras. Kwetiau biasa digoreng atau dimasak kuah. Di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia dan Singapura, kwetiau yang dimasak dengan cara digoreng inilah yang popular. Singapura dan Malaysia menyebutnya Char Kway Teow. Sementar di Indonesia makanan itu terkenal dengan sebutan kwetiau goreng.

Di Indonesia kwetiau goreng diperkenalkan oleh etnis Hokkian dan Tio Ciu. Dua etnis yang memiliki cara berbeda dalam mengolah kwetiau. Etnis Tio Ciu, yang banyak berdiam di Kalimantan, umumnya membuat kwetiau goreng dengan memberi daging sapi, jeroan, dan babat sapi sebagai pelengkapnya. Itulah sebabnya mengapa di Kalimantan terkenal makanan Kwetiau Sapi.

Mengingat kebanyakan masyarakat Indonesia beragama islam, kwetiau pun mengalami penyesuaian agar dapat disajikan untuk masyarakat muslim dengan segala kriteria khalalnya. Saat ini kebanyakan kwetiau yang kita kenal memiliki campuran berupa telur, daging ayam suir, sayuran, sosis sapi/ayam dan lain-lain.

Jenis – Jenis Kwetiau

Kwetiau ternyata memiliki beberapa jenis, dan untuk kamu yang belum tahu, selain kwetiau goreng dan kuah / basah, dalam perkembangannya ada varian baru kwetiaw yaitu kwetiaw siram, Yam/Jam kwetiaw dan Bun kwetiaw.

  • Kwetiau Goreng

m

Kwetiau goreng adalah kwetiau yang digoreng yang merupakan masakan Tionghoa Indonesia,[1] itu adalah hidangan mie yang digoreng yang beraroma dan pedas yang umum dijumpai di Indonesia. Hidangan ini dibuat dengan bahan utama kwetiau ditumis dalam minyak goreng dengan bawang putih, bawang atau bawang merah, daging sapi, daging ayam, udang goreng, kepiting atau irisan bakso, cabai, sawi putih, sawi, tomat, telur, dan sayuran lainnya yang ditambah dengan kecap manis. Resep yang sangat mirip dengan hidangan favorit Tionghoa Indonesia lainnya; mie goreng dengan pengecualian dimana mie kuning diganti dengan kwetiau atau mie beras putih yang datar.

  • Kwetiau Basah

5

Secara umum, kwetiau basah atau kwetiau kuah pengolahannya sama dengan yang digoreng. Hanya saja pada pengolahan kwetiau basah ditambahkan kuah dan itulah yang membedakannya dengan kwetiau goreng.

  • Kwetiau Siram

6

Jika kwetiaw goreng dan rebus tidaklah susah membedakannya. Untuk kwetiaw siram biasanya kwetiaw disajikan dalam piring kemudian siramannya dibuat dengan cara memasak terpisah, didalamnya akan dimasukkan berbagai macam daging dan olahan lalu diberikan sayuran, ditambahkan air yang lumayan banyak lalu ditambahkan tepung sagu atau maizena yang diencerkan terlebih dahulu kedalam kuah agar menjadi lebih kental. Saat akan disajikan maka kuah akan disiram diatas kwetiaw.

  • Yam/Jam Kwetiau

7

Kalau Yam/Jam kwetiaw seperti apa? Kwetiaw ini memang berminyak tapi tidak digoreng, biasanya kwetiaw akan dicelur bersama dengan tauge lalu akan diberi minyak bawang putih, cuka, kecap ikan dan beberapa bumbu penyedap lainnya. hal ini harus dilakukan cepat saat kwetiaw masih panas. Tidak lupa ditambahkan berbagai macam pelengkap seperti daging, jeroan dan olahan lainnya. setelah semuanya tercampur rata baru dihidangkan kedalam piring atau mangkok baru kemudian ditaburkan daun bawang. Memang ada perbedaan antara penyajian di Pontianak, Medan dan Bangka. Biasanya ada juga yang menambahkan kecap manis dan atau kecap asin.

  • Bun Kwetiau

56

Yang berikutnya adalah Bun, biasanya kita mendengar bun tahu, tapi ternyata kwetiaw juga bisa dimasak dengan cara ini. Untuk olahan kwetiau yang satu ini juga kadang masih banyak yang bingung. Memang, yang paling susah dibedakan itu hanya 3 macam: goreng, bun dan yam. Sebab sekilas terlihat mirip. Namun kalau diperhatikan baik-baik apalagi dicoba di lidah maka sangatlah berbeda.

Kwetiau bun lebih mirip kwetiau goreng dibandingkan kwetiau yam. Yang membedakannya dengan kwetiau goreng adalah bahwa kwetiau bun itu lebih basah (becek). Dengar kata “becek” jangan mikir aneh-aneh lho. Mengapa terlihat lebih basah? Tak lain karena kwetiau dimasak dengan kocokan telur dan diberikan sedikit kuah lalu dihidangkan. Sementara kwetiau goreng sama sekali tidak diberikan kuah. Kalau untuk telur ya semua juga pakai telur sebagai salah satu bahan memasak kwetiau.

Cara Membuat Kwetiau

o

Mungkin sebagian dari kita ada yang sudah tahu bagaimana proses atau bagaimana cara untuk membuat mi putih yang berbentuk pipih ini. Nah, untuk yang belum tahu, berikut ini adalah cara membuat kwetiau yang bisa kamu praktekkan sendiri dirumah :

Teknik membuat Kwetiau sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, yakni dengan cara direbus atau dengan cara dikukus. Adapun bahan dan komposisi bahan kering yang digunakan untuk membuat Kwetiau rebus atau Kwetiaw Kukus hampir sama, terdiri dari 100 gram tepung beras, 100 gram tepung terigu, 1 sendok makan tepung maizena dan 2 putih telur, yang berbeda hanya takaran air.

  • Cara Membuat Kwetiau Rebus (kwetiau kering)

Untuk membuat Kwetiau rebus maka jumlah air yang dituang ke dalam campuran tepung harus lebih sedikit dibandingkan total bahan kering, sehingga hasil adonan kalis. Sedangkan dalam membuat Kwetiaw Basah takaran airnya harus lebih banyak hingga menghasilkan adonan yang liquid atau kental.

Tahap awal membuat Kwetiau Kering dimulai dengan mencampur semua bahan kering lalu dilarutkan dengan air sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga kalis. Kemudian adonan digiling hingga tipis atau setebal 1 mm, sambil sesekali ditaburi tepung terigu supaya tidak lengket.

Setelah itu, adonan dipotong memanjang dengan lebar 1 cm. Kemudian direbus dalam air mendidih yang telah ditambahkan sedikit minyak dan garam agar helaian adonan tidak saling menempel satu sama lain. Proses merebus dilakukan hingga adonan kwetiau kering matang atau setengah matang, tergantung selera. Selanjutnya Kwetiaw diangkat dan tiriskan lalu diolah sesuai kreasi yang diinginkan.

  • Cara Membuat Kwetiau Kukus (kwetiau basah)

Sedangkan dalam proses membuat adonan kwetiau basah, takaran air yang dituangkan ke dalam campuran tepung harus sampai membentuk adonan yang kental merata atau liquid. Setelah itu, adonan dituang ke dalam loyang datar. Jangan terlalu banyak menuang adonan ke dalam loyang, cukup setinggi 1 mm saja, agar tidak terlalu tebal.

Permukaan dasar loyang juga sebaiknya dialasi plastik bening dan dilumuri minyak goreng supaya lebih mudah dikeluarkan setelah dikukus. Proses mengukus adonan cukup dilakukan selama kurang lebih 20 menit atau hingga adonan matang.

Kwetiaw Basah selanjutnya dikeluarkan dari dalam loyang dan dibiarkan hingga suhunya turun. Kemudian seluruh permukaan Kwetiaw Basah diolesi minyak goreng lalu digulung memanjang dan diiris selebar 1 cm. Kwetiau basah dapat langsung digunakan atau diolah sesuai selera. Karena menggunakan cairan yang lebih banyak dibanding Kwetiaw Kering, maka tekstur Kwetiaw Basah pun jadi lebih lembut dan lentur.

Jika tak ingin langsung diolah menjadi hidangan penggugah selera, kwetiau dapat dianginkan-anginkan dalam suhu ruang hingga suhunya turun, lalu dikemas dalam plastik atau wadah.

Bila disimpan dalam suhu ruang kwetiau bisa bertahan selama 2-3 hari, dalam lemari es 5-7 hari, dan dalam freezer dapat bertahan lebih dari 1 bulan, tapi tentunya kualitas, tekstur, dan kekenyalannya akan jauh berkurang.

Cara Mengolah Kwetiau

y

Nah, setelah sebelumnya sudah dijelaskan macam-macam varian dari kwetiau, tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk membuat varian tersebut. Di bawah ini sudah dirangkum cara-cara untuk membuat atau mengolah kwetiau berdasarkan variannya :

Kwetiau Goreng

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kwetiau goreng adalah sebagai berikut :

  • 200 gram kwetiau kering, rendam terlebih dahulu kemudian tiriskan
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • 4 butir bawang merah, cincang
  • 2 sendok makan akar ketumbar, cincang
  • 60 ml air
  • 100 gram dada ayam fillet, iris tipis
  • 50 gram udang ukuran sedang, kemudian bersihkan kulit dan kepalanya
  • 3 sendok makan tongcai
  • 1 sendok teh cabai bubuk kasar
  • 200 gram tauge
  • 50 gram kucai, iris
  • 1 sendok makan daun ketumbar cincang
  • Cabai merah secukupnya, yang sudah diiris

Cara membuat kwetiau goreng

  • Panaskan 3 sendok makan minyak goreng dalam wajan, kemudian kamu tumis bawang putih, bawang merah dan akar ketumbar hingga tercium wangi harum masakan.
  • Masukkan kwetiau dalam wajan, kemudian tambahkan air dan aduk.
  • Tuangkan campuran saus dalam lalau aduk semua bahan.
  • Sisihkan semua bahan ke tepi wajan.
  • Masukkan kembali 3 sendok makan minyak goreng ke tengah wajan.
  • Masukkan udang, ayam, cabai bubuk dan tongcai kemudian aduk hingga ayam dan udang berubah warna dan matang.
  • Aduk merata hingga kwetiau dan udang tercampur.
  • Sisihkan kembali ke tepi wajan.
  • Tuangkan 2 sendok makan minyak goreng ke tengah wajan, kemudian masukan telur kocok dan orak-arik.
  • Tambahkan tauge dan kucai, kemudian aduk sebentar hingga layu.
  • Setelah matang kemudian tata kwetiau goreng ke atas piring saji.
  • Taburkan kacang tumbuk dan daun ketumbar.
  • Hidangkan kwetiau selagi hangat.

Kwetiau Kuah

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kwetiau kuah adalah sebagai berikut :

  • Kwetiau basah sebanyak 350 gram yang direbus atau diseduh dengan air panas terlebih dahulu dan tiriskan
  • Daging sapi sebanyak 150 gram dan dipotong-potong panjang. Pilih daging khas dalam untuk citarasa yang lebih nikmat
  • Bakso sapi 5 buah atau sesuai selera dan dipotong-potong tipis
  • Telur dua butir yang dikocok secara lepas
  • Bawang putih 3 siung dicincang
  • Air sebanyak 750 cc
  • Minyak wijen setengah sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Kecap asin sebanyak satu sendok teh
  • Merica secukupnya
  • Tepung maizena sebanyak setengah sendok teh
  • Saus tiram dua sendok makan
  • Minyak goreng
  • Daun bawang satu batang dan diiris halus

Cara membuat kwetiau kuah

  • Kwetiau yang sudah direbus diletakkan didalam mangkuk terlebih dahulu.
  • Panaskan wajan dan masukkan bawang putih untuk ditumis sampai tercium bau harum.
  • Jika sudah berbau harum, masukkan daging sapi dan masak hingga berwarna agak kecoklatan menandakan daging sapi sudah matang.
  • Tambahkan bakso pada bumbu, aduk kembali.
  • Masukkan semua bumbu seperti garam, merica, saus tiram, minyak wijen dan kecap asin ke dalam bumbu tersebut.
  • Didihkan bumbu tersebut dengan air.
  • Jika bumbu sudah mendidih, masukkan maizena yang sebelumnya sudah dilaturkan dengan menggunakan air mendidih ke dalam kuah berbumbu tersebut/
  • Aduk kuah berbumbu agar terbentuk kuah yang kental.
  • Masukkan telur yang sudah dikocok ke dalam kuah. Aduk kuah begitu telur masuk ke dalamnya agar telur tersebar menjadi jaring-jaring di dalam kuah.
  • Tambahkan irisan daun bawang dan aduk hingga merata. Angkat kuah dan matikan api.
  • Tuangkan kuah ke dalam mangkuk yang sudah berisi dengan kwetiau yang tertata rapu dan sajikankwetiau rebus tersebut untuk keluarga kamu.

Yam/Jam Kwetiau

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Yam/Jam kwetiau adalah sebagai berikut :

  • 500 gr Kwetiaw (Basa)
  • 100 gr Udang
  • 100 gr Bakso Ikan
  • 5 buah Tahu
  • 200 gr Sawi
  • 100 gr Kecambah (toge)
  • Kecap Manis (bisa ditambahkan sesuai selera)
  • 1 siung Bawang Bombay
  • Bawang Merah secukupnya
  • Bawang Putih secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Cara Membuat Yam/Jam Kwetiau

  • Pisahkan kwetiaw yang menempel hingga terpisah.
  • Cuci bersih dan siang udang, dan belah bakso ikan menjadi dua bagian.
  • Cuci bersih sawi dan potong sesuai selera.
  • Cuci bersih toge.
  • Potong dadu tahu.
  • Cincang bawang bombay dan bawang merah.
  • Haluskan bawang putih bersama lada dan garam serta sedikit bawang merah.
  • Panaskan minyak, dan tumis bawang cincang, bersama bumbu halus hingga harum.
  • Masukkan udang, bakso, dan tahu, tumis hingga menguning.
  • Tambahkan sawi dan toge, tumis hingga sedikit layu.
  • Masukkan kembali kwetiaw dan tambahkan kecap aduk hingga rata.
  • Jika rasa belum pas tambahkan kembali garam sedikit demi sedikit (dapat juga menambahakan msg).
  • Angkat, dan sajikan.

Kwetiau Bun

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kwetiau bun adalah sebagai berikut :

  • 1 kantong kwetiau basah siap pakai
  • 1/4 kg daging sapi has dalam, potong dadu
  • 5 butir baso sapi, potong tipis-tipis
  • 4 siung bawang putih,haluskan
  • 3 batang daun bawang
  • 4 batagn caisim
  • 4 lembar sawi putih
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok teh kaldu sapi bubuk
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 butir telur
  • 600 ml air
  • larutan tepung maizena/tepung sagu
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kwetiau Bun

  • Rebus daging sapi has dalam +/- setengah jam, tiriskan.
  • Panaskan minyak goreng secukupnya, masukkan telur yang sudah dikocok. Orak-arik,tiriskan.
  • Tuang minyak goreng kembali, tumis bawang putih yang sudah dihaluskan sampai harum.
  • Masukan daging yang telah direbus dan potongan baso. Masak sampai baso setengah matang.
  • Masukan saus tiram,daun bawang,caisim,dan sawi putih. Masak sampai sayur setengah matang.
  • Tambahkan air,kaldu sapi,lada,dan gula. Aduk merata.
  • Masukan larutan tepung maizena, aduk sampai agak mengental.
  • Masukan kwetiau dan telur yang sudah diorak-arik ke dalamnya, aduk merata dan masak selama 5 menit.
  • Kwetiau Siram Sapi siap dihidangkan, bisa juga ditambah saus sambal bagi yang menyukai pedas.

Demikianlah penjelasan mengenai kwetiau ini. Tertarik untuk membuat olahannya sendiri dirumah?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *