Khasiat Buah Kemang Untuk Kesehatan

th (7)

Satu lagi nih jenis buah dengan nama unik , yaitu buah kemang, kemang disini bukan nama daerah ya seperti, kemang jakarta, kemang nightlife, kemang jakarta shopping, kemang jakarta restaurants dan masih banyak lagi, tapi ini adalah nama buah yang menyerupai mangga.

Buah kemang adalah buah yang sangat mirip dengan buah mangga yang tumbuh liar di Asia Tenggara. Tanaman ini tumbuh dalam kelimpahan di Sumatra, Kalimantan dan Semenanjung Malaysia. Namun, buah ini tidak tumbuh banyak di hutan.

Buah kemang ini juga sekilas menyerupai buah kentang, Karena buah ini memiliki kulit yang berwarna coklat muda, persis seperti kentang pada umum nya. Namun buah kemang memiliki bentuk yang lebih besar menyerupai buah mangga. Aroma serta rasanya persis sekali seperti buah mangga, tetapi buah kemang lebih cenderung asam dan sedikit manis. Jenis buah yang segar jika dikonsumsi di siang hari.

Buah kemang terbilang tanaman buah yang langka, keberadaan pohon dan buah nya cukup sulit untuk di jumpai. Bahkan dipasar-pasar tradisional pun agak sulit mencari nya. Buah kemang ini memiliki bentuk pohon yang cukup tinggi, persis seperti buah mangga. Tinggi pohon nya bisa mencapai 35 meter lebih dengan daun yang runcing dan ribun.

Buah kemang dibudidayakan untuk diambil buah nya, buahnya biasa diolah menjadi makanan seperti rujak dan jus. Selain buahnya,  daun mudanya pun banyak dijadikan lalapan untuk dikonsumsi. Di balik semua itu buah kemang memiliki kandungan vitamin dan mineral sama halnya seperti sodaranya,yaitu buah mangga.

Berikut kandungan nutrisi pada buah kemang 

  • Energi sebesar 48 kilokalori,
  • Protein 1 gr
  • Karbohidrat 11,9 gr
  • Lemak 0,2 gr
  • Kalsium 10 miligram
  • Fosfor 24 miligram
  • Zat besi 0 miligram.

Selain itu didalam buah kemang juga terdapat vitamin A sejumlah 6 IU, vitamin B1 0,08 miligram serta vitamin C 58 miligram. Hasil itu didapatkan dari riset pada 100 gr buah kemang, dengan jumlah yang bisa dikonsumsi sejumlah 65 persen.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari buah Kemang (Mangifera kemanga) sebagai berikut :

Pembentukan tulang

Fosfor juga penting untuk pertumbuhan tulang dan perawatan gigi. Dimana fosfor dikaitkan dengan kalsium untuk tulang kuat dan sehat. Selain itu, fosfor juga dapat menahan keseimbangan normal pada air mata. Fosfor juga membantu untuk menjaga gusi dan enamel ( email) gigi sehat. Hal ini juga membantu dalam mengurangi masalah yang serius seperti pengeroposan tulang, yang juga dikenal sebagai osteoporosis. Buah ini menjadi rekomendasi santapan para manula untuk pencegahan pengeroposan

Menyehatkan Pencernaan

Fosfor selain untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi juga memainkan peran penting dalam memfasilitasi pencernaan yang efektif dalam tubuh. Dimana nantinya akan memicu riboflavin pada zat pencernaan dan niasin dalam cara baik.

Mengoptimalkan sistem ekskresi

Fosfor juag  dapat berfungsi untuk menjaga ginjal dalam kondisi normal. Dimana fosfor yang terakhir akan memastikan pelepasan limbah dari ginjal melalui proses pembuangan ( ekskresi ) .

Memperkuat Stamina

Fosfor memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah kesehatan ringan seperti kelemahan, mati rasa, kelelahan dan penyakit yang serupa. Tingkat kecukupan fosfor dalam tubuh bertanggung jawab untuk proses penyembuhan cepat.

Baik untuk sel – sel otak

Fosfor merupakan elemen yang sangat penting untuk sel-sel otak, ia bertanggung jawab untuk banyak fungsi yang penting. Konten fosfor akan membantu menjaga fungsi otak yang sehat. Fosfor secara teratur tercatat sebagai mineral yang paling diperlukan kedua di tubuh manusia, dan merupakan unsur yang paling penting.

Buah Kemang juga mengandung vitamin C  yang bermanfaat untuk:

Mencegah penuaan dini

Membuat kulit halus dan mengurangi keriput.

Sumber antioksidan

Dimana senyawa antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas dari polusi.

Memperkuat otot

Menjaga bentuk dan struktur dari berbagai jaringan dalam tubuh, seperti otot.

Mengoptimalkan kecantikan

Buah kemang sendiri ternyata dapat membentuk kolagen, hal ini karena buah kemang mengandung vitamin C.  Vitamin C dapat bertindak sebagai pembentukan senyawa yang  memanfaatan  kolagen yang merupakan konstituen protein penting dari jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan pendukung lainnya. Selain itu, buah ini efektif untuk mencegah penuaan dini seperti membuat kulit halus dan mengurangi keriput.

Tujuan saya membuat artikel ini  untuk memberikan informasi tentang “Khasiat Buah Kemang Untuk Kesehatan”. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan pengetahuan yang baik untuk pembaca.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *