Bibir Kamu Pecah-Pecah, Begini Cara Mengatasinya

qq

Apakah kamu pernah mengalami panas dalam? Jika pernah, kamu pasti tahu kan bagaimana rasanya dan bagaimana mengganggunya keadaan tersebut. Biasanya panas dalam yang paling umum dirasakan adalah tenggorokan yang terasa kering dan juga bibir kering dan pecah-pecah. Keadaan tersebut membuat kita seringkali tidak nyaman.

Panas dalam yang paling mudah dikenali karena terlihat jelas adalah bibir kering dan juga pecah-pecah. Biasanya pada masyarakat umum menganggap kalau bibir kering dan pecah-pecah itu karena terlalu banyak makan makanan yang mengandung minyak seperti gorengan dan juga karena kurang minum air putih.

Namun, tahukah kamu kalau selain panas dalam, ada juga hal lain yang bisa menyebabkan bibir pecah-pecah? Jika kamu belum tahu, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang penyakit bibir pecah-pecah serta bagaimana cara yang bisa kita lakukan untuk mengobati dan mencegah terjadinya penyakit ini pada kita. Untuk lebih lengkapnya, yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

Penjelasan Tentang Bibir Pecah-Pecah

ww

Bibir pecah-pecah pada umumnya selalu dikaitkan dengan panas dalam. Bibir yang terasa kering dan kelihatan seperti retak-retak yang membuat kita bahkan sampai kurang percaya diri untuk memperlihatkan wajah kita di muka umum. Dan biasanya, saat bibir kita terasa kering dan pecah-pecah, kita selalu membasahi bibir kita dengan lidah.

Pada masyarakat umum, biasanya untuk mengatasi hal ini, hanya dengan meminum air putih dan juga beberapa obat pereda panas dalam saja sudah cukup untuk mengobatinya.

Penyebab Bibir Pecah-Pecah

ee

Tentu dibalik sebuah tragedi bibir pecah-pecah ini, pasti ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini. Mari kita simak apa-apa saja penyebabnya :

1. Dehidrasi

Dehidrasi mengacaukan keseimbangan mineral alami dalam tubuh, menyebabkan kerusakan tidak hanya sistem organ dalam tubuh, namun juga berdampak negatif pada kulit kamu.

Dehidrasi menimbulkan gejala seperti pusing, sembelit, penurunan produksi urin, mulut dan bibir kering, dan sakit kepala. Pada kasus dehidrasi yang parah, dehidrasi bisa menyebabkan tekanan darah rendah, demam, napas ngos-ngosan, atau jantung berdebar.

Untuk menghindari dehidrasi, selalu ingat untuk minum 8-12 gelas air setiap hari. Jika kamu seorang atlet atau penderita diabetes, minum lebih banyak cairan.

2. Menjilat Bibir

Satu kebiasaan yang cenderung kita lakukan, terus menerus dan tanpa sadar, saat bibir terasa kering adalah menjilati bibir. Walaupun menjilat bibir bisa memberikan kelembapan sementara, namun air liur yang berpindah dari mulut ke bibir kita akan menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis dan melucuti kelembapan alaminya.

Air liur mengandung enzim yang berfunsi untuk membantu kita mencerna makanan, bukan sebagai penyedia kelembapan tambahan bagi bibir kita. Air liur akan dengan cepat mengupat setelah terkena kontak dengan udara luar, membuat bibir kembali kering dan mengelupas. Hal inilah yang menyebabkan menjilat bibir menjadi suatu kebiasaan yang menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah.

Solusinya, sebisa mungkin hentikan kebiasaan menjilat bibir saat kamu merasa bibir mulai mengering. Kamu bisa aplikasikan lipbalm dengan rasa yang aneh atau mengandung obat-obatan untuk membantu kamu mengurangi kebiasaan buruk ini. Alternatifnya, kamu bisa oleskan gel lidah buaya pada bibir kamu. Lidah buaya mengandung properti penyembuh yang akan memperbaiki struktur kulit bibir yang kering, rasa pahitnya akan menjauhkan kamu dari kebiasaan menjilati bibir.

3. Menggigit Bibir

Kebiasaan menggigit bibir bisa disebabkan oleh rasa gugup dan cemas, sedang memusatkan konsentrasi pada hal tertentu, atau justru hanya untuk melawan rasa bosan.

Sama halnya dengan menjilat bibir, kebiasaan menggigit bibir juga bisa mengancam kesehatan bibir kamu. Saat kamu menggigit bibir, gigi akan mengiritasi bibir serta membuat lapisannya terkoyak dan retak, bahkan hingga berdarah.

4. Minum Terlalu Banyak Alkohol

Malnutrisi akibat alkohol adalah salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Konsumsi alkohol berlebihan akan mengganggu jalannya proses penyerapan vitamin dalam tubuh, mengakibatkan kamu tidak bisa memenuhi asupan vitamin yang cukup.

Defisiensi vitamin B2 dan B6 bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Alkohol juga bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk menyiasatinya, minum satu-dua gelas air saat bangun pagi setelah kamu minum alkohol di malam harinya, dan selalu cukupi asupan cairan kamu sepanjang hari.

5. Makanan Asin Atau Pedas

Jika kamu termasuk orang yang mudah mengalami bibir kering dan pecah-pecah, sebaiknya mulai kurangi konsumsi makanan asin. Garam yang terkandung dalam makanan asin kesukaan kamu bisa mengiritasi lapisan kulit bibir dan menyebabkan peradangan. Begitu pula dengan makanan pedas.

Solusinya, perbanyak buah dan sayur yang bisa mengembalikan keseimbangan pH tubuh.

6. Faktor Cuaca Dan Lingkungan Sekitar

Bibir kering dan pecah-pecah juga dapat disebabkan oleh karena faktor cuaca dan lingkungan yang mengalami kekeringan seperti pada saat tibanya musim kemarau panjang. Hal ini dikarenakan, cuaca atau lingkungan yang kering dapat menyebabkan tubuh kita mudah mengalami dehidrasi.

7. Alergi

Seseorang yang memiliki tubuh sensitif atau alergi terhadap suatu makanan, obat-obatan kimia dan pemakaian kosmetik seperti lipstick dapat menyebabkan mengalami bibir kering dan pecah-pecah.

8. Bernafas Dengan Mulut

Hal ini biasanya sering dialami oleh seseorang yang sedang menderita sakit flu atau hidung tersumbat dan seseorang yang suka mendengkur pada saat sedang tidur, sehingga mereka sering mengeluarkan nafas melalui saluran mulut. Hal inilah yang dapat menuebabkan kulit bibir kering dan pecah-pecah, karena hawa panas dari mulut dapat melewati permukaan kulit bibir.

9. Demam

Seseorang yang sedang mengalami demam yang cukup tinggi dapat ditandai dengan gejala bibir kering dan pecah-pecah, ini dikarenakan suhu tubuh yang cukup tinggi dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

10. Disebabkan Penggunaan Lipstik Yang Tidak Cocok

Di sebabkan Penggunaan Lipstik Tidak CocokPenggunaan lipstick memang berpengaruh bagi penampilan seorang wanita, apalagi jika sedang berada dalam pesta nikah atau acara penting lainnya. Namun, jika lipstick yang kita gunakan tidak cocok. Ini akan menimbulkan efek samping pada bibir kita seperti bibir kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, kurangilah penggunaan lipstick dan gunakanlah lipstick yang cocok dengan bibir kamu.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa menyebabkan bibir kamu menjadi pecah-pecah. Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi atau mengobati bibir pecah-pecah ini?

Cara Untuk Mengobati Bibir Pecah-Pecah

rr

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati bibir pecah-pecah. Apa saja, berikut penjelasannya :

1. Madu Dan Vaseline

Bibir pecah-pecah dapat diatasi dengan menggunakan madu. Bahan yang satu ini sudah tidak diragukan lagi manfaat dan juga khasiatnya. Madu sudah tidak diragukan lagi baik dalam urusan kecantikan maupun kesehatan. Oleh karena itu, madu sangat efektif untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah.

Kita tahu bahwa madu memiliki sifat anti-bakteri yang menakjubkan dan merupakan salah satu agen penyembuhan terbaik. Vaseline atau petroleum jelly banyak digunakan untuk melembutkan, menyehatkan dan melindungi kulit dari kekeringan. Dengan menggabungkan kedua bahan ini, maka kita akan mendapatkan ramuan yang bisa mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Cara Membuatnya:

– Terapkan madu murni pada seluruh permukaan bibir.
– Kemudian lapisi bibir dengan Vaseline dan biarkan selama 10-15 menit. Bibir akan menyerap madu yang memiliki       efek melunakkan. Coating vaseline akan memberikan hidrasi tambahan dan mencegah pengeringan.
– Setelah 15 menit, usap madu dan vaseline menggunakan kain katun basah.
– Ulangi prosedur ini selama seminggu untuk hasil yang memuaskan.

2. Mentimun

Sayuran dingin ini menjadi makanan yang menyegarkan selama musim panas. Tidak hanya menyegarkan tenggorokan, mentimun juga berkhasiat dalam menobati bibir kering dan pecah-pecah. Mentimun juga memiliki sifat pencerah kulit sehingga mencerahkan bibir dengan mengurangi bercak-bercak hitam pada bibir.

Cara Membuatnya:

– Iris mentimun dan gosok dengan lembut pada bibir.
– Diamkan selama 15 menit dan cuci dengan air biasa. Hal ini akan membuat bibir lembut dan lentur terhindar dari         kekeringan.

3. Scrub Bibir

Menggosok bibir dengan scrub bertujuan untuk mengelupas sel-sel kulit yang mati. Setelah terkelupas, maka warna alami bibir terlihat dan diganti dengan sel-sel kulit baru yang sehat. Kita bisa menggunakan scrub gula untuk tujuan ini.

Cara Membuatnya:

– Sediakan 2 sendok teh gula pasir, aduk dengan beberapa tetes minyak zaitun.
– Kemudian tambahkan ½ sendok teh madu dan aduk rata.
– Biarkan campuran ini selama 5 menit, sehingga gula menjadi lebih lembut.
– Setelah itu, terapkan seluruhnya bibir dan gosoklah secara lembut. Cuci dengan air hangat.

4. Cream Lemon

Lemon dan gula bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi bibir gelap dan pecah-pecah. Lemon bertindak sebagai pemutih alami dan madu melindungi bibir membentuk efek berbahaya dari radikal bebas.

Cara Membuatnya:

– Campurkan 1 sendok teh jus lemon dan madu.
– Tambahkan ½ sendok teh minyak jarak dan aduk rata.
– Terapkan pada bibir sebelum tidur setiap hari. Ulangi prosedur ini selama 10 hari untuk hasil terbaik.

5. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya mengandung bahan-bahan alami yang memiliki manfaat dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cara menerapkannya juga mudah.

Caranya :

Oleskan gel lidah buaya pada bibir sebelum tidur secara teratur, seketika Anda akan merasakan efek dingin dan menyejukkan.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah pelembab alami dan pelumas alami terbaik. Asam lemak dalam minyak zaitun membantu menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah, serta membuat bibir menjadi lembut dan kenyal.

Caranya :

Cara menerapkannya mudah, cukup oleskan minyak zaitun secukupnya pada bibir dua kali sehari.

7. Kelopak Bunga Mawar

Kelopak bunga mawar bukan hanya bermanfaat untuk melembabkan bibir, tetapi juga dapat digunakan untuk mengembalikan warna asli dari bibir kamu.

Caranya :

Cara yang digunakan terbilang cukup mudah sekali, kamu tinggal merendam kelopak mawar ke dalam susu dalam kurun waktu beberapa jam. Kemudian haluskan kelopak mawar tersebut sampai jadi pasta. Oleskan pasta kelopak mawar itu ke bibir sobat tiap malam sebelum tidur.

8. Wortel

Pernah lihat wortel? Jenis sayuran warna orange ini selain enak dibuat sebagai sayur, juga enak dibuat minuman segar seperti jus. Wortel ini mengandung cukup banyak vitamin A yang mana kita tahu sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan mata. Namun selain untuk mata, wortel ini juga sangat bermanfaat untuk mengatasi bibir kering dan pecah pecah.

Diperkaya dengan vitamin A, wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Namun setelah dilakukan penelitian, ternyata kandungan tersebut juga bermanfaat untuk melembabkan bibir secara alami.

Caranya :

Cara mengatasi bibir pecah-pecah dengan wortel mudah sekali, kamu tinggal menghaluskan sayur ini kemudian mengoleskan secara merata keseluruh bibir. Agar meresap, diamkan selama 30 menitan lalu bilas air dingin.

9. Tomat

Tomat merupakan buah yang mengandung vitamin E dan C cukup tinggi. Kandungan vitamin-vitamin tersebut dapat meningkatkan kelembaban pada bibir secara alami. Selain mengonsumsi, kamu juga bisa menggunakannya secara langsung.

Caranya :

Cara mengatasi bibir kering dengan tomat sangatlah mudah. Belah 1 buah tomat segar menjadi 2 bagian. Masing-masing bagian tersebut oleskan secara merata keseluruh bagian bibir, baik atas ataupun bawah. Diamkan 15 menitan, lalu bilas dengan air dingin sampai bersih.

10. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat membantu melembabkan bibir secara alami, dan mengatasi bibir pecah-pecah yang disebabkan oleh cuaca yang tidak bersahabat. Memulihkannya menjadi lembut dan lembab kembali.

Caranya :

Cara memakainya pun mudah. Oleskan minyak kelapa murni ke bibir setiap hari. Kamu juga bisa melakukan cara yang sama menggunakan minyak jojoba dan minyak zaitun.

11. Petroleum Jelly

Petroleum jelly bisa ditemukan di salah satu produk kecantikan ternama yang diimpor ke Indonesia. Jeli ini sangat bagus untuk merawat bibir yang kering.

Caranya :

Oleskan petroleum jelly ke bibir, terutama tiap malam sebelum tidur, lalu bersihkan esoknya. Atau bisa juga kamu oleskan dulu madu tipis-tipis ke bibir, biarkan selama beberapa menit. Lalu oleskan petroleum jelly tipis-tipis. Biarkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan kapas basah. Lakukan setidaknya 2 kali sehari.

12. Kantong Teh Hijau

Ini merupakan cara kuno untuk perawatan kulit, yakni menggunakan kantong teh hijau.

Caranya :

Gunakan kantong teh hijau yang sudah digunakan untuk ditekan sedikit ke bibir selama kurang lebih 4 menit. lakukan setiap hari untuk melembabkan bibir.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati bibir pecah-pecah yang kamu alami. Lalu, adakah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bibir pecah-pecah? Tentu saja ada!

Cara Mencegah Bibir Pecah-Pecah

g

Berikut adalah beberapa hal yang berguna untuk mencegah terjadinya bibir pecah-pecah :

1. Penuhi Nutrisi Untuk Tubuh

Kekurangan nutrisi dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang bergizi dan mengandung banyak vitamin. Sayur dan buah merupakan pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian sobat.

2. Stop Menjilati Bibir

Berhentilah menjilat bibir sendiri. Lebih baik kamu menjilat permen atau es krim. Penjelasan logisnya, air liur bisa menguap secara cepat dan menimbulkan kesan bibir kering bahkan bisa semakin membuat parah bibir yang sudah pecah-pecah.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Bila tubuh kamu dehidrasi alias kekurangan cairan, maka otomatis bibir kamu akan lebih mudah kering dan pecah-pecah. Oleh sebab itu, usahakan untuk tetap menyempatkan diri minum air putih kapan saja dan di mana saja.

Setidaknya dalam satu hari, kamu harus minum minimal 1,5 liter atau sekitar 8 gelas air putih. Selain mencegah bibir kering dan pecah pecah, minum cukup air ini juga akan menjaga kesehatan tubuh kamu.

4. Stop Menggigit Bibir

Kebiasaan satu ini memang cukup aneh dan sebenarnya tidak membawa manfaat apa-apa. Bahkan, menggigit bibir sendiri hanya akan merusak lapisan yang melindungi bibir dan membuat kulit bibir lebih mudah terluka. Masih mau menggigit bibir sendiri?

5. Berhati-hati Dalam Memilih Lipstik

Yang satu ini dikhususkan bagi para wanita. Lipstik memang menjadi barang wajib bagi tiap wanita untuk menunjang penampilannya. Tapi kamu sebagai wanita wajib selektif dalam urusan lipstik. Salah pilih malah mengakibatkan bibir menghitam dan pecah-pecah. Kandungan alkohol dalam lipstik, seperti pada lipstik jenis matte atau lipstik yang tahan lama, biasanya cenderung untuk mengurangi kelembapan bibir kamu karena alkohol cepat menguap.

Namun, karena alkohol merupakan salah satu unsur penting dalam lipstik, beberapa produsen menggunakan alkohol dari tanaman yang berfungsi sebagai emolien atau senyawa yang dapat melembutkan bibir. Beberapa lipstik juga sudah mengandung bahan tambahan yang sama seperti bahan yang terkandung dalam lip balm yang berfungsi untuk melembapkan bibir. Sebaiknya pilih lipstik jenis ini untuk tetap menjaga kelembapan bibir kamu.

6. Kurangi Bernapas Lewat Mulut

Bernapas memang sewajarnya melalui hidung dan dengan bibir yang terkatup. Bernapas dengan mulut cuma membuat bibir kamu menjadi lebih mudah kering dan pecah-pecah.

7. Memakai Lip Balm

Lip balm membuat bibir kamu menjadi terjaga dan tetap lembap. Lip balm biasanya mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembaban bibir. Lip balm dapat melindungi bibir kamu dari sinar matahari, angin, dan udara dingin atau kering dengan mengunci kelembapan bibir dan menjaganya dari infeksi.

Kandungan emolien dalam lip balm juga berfungsi untuk melembutkan bibir. Vitamin atau senyawa lain juga sering ditambahkan untuk membantu meregenerasi jaringan dan juga untuk perlindungan. Beberapa lip balm juga ditambahkan SPF, setidaknya SPF 15, di dalamnya untuk melindungi bibir dari sinar matahari.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai pencegahan supaya bibir kamu tidak mengalami pecah-pecah. Dengan demikian, kamu bisa dengan percaya diri tampil di muka umum tanpa perlu mengkhawatirkan bibir kamu yang kering dan pecah-pecah lagi.

Demikianlah artikel mengenai bibir pecah-pecah ini, semoga menjadi manfaat dan juga bisa menambah wawasan serta pengetahuan kita semua. Terima kasih sudah membaca.

Related posts