Manfaat Daun Selada Dalam Kesehatan Tubuh

daun-selada-_160104080616-947
Selada adalah salah satu sayuran berdaun hijau yang kaya akan lutein dan beta-karoten. Selada memiliki nama latin yaitu, lactuca sativa dan termasuk ke dalam keluarga Asteraceae daisy. Selama ini, selada dimanfaatkan sebagai sayuran daun untuk salad dan sering disebut sebagai rajanya salad karena teksturnya yang sangat halus. 
Selada hampir selalu dimakan mentah, karena selada memiliki mikronutrien yang tidak ditemukan dalam makanan yang dimasak atau diproses. Makan makanan mentah juga menambahkan vital energi yang tidak tersaring  yang diakui oleh ilmu gizi.

Daun selada memiliki kandungan seperti :

  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin K
  • Magnesium
  • Kalori
  • Zat besi
  • Natrium
  • Kalium
  • Kalsium
  • Protein

Kandungan vitamin C pada selada bersifat sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, selain itu daun selada memiliki 20% kalori protein, seperti semua makanan memiliki banyak protein lengkap. 

Selada juga mengandung alkali yang membentuk mineral di selada, dapat membantu menghilangkan racun dan menjaga keseimbangan asam dan basa dalam urutan. 

Perusahaan-perusahaan makanan besar belum menemukan cara untuk mempaketkan selada dalam jangka panjang atau memasukkannya ke dalam kaleng atau kotak.

Selada tinggi akan serat dan selulosa. Serat ini juga membantu menghilangkan garam empedu dari tubuhInilah sebabnya mengapa selada juga baik bagi jantung anda.

Manfaat dari daun selada:

Selada mengandung asam lemak Omega-3

Daun selada ini memiliki rasio 2/1 omega-3 dengan omega-6. Kandungan lemak dalam selada tidak signifikan kecuali Anda makan banyak.

Selada membantu melawan insomnia 

Cairan putih yang anda lihat ketika memotong daun selada disebut lactucarium. Ini memiliki sifat yang merangsang saat santai dan tidur yang mirip dengan opium tetapi tanpa efek samping kuat.
Selada dapat mencegah kanker

Menurut American Cancer Institute dan American Cancer Society, makanan yang kaya vitamin A dan C dapat membantu mencegah kanker tertentu. Selada mengandung kedua vitamin tersebut.

Selada membantu merawat rambut rontok

Campuran jus selada dan jus bayam dikatakan baik bagi mereka yang terganggu oleh masalah rambut rontok.

Selada membuat jantung sehat

Vitamin C dan beta-karoten selada yang bekerja sama untuk mencegah oksidasi kolesterol. Hal ini mencegah membangun plak.

Selada memiliki indeks glikemik yaitu angka untuk memperkirakan efek makanan pada kadar gula darah. Selada dan sayuran lainnya yang non-starchy (rendah karbohidrat) memiliki nilai indeks glikemik sangat rendah, menurut American Kencing manis (diabetes) Association, sehingga anda tidak perlu khawatir kadar gula darah anda naik saat mengkonsumsinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *