Jari Kamu Cantengan, Begini Cara Mengatasinya

cantengan

Berbicara soal cantengan, pastinya kamu sudah mengetahui apa yang dimaksud dari istilah itu. Bagi kamu yang sudah pernah atau sekarang sedang mengalami cantengan, pastinya kamu tahu bagaimana sensasi rasa sakit berdenyut luar biasa yang dihasilkan dari cantengan ini. Rasa sakit yang membuat segala aktifitas kita jadi serba salah untuk dilakukan dan membuat kita menjadi tidak nyaman dengan keadaan tersebut.

Dalam istilah kedokteran, cantengan ini disebut dengan Paronychia. Dan pada sebagian masyarakat, ada juga yang menyebutnya dengan istilagh kemumulan. Keadaan cantengan ini penyebab umumnya yang banyak kita ketahui adalah karena memotong kuku kaki terlalu pendek, sehingga pada saat tumbuh kuku tersebut malah menusuk bagian ujung jari kaki yang menyebabkan pembengkakan yang dibarengi dengan rasa sakit dan berdenyut.

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan secara lengkap mengenai cantengan ini. Yuk sama-sama kita simak ulasan mengenai cantengan berikut ini.

Cantengan Itu Apa Sih

Cantengan adalah kondisi yang mana sudut ujung jari menjadi bengkak, sakit, dan berwarna kemerahan, akibat pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga melukai kulit. Kondisi ini sering dialami oleh jempol kaki.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan sisi kuku tumbuh ke dalam kulit, di antaranya akibat sering mengenakan kaos kaki atau sepatu yang sempit, memotong kuku terlalu pendek atau tidak rapi memotong sisi kuku, secara alami memang memiliki kuku yang melengkung ke dalam, dan karena cedera.

Dalam ilmu kedokteran, cantengan disebut dengan Paronychia, yaitu infeksi pada lipatan kuku yang disebabkan oleh kuman (bakteri) Streptokokus, ditandai dengan pembengkakan lipatan kuku1.

Paronychia adalah infeksi pada kulit di sekitar kuku jari tangan atau kuku jari kaki. Paronychia biasanya akut, tetapi kasus kronis bisa terjadi. Pada paronychia akut, bakteri (biasanya Staphylococcus aureus atau streptococci) masuk melalui robekan pada kulit diakibatkan dari trauma pada lapisan kuku (lapisan pada kulit keras yang tumpang tindih disisi kuku), hilangnya kutikula, atau iritasi kronis (seperti dari air dan detergent). Pada kaki, infeksi seringkali mulai pada jari kaki yang tumbuh ke dalam.

Apa Saja Penyebab Terjadinya Cantengan

Seperti biasa, pada setiap keadaan atau kondisi yang kita alami, pasti ada penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya cantengan, antara lain :

1. Bakteri

Penyebab utama dari penyakit cantengan adalah bakteri. Bakteri inilah yang menyebabkan kuku terkena cantengan sehingga bagian kuku yang terkena cantengan akan bengkak, berdarah, bernanah, kemerahan dan juga terasa sakit. Bakteri ini juga yang sering menjadi penyebab masalah kulit seperti jerawat, bisul dan penyakit kulit lainnya.

2. Jamur

Penyebab utama dari penyakit cantengan adalah jamur. Jika kuku kamu terkena jamur maka tampilan kuku itu tidak akan cantik dan tidak akan terlihat sehat. Tidak hanya kulit saja yang bisa dengan mudah menyerang kulit manusia namun jamur juga akan dengan mudah tumbuh di kuku manusia. Berbagai macam jenis-jenis penyakit kulit banyak yang disebabkan oleh jamur ini. Penyakit kulit seperti panu dan penyakit kurap juga disebabkan oleh jamur.

3. Luka

Penyebab lainnya dari cantengan adalah timbulnya luka di kuku. Mengapa luka bisa menyebabkan catengan? Hal itu dikarenakan luka akan memicu pertumbuhan bakteri di kuku manusia sehingga jika bakteri sudah berkembang di kuku berbagai macam masalah akan timbul. Salah satunya adalah cantengan dan kuku berabses atau bernanah.

4. Kuku Terlalu Pendek

Penyebab cantengan berikutnya yang jarang disadari oleh kita adalah pemotongan kuku terlalu pendek dan mepet dengan kulit kuku. Mengapa hal itu bisa menyebabkan cantengan? Alasannya sangat simpel sekali, pemotongan kuku terlalu pendek bisa memicu luka dan memicu pertumbuhan kuku justru melengkung ke dalam. Kuku yang melengkung ke dalam justru akan melukai jari sehingga cantengan akan muncul.

5. Cidera

Penyebab dari cantengan yang selanjutnya adalah cidera. Cidera bisa menjadi penyebab cantengan dikarenakan saat cidera luka dan infeksi kuku akan terjadi sehingga memicu pertumbuhan bakteri kuku. Bakteri kuku itu adalah penyebab primer dari penyakit cantengan.

6. Tidak Memotong Sisi Kuku

Membiarkan sisi kuku panjang akan membuat kuku mengalami cidera hal tersebutlah yang menjadi penyebab luka dan infeksi bisa muncul. Sisi kuku yang panjang rentan untuk terkena benturan atau cidera sehingga luka bisa muncul. Luka tersebut akan memicu pertumbuhan dan perkembangan bakteri di kuku manusia sehingga cantengan bisa muncul.

7. Kelainan Genetik

Cantengan ada juga yang disebabkan karena kelainan genetik. Kelainan genetik tersebut membuat bentuk kuku sudah dari sejak lahir melengkung ke dalam. Kuku dengan kondisi seperti inilah yang menyebabkan seseorang mengalami cantengan. Ketika kamu mengalami cantengan padahal kamu tidak pernah melakukan kesalahan dengan kuku kamu dan kamu telah melakukan berbagai macam cara menjaga kesehatan kuku bisa jadi kamu memiliki riwayat kelainan genetik dengan kuku kamu.

8. Memakai Kaos Kaki Kotor

Hal lainnya yang menjadi penyebab cantengan adalah selalu memakai kaos kaki yang kotor. Sebaiknya kamu rajin mengganti kaos kaki kamu dua hari sekali agar terhindar dari penyakit kuku dan infeksi kuku. Tidak hanya itu saja, rutin mengganti kaos kaki adalah cara menghilangkan bau kaki secara alami.

Banyak yang heran mengapa kaos kaki bisa menyebabkan cantengan dan bau kaki, tentu saja hal itu bisa terjadi. Alasannya adalah orang yang malas mengganti kaos kakinya dan memakai kaos kaki yang sudah kotor kakinya menjadi perkembangan bakteri dan kuman. Kuman dan bakteri merupakan penyebab utama dari penyakit cantengan yang harus dihilangkan.

9. Iritasi

Bahan kimia yang kamu gunakan dalam produk lem kuku atau produk detergent bisa menyebabkan iritasi pada orang yang memiliki alergi. Orang yang mengalami alergi akan mudah sekali terkena iritasi bagian kulit dan kukunya sehingga orang yang memiliki alergi harus pintar-pintar dalam memilih produk yang tidak menimbulkan alergi.

Ada cara tes alergi paling mudah yang bisa kamu lakukan. Jika kamu akan menggunakan cat kuku atau lem kuku oleskanlah cat kuku itu di kulit kamu. Jika kamu merasakan gatal-gatal selama satu jam setelah mengoleskan cat kuku tersebut berarti kulit kamu alergi begitupula saat kamu mengoleskannya di bagian kuku kamu.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi / Mengobatinya

Di dalam sebuah keadaan masalah, pasti ada solusi. Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cantengan, antara lain :

1. Perlindungan

Cara mengobati cantengan atau paronychia yang pertama adalah melakukan perlindungan terhadap luka tersebut. Ketika ingin menyentuh daerah yang sakit, kamu harus menggunakan sarung tangan yang dapat bekerja dengan air maupun bahan-bahan kimia. Selanjutnya kamu dapat menerapkan krim penghalang atau barrier creams untuk menjaga kelembapan daerah yang luka selagi melakukan penyembuhan kutikula.

2. Menggunakan Garam dan air hangat

Kamu dapat merendam jari ataupun kuku yang terkena cantengan menggunakan air panas yang dicampurkan dengan beberapa sendok garam. Lakukan cara ini selama 15 menit dan diulang selama dua hingga tiga kali setiap hari. Dengan cara ini, nantinya air garam hangat tersebut akan membuat rasa sakit mereda, sekaligus mengecilkan pembengkakan yang mungkin terjadi. Selain itu, air garam juga dipercaya dapat menghilangkan lecet serta nanah akibat cantengan.

3. Menggunakan Minyak zaitun dan minyak pohon teh

Minyak zaitun sudah diteliti sejak lama mengandung banyak sekali manfaat bagi manusia. Salah satunya adalah sifat anti-bakteri, dimana minyak esensial ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pada cantengan, sekaligus mencegah penyebarannya. Sedangkan minyak pohon teh berfungsi sebagai anti jamur, anti-septik sekaligus anti-bakteri yang secara efektif mampu mencegah serta menanggulangi infeksi akibat organisme mikro.

Penerapan minyak-minyak ini mudah saja, kamu hanya perlu mencampurkan minyak zaitun dengan minyak pohon teh pada jumlah yang sama. Setelah itu aduk hingga benar-benar tercampur. Lanjutkan dengan merendamkan kuku jari yang terkena cantengan pada wadah berisi ramuan tersebut. Lakukan cara ini sembari dipijat semampunya selama 15 menit.

4. Cuka sari apel

Cara mengatasi cantengan selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan cuka sari apel sebagai penghambat infeksi. Kamu hanya perlu mencampurkan air panas dengan cuka sari apel pada takaran yang sama. Setelah itu gunakan air tersebut untuk merendam kuku yang terkena infeksi selama 30 menit, hingga larutan cuka apel benar-benar terserap.

5. Lemon

Kuku cantengan juga bisa diobat dengan lemon. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengikat lemon yang telah diiris tipis pada bagiaan kuku yang cantengan dengan menggunakan perban dan diamkan. Lemon memikiki sifat asam yang mampu membantu dalam menyembuhkan infeksi yang terjadi.

6. Menggunakan Daun Pacar Kuku

Daun pacar kuku bisa digunakan untuk mengobati cantengan. Cara menggunakannya, kamu cukup mencampurkan daun pacar kuku secukupnya dengan gula merah dan 1 sendok teh perasan jeruk nipis. Kemudian haluskan dan dikompreskan atau ditempelkan pada bagian-bagian yang sakit. Balut dengan kain kasa dan biarkan selama 3 hingga 4 jam lalu diganti dengan yang baru.

7. Menggunakan Jahe

Salah satu tanaman herbal yang dijadikan bumbu ini sering sekali digunakan untuk obat-obatan herbal. Jadi tidak ada salahnya jika kamu mencoba menggunakan parutan jahe sebagai obat herbal cantengan kamu. Cara menggunakannya, kamu cukup mencampurkan parutan jahe dengan minyak kelapa secukupnya lalu dioleskan pada daerah yang luka dan diperban.

8. Hidrogen peroksida

Selain menggunakan beberapa bahan dapur, kamu juga dapat menggunakan zat hidrogen peroksida untuk menyembuhkan cantengan. Biasanya zat ini digunakan di rumah sakit sebagai anti-septik untuk membunuh bakteri penyebab luka dingin, gigitan serangga dan jerawat. Kamu hanya perlu menerapkan hidrogen peroksida kepada daerah yang terinfeksi, sehingga nantinya luka menjadi lebih steril dari berbagai kotoran, termasuk nanah.

9. Cabut Kuku

Apabila kuku kaki yang menancap terlalu dalam dan obat yang kamu konsumsi tidak membantu, maka mencabut kelebihan kuku yang tertancap ke dalam kulit bisa menyembuhkan dan mengurangi perluasan infeksi.

Tindakan bedah ringan ini harus dilakukan oleh tangan profesional (dokter) dan alat-alat yang steril. Pertama kali dokter akan memberikan anestesi atau bius lokal. Selanjutnya, dengan alat yang sudah disediakan, kuku kaki yang menancap akan dikeluarkan dan sisa kotoran atau infeksi akan dibersihkan. Terakhir, bagian yang terkena cantengan akan diberi obat pereda nyeri dan antiradang serta antibiotik untuk mengurangi peradangan dan infeksi yang terjadi.

Nah, itu tadi merupakan penjelasan mengenai cantengan, penyebab serta bagaimana cara untuk mengobatinya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua. Teima kasih sudah membaca.

Related posts