Khasiat Dari Buah Jambu Biji Dan Daunnya Untuk Kesehatan

jambu-merah

Jambu biji merupakan tanaman Myrtle keluarga (Myrtaceae) genus Guava, yang berisi sekitar 100 jenis semak tropis dan pohon-pohon kecil. Mereka asli dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan Utara. Jambu biji sekarang dibudidayakan di seluruh daerah tropis dan subtropis, misalnya di Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara, Karibia termasuk daerah tropis, dan daerah subtropis  seperti, Amerika Utara, Hawaii, Selandia Baru, Australia dan Spanyol.

Jambu biji sangat kaya dengan vitamin C, yang  lebih tinggi dari buah jeruk dan jauh lebih tinggi daripada kiwi. Sehingga jambu biji diberi julukan sebagai rajanya vitamin C. Di samping itu jambu biji memiliki serat yang sangat banyak , terutama pektin yang merupakan serat larut. Jambu biji juga mengandung mineral seperti mangan dan magnesium, serta asam amino esensial seperti tryptophan. Fitokimia juga berkhasiat seperti asam elagat, asam linoleat, dan asam korbigen.

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, ternyata buah jambu biji juga bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa khasiat dari jambu biji untuk kesehatan:

Jambu biji dapat mencegah sakit maag dan mengobati tukak lambung ( Ulkus )

Tukak lambung ( ulkus ) adalah penyakit lambung yang terjadi apabila dinding lambung rusak akibat mukus yang menyelimutinya rusak. Enzim yang dihasilkan di dalam mukus yang memakan bagian-bagian kecil pada lapisan permukaan lambung. Luka lambung yang menyakitkan dapat ditemukan di lapisan perut atau usus kecil. Tukak lambung ( ulkus ) yang paling terlihat pada tanda penyakit ulkus peptikum. Mereka terjadi ketika lapisan tebal lendir yang melindungi perut anda dari cairan pencernaan berkurang, sehingga memungkinkan asam pencernaan untuk menggerogoti jaringan lapisan perut.

Tingginya kandungan kalium dalam jambu biji  dapat membantu dalam menetralisir asam lambung tinggi dan memperkuat rendah esophageal sphincter.

Meningkatkan sistem imun

Jambu biji mengandung vitamin C yang jauh lebih besar dibandingkan jeruk, hampir 4 kali lipatnya. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan kaya vitamin C dapat membantu tubuh mengembangkan daya tahan untuk melawan kuman penyebab penyakit.

Vitamin C juga diperlukan untuk sintesis kolagen yang sangat diperlukan dalam pembentukan sel-sel pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Selain vitamin C yang ada di dalamnya, vitamin A yang di dalamnya pun penting untuk menjaga kesehatan membran mukosa dan kulit yang sebagai salah satu sistem pertahanan tubuh.

Mengatasi Diabetes

Serat pektin yang terdapat di jambu biji mampu berperan menurunkan kadar glukosa darah, sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Menyembuhkan Infeksi

Berkat kandungan dari vitamin C yang tinggi, buah jambu biji ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila dikonsumsi saat menderita radang tenggorok atau flu, akan mempercepat penyembuhan akibat infeksi.

 

Khasiat dari daun biji merah

Daun jambu biji merah  juga  dapat membantu menaikkan kadar trombosit pada penderita demam berdarah dan dapat mengobati sariawan. Selain untuk mengobati sariawan daun jambu biji merah juga dapat digunakan dalam perawatan kecantikan. Daun biji merah juga dapat mengobati bintik hitam dan jerawat, anti penuaan, dan dapat mengobati ambeien.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *