Penjelasan Tentang Congek Serta Cara Mengatasinya

congek

Tentunya kamu sudah sering mendengar tentang istilah congek. Ya, Congek, mendengar kata atau istilah tersebut saja pastinya sudah membuat kita agak jijik. Penyakit yang mengganggu pada saluran telinga ini seringkali membuat kita yang merasakan atau yang berada disekitar penderitanya kadang merasa tidak nyaman dengan kondisi ini.

Mungkin kamu pernah mengalami penyakit congek ini atau malah sekarang kamu sedang mengalaminya? Tentunya kamu merasakan hal yang sangat risih karena keadaan tersebut kan. Dimana kondisi telinga menjadi tidak nyaman serta berair membuat kamu menjadi risih dan tidak nyaman.

Nah, pada artikel kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan dengan lengkap tentang penyakit yang mengganggu saluran telinga ini. Simak ulasannya dibawah ini.

Congek, Apa Pengertiannya

Congek dapat diartikan sebagai penyakit kuping berair, istilah congek dipakai oleh masyarakat Indonesia yang bahasa latis aslinya adalah otitis media atau yang dalam bahasa medisnya adalah radang telinga tengah. Secara umum penyakit congek adalah peradangan yang terjadi pada gendang telinga baik sebelah kiri atau kanan akibat terjadinya infeksi oleh suatu alat ataupun benda lainnya.

Biasanya penyakit congek diakibatkan oleh adanya infeksi yang disebabkan oleh cotton bud atau pembersih telinga lainnya. Sebenarnya jika telinga tidak dibersihkan sampai ke dalam juga tidak ada masalah, adanya cairan lengket yang diproduksi oleh kuping berfungsi sebagai filter kotoran agar tidak sampai masuk ke dalam telinga. Hal inilah yang menjadikan salah persepsi seseorang menganggap bahwa telinga harus sampai bersih ke dalam, padahal jika sampai mengenai gendang telinga maka akan dapat menyebabkan gendang telinga terjadi infeksi dan dapat menyebabkan penyakit congek.

Pada dasarnya kotoran yang ada di telinga (lilin telinga) akan keluar dengan sendirinya seiring dengan gerak rahang. Maka sebaiknya pembersihan telinga ini dilakukan dua bulan sekali, dan yang lebih penting lagi pembersihan jangan sampai masuk ke dalam, cukup di bibir telinga saja agar tidak sampai terjadi infeksi pada gendang telinga. Ada juga orang-orang membersihkan telinga menggunakan bulu ayam, bahkan dengan pembersih telinga yang terbuat dari tembaga. Hal inilah yang sangat mudah menyebabkan infeksi pada telinga.

Penyakit congek tidak bisa dipandang sebelah mata apalagi kita mengacuhkan penyakit ini, sebab jika penyakit ini di diamkan terlalu lama akan mengakibatkan pendengaran dan fungsi telinga semakin berkurang dan dalam jangka waktu panjang bisa mengakibatkan kerusakan organ penting pendengaran.

Ciri-Ciri Atau Gejala Congek, Seperti Apa

Penyakit congek ini juga memiliki ciri-ciri atau gejala yang bisa dirasakan oleh penderitanya, antara lain :

  • Biasanya akan timbul keluhan dengan gejala seperti telinga terasa penuh tanpa alasan atau penyebab yang pasti
  • Pada bagian dalam telinga akan terasa gatal, juga bisa ditandai dengan timbulnya rasa nyeri yang juga disertai dengan darah
  • kuping terasa nyeri dan ngilu jika terdengar suara yang keras
  • kuping terasa berdengung
  • Demam
  • Nafsu makan menurun
  • Telinga penderita penyakit congek akan mengeluarkan cairan yang menimbulkan bau yang menyengat

Bahaya Yang Bisa Timbul Dari Penyakit Congek

Keadaan telinga berair yang mengeluarkan air bahkan berbau seharusnya segera diperiksakan dokter ahli. Karena ternyata penyakit congek ini bisa menimbulkan keadaan yang cukup berbahaya, antara lain :

1. Tuli dan Gangguan Pendengaran

Bahaya telinga berair yang harus diwaspadai pertama kali adalah bisa menyebabkan tuli dan gangguan pendengaran. Bahaya ini bisa terjadi pada orang yang mengalami telinga berair disebabkan oleh infeksi dan juga masalah di bagian gendang telnga seperti robek dan pecahnya gendang telinga.

2. Dikucilkan dalam Pergaulan

Bahaya telinga berair lainnya yang perlu diawaspadai adalah telinga berair itu bisa menyebabkan penderitanya dkucilkan dalam pergaulan. Bau yang tidak sedap dari telinga berair tersebut membuat semua orang menjadi jaga jarak dengannya.

3. Menimbulkan Sakit Kepala

Bahaya telinga berair yang harus diwaspadai adalah telinga berair itu bisa menyebabkan sakit kepala. Kepala berhubungan langsung dengan syaraf panca indera manusia terutama bagian telinga dan juga bagian mata. Oleh sebab itu jika syaraf telinga bermasalah akibatnya syaraf itu berhubungan dengan otak. Otak akan meresponnya dengan rasa sakit di bagian kepala.

4. Sakit Tenggorokan

Bahaya lainnya yang bisa disebabkan oleh telinga berair adalah bisa menyebabkan penderita tersebut mengalami sakit tenggorokan. Hal itu bisa terjadi karena telinga, hidung dan tenggorokan memiliki satu jalur syaraf, sehingga jika telinga merasakan nyeri akibat telinga berair tersebut, tenggorokan pun akan terasa nyeri. Jika tenggorokan terasa sakit bisa menyebabkan nafsu makan menjaid menurun. Hal itu dikarenakan tenggorokan merupaa penghubung antara perut dengan mulut.

5.Meningitis atau Radang Otak

Bahaya telinga berair lainnya yang perlu diwaspadai adalah timbulnya meningitis atau radang selaput otak. Penyakit ini tidak boleh disepelekan sebab meningitis bisa merenggut nyawa seseorang. Radang otak itu bisa muncul jika struktur telinga itu menjadi rusak. Padahal telinga merupakan salah satu organ tubuh yang meekat di tengkorak manusia. Tanda awalnya abses itu berada di bagian telinga entah itu telinga luar maupun telinga tengah. Dengan proses yang lumayan rumit abses yang mengandung kuman daan bakteri itu akan menyebak ke berbagai bagian selaput pembungkus otak.

Apa Saja Yang Bisa Menyebabkan Congek

Penyakit congek ini memiliki beberapa penyebab yang diketahui secara umum, antara lain :

  • Virus Dan Bakteri

Yang paling umum, penyakit congek atau curek disebabkan oleh adanya infeksi virus atau bakteri.

  • Disebabkan Penyakit Lain

Congek juga disebabkan oleh penyakit lain seperti alergi atau flu yang bisa mengakibatkan bengkak pada saluran tenggorokan, eustachia dan saluran pernafasan.

  • Kemasukan Air

Hal yang lainnya yang bisa menyebabkan telinga berair adalah kemasukan air ketika melakukan berbagai macam aktivitas. Aktivitas tersebut merupakan aktivitas yang menyebabkan seseorang terkena telinga berair. Misalnya saja berendam dan berenang. Telinga yang kemasukan air ini akan membuat penderitanya tidak bisa mendengar sementara waktu. Oleh sebab itu penting untuk menggunakan tutup kepala saat berenang agar telinga tidak kemasukan air. Jika sudah terlanjur kemasukan air, ada baiknya segera dibersihkan tapi jangan terlalu dalam.

  • Infeksi Telinga

Kuman yang masuk ke dalam telinga bisa menyebabkan anda terkena infeksi telinga. Infeksi itu tidak hanya disebabkan oleh kuman atau bakteri saja namun bisa juga disebabkan oleh tindakan mengorek telinga terlalu dalam bahkan kemasukan serangga bisa menyebabkan seseorang mengalami infeksi telinga. Infeksi teliga ini terbagi menjadi dua yaitu infeksi telinga bagian luar dan infeksi telinga bagian tengah.

  • Peradangan Telinga

Penyebab lainnya yang bisa menyebabkan telinga berair adalah peradangan telinga. Peradangan telinga ini bisa disebabkan oleh infeksi yang terlalu lama tidak diobati sehingga menyebabkan pembengkakan di bagian gendang telinga. Anda harus berhati hati sekali dalam mengorek telinga, sebenanrnya mengorek telingga menggunakan kapas sangat tidak disarankan sebab bisa melukai gendang telinga.

  • Robeknya Gendang Telinga

Penyebab lainnya yang bisa menyebabkan telinga berair adalah gendang telinga yang mengalami kerobekan. Jika anda terlalu dalam mengorek telinga akibatnya adalah gendang telinga tidak sengaja akan robek. Selain bisa mempengaruhi kemampuan pendengaran, gendang telinga yang sobek akan membuat telinga menjadi berair tanda bahwa telinga mulai terkena infeksi. Cairan yang keluar dari gendang telinga itu biasanya berbau busuk bahkan bernanah. Bagi yang ingin membersihkan telinga sebaiknya membeli cairan pembersih telinga di apotek dimana cairan pembersih telinga itu bisa digunakan untuk membersihkan kotoran telinga sehingga kotoran telinga itu akan keluar dengan sendirinya bersamaan dengan cairan tersebut.

  • Pecahnya Gendang Telinga

Penyebab telinga berair yang paling parah adalah pecahnya gendang telinga. Pecahnya gendang telinga merupakan penyebab telinga berair yang paling parah. Pecahnya gendang telinga ini selain bisa menyebabkan telinga menjadi berair, orang yang mengalami pecah gendang telinga itu juga bisa menjadi tuli dan kemampuan mendengar berkurang. Gendang telinga merupakan organ vital telinga sehingga jika organ inti telinga rusak maka telinga itu sudah tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik lagi.

Bagaimana Cara Mengobati Congek

Tentunya ada cara yang bisa dilakukan untuk mengobati congek. Tidak perlu mengeluarkan dana yang besar, cara alami pun bisa kamu lakukan sendiri untuk mengobati congek ini. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan atau mengobati congek :

  • Menggunakan Daun Kemangi

Untuk kasus infeksi telinga atau congek, daun kemangi yang biasanya digunakan sebagai lalapan dan penghilang bau mulut bisa kamu coba untuk mengobati congek. Selain bisa mengurangi rasa nyerinya, daun kemangi bisa juga mengurangi risiko infeksi.

Kamu bisa mengambil ekstrak jus dari 5 lembar daun kemangi yang kamu siapkan dan jus daun kemangi tersebut bisa kamu aplikasikan langsung ke area telinga yang terkena infeksi. Hanya saja, dalam pengobatan kamu perlu menghindari supaya ekstrak jusnya tak sampai ke kanal telinga. Lakukan ini secara rutin, paling tidak sehari 2 kali untuk hasil yang optimal.

  • Memakai Botol Berisi Air Hangat

Masalah congek atau telinga yang terkena infeksi hingga bernanah, kamu bisa coba mengatasinya dengan botol yang berisikan air hangat. Sediakan bantalan hangat bila tak ada botol yang bisa diisi dengan air hangat. Salah satu dari pilihan tersebut bisa ditempelkan ke telinga yang terinfeksi.

Intinya, kompres hangat bagian telinga tersebut dengan waktu 5 menit lamanya di awal, kemudian ulangi proses pengobatan ini sesuai kebutuhan. Cara ini justru sangat ampuh karena bisa secara cepat mengurangi rasa nyerinya dan mencegah investasi dari mikroorganisme yang ada di dalam telinga secara efektif.

  • Memakai Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan yang bisa kamu gunakan untuk mengobati congek secara alami dan efektif. Di dalam minyak zaitun ada kandungan antibakteri yang akan membantu supaya pertumbuhan bakteri dapat dihentikan. Yang kamu perlu lakukan adalah cukup dengan menghangatkan lebih dulu minyak zaitun yang hendak dipakai.

Setelah itu, kamu bisa mengambil dan mengaplikasikan beberapa tetes minyak hangat ke telinga yang terinfeksi. Jika nanah sudah bisa dibersihkan dan diambil, gunakan bola kapas untuk hal tersebut. Namun jangan terlalu dalam ketika memasukkan bola kapas demi membersihkan bagian yang congek karena gendang telinga bisa saja rusak karena hal ini.

  • Memakai Minyak Mustard

Sama seperti halnya minyak zaitun, keduanya memiliki efektivitas dan fungsi yang sama dalam mengobati congek. Untuk menggunakannya, kamu bisa menghangatkan minyak zaitun dan kemudian teteskan langsung ke area telinga yang congek. Setelahnya, barulah kamu bisa membersihkan telinga dari congek dengan bola kapas, tapi jangan terlalu dalam memasukkannya supaya gendang telinga tidak rusak.

  • Menggunakan Madu dan Kurma

Di dalam kurma dapat dijumpai banyak kandungan nutrisi di mana gejala penyakit congek bisa dengan mudah diredakan. Kamu bisa menggunakan kombinasi kurma dan madu dengan cara mengonsumsi sebanyak 3 buah kurma setiap harinya sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Madu yang kamu butuhkan pun adalah madu yang murni dan berantibakteri kuat sehingga akan mampu melawan segala bentuk iritasi dan infeksi di dalam telinga. Minumlah madu ini secara rutin, atau campurkan saja dengan kurma supaya infeksi telinga bisa disembuhkan dari dalam. Gunakan madu organik untuk bisa mendapatkan khasiatnya yang maksimal.

  • Memakai Teh Bunga Mullein

Bunga mullein merupakan salah satu cara pengobatan congek yang juga aman dan terbilang efektif. Bahkan untuk menggunakannya pun termasuk sangat mudah sehingga kamu tak perlu menggunakan waktu lama. Seduh saja langsung bunga mullein yang sudah kamu dapatkan bersama air panas sebanyak 1 cangkir banyaknya, lalu tambahkan sesendok makan minyak zaitun.

Untuk telinga congek alias infeksi dengan tanda-tanda bernanah, ramuan yang sudah jadi ini bukan untuk diminum, melainkan hanya untuk diteteskan ke bagian dalam telinga yang terinfeksi. Ramuan yang sudah jadi perlu kamu biarkan dulu semalaman dan baru esok harinya kamu pakai dengan meneteskannya ke lubang telinga untuk mengobati congek.

  • Memanfaatkan Daun Pegagan

Tanaman satu ini adalah salah satu tanaman yang bisa juga mengobati congek secara alami tanpa efek samping. Untuk membuatnya pun juga mudah karena kamu hanya perlu mengambil beberapa lembar daun tanaman pegagan dan cuci bersih sebelum diramu. Kamu bisa ambil sarinya dengan memeras daun yang sudah dicuci tersebut.

Setelahnya, kamu bisa mencampurkan sari perasan daun pegagan dengan minyak kelapa yang sudah kamu panaskan lebih dulu. Lalu tunggulah dingin lebih dulu, gunakan cotton bud atau bola kapas untuk membersihkan telinga yang sudah dibasahi baby oil. Sari pegagan baru bisa diaplikasikan sebagai obat tetes supaya telinga bernanah bisa diatasi.

  • Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memang paling kerap dimanfaatkan sebagai obat penurun kadar tekanan darah tinggi, namun sebetulnya ada banyak manfaat lain yang bisa diperoleh dari bahan satu ini. Bahkan kamu bisa mengobati congek dan menghilangkan jamur yang kiranya menginfeksi telinga kamu.

Cukup campurkan saja cuka sari apel dengan air dengan secukupnya dan ambil bola kapas untuk dicelupkan ke dalam campuran. Bola kapas kemudian bisa kamu letakkan di bagian lubang telinga dan tinggalkanlah selama 5 menit lamanya. Barulah sesudah 5 menit kamu bisa melepaskannya dan berbaringlah untuk mengeringkan cairan yang berasal dari telinga.

  • Memanfaatkan Bawang Putih

Di dalam bawang putih ada kandungan antimikroba yang bisa menjadi pereda dari nyeri yang terjadi pada telinga kamu. Untuk cara pertama, kamu bisa coba mengunakan 2-3 siung bawang putih segar untuk direbus di dalam air selama 5 menit. Barulah setelahnya kamu hancurkan dan tambahkan garam secukupnya.

Hasilnya bisa kamu taruh pada sebuah kain bersih dan tempatkan di bagian telinga yang terinfeksi atau congek. Untuk alternatifnya, kamu bisa cukup mengonsumsi bawang putih mentah sebanyak 2-3 siung supaya mempercepat penyembuhan congek. Tak masalah dengan bahaya bawang putih mentah karena jika tak berlebihan mengonsumsinya maka kamu tak akan apa-apa.

  • Menggunakan Bawang Merah

Setelah bawang putih, bawang merah juga bisa kamu manfaatkan sebagai obat congek. Yang kamu perlu lakukan hanyalah memotong atau mengiris bawang merah 1 siung saja yang kecil lalu taruhlah di sebuah mangkuk. Panaskan bawang merah lebih dulu selama kurang lebih 2 menit dan kemudian dinginkan.

Ambil ekstrak jus bawang merah yang kemudian jusnya bisa diteteskan ke telinga yang terinfeksi. Tinggalkan beberapa waktu atau menit sebelum kamu mengeringkannya. Melakukan cara ini secara rutin selama beberapa hari berturut-turut jelas akan membantu kamu untuk menyembuhkan congek secara efektif dan bahkan tanpa efek samping berbahaya.

  • Menggunakan Jahe

Dalam mengatasi congek, kamu juga bisa menggunakan rempah jahe terlepas adanya efek samping jahe yang mungkin membuat kamu was-was. Kandungan anti-inflamasi di dalam jahe begitu tinggi berikut juga antibakterinya sehingga bisa kamu pakai untuk mengobati congek.

Untuk menggunakannya, ambil ekstrak jus jahe dan teteskan saja secukupnya ke bagian lubang telinga, sebanyak 2-3 tetes saja. Cara lainnya, kamu bisa mencampurkan jahe yang sudah diparut dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Biarkan campuran tersebut selama 10 menit dan gunakan alat tetes untuk meneteskan beberapa tetes ke telinga yang terkena infeksi.

Nah, jadi intinya penyakit congek ini bisa terjadi pada siapa saja dan tanpa mengenal usia. Kamu bisa mengobati serta mencegah terjadinya congek ini asalkan kamu bisa memahami apa apa saja penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta pengetahuan kita semua. Terima kasih sudah membaca.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *