Sering Mengalami Sakit Gigi, Begini Cara Mengatasinya

1

Sudah bukan menjadi hal baru lagi untuk merasakan yang namanya sakit gigi. Sebab bagi setiap orang yang mengalami perkembangan menuju fase dewasa pasti sudah pernah merasakan yang namanya sakit gigi. Hal ini memang sudah menjadi ‘kewajiban’ dan memang harus di tanggung oleh setiap orang untuk merasakan penderitaannya.

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami sakit gigi, rasa sakit yang teramat sangat berdenyut sehingga membuat kita mengerang kesakitan. Bahkan untuk berbicara pun rasanya sangat sakit sekali. Bahkan ada beberapa orang yang sering mengalami sakit gigi.

Sakit gigi sungguh sangat tidak enak dan menyiksa. Ketika sakit gigi, keluhan yang dirasakan tak hanya berupa nyeri dan perih pada gigi dan sekitar rongga mulut, namun dapat juga menimbulkan keluhan-keluhan lainnya, seperti pembengkakan, rasa sakit atau pusing di kepala, demam, gangguan tidur dan makan. Untuk sakit gigi yang cukup parah, keluhan nyeri yang dirasakan juga dapat menyebar ke pipi, telinga, dan rahang.

Banyak orang yang juga tidak tahu sebenarnya apa saja yang menyebabkan orang bisa mengalami sakit gigi, bagaimana penanganan yang tepat untuk sakit gigi, dan bagaimana cara untuk mencegah datangnya sakit gigi? Untuk mengetahuinya, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Penjelasan Umum Tentang Sakit Gigi

1

Sakit gigi adalah kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dan rahang. Tingkat keparahan nyeri tersebut bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga parah. Nyeri sakit gigi bisa terasa secara terus-menerus sepanjang hari atau bisa muncul dan hilang secara berulang-ulang tanpa menentu.

Sering kali nyeri sakit gigi terasa memburuk ketika penderita makan atau minum (terutama makanan atau minuman yang panas atau dingin) dan ketika penderita berbaring di malam hari.

Ketika terjadi sakit gigi, daerah rahang yang berdekatan dengan gigi yang terinfeksi akan ikut terasa nyeri dan teraba lunak. Kadang-kadang sumber nyeri sulit dibedakan. Contohnya adalah nyeri yang seperti berasal dari telinga pada kasus infeksi geraham bawah dan nyeri yang seperti berasal dari saluran sinus (rongga udara di belakang tulang pipi dan dahi) pada kasus infeksi geraham atas.

Apa Yang Menyebabkan Terjadinya Sakit Gigi?

Dalam banyak kasus, sakit gigi bisa terjadi karena ada masalah pada rongga gigi, gigi retak, atau penyakit gusi. Tingkat keparahan nyeri bisa bervariasi dari ringan hingga kronis. Seseorang yang mengalami sakit gigi bisa merasa nyeri secara terus-menerus sepanjang hari, atau hilang secara berulang-ulang tidak menentu, seperti saat makan atau minum, terutama jika makanan atau minuman itu panas atau dingin.

Baik pada anak-anak ataupun orang dewasa, masalah utama seseorang mengalami sakit gigi adalah terjadinya kerusakan pada gigi. Nyeri akan terjadi saat lapisan gigi paling dalam (dental pulp) mengalami radang. Pulp terdiri dari saraf dan pembuluh darah yang sensitif.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya sakit gigi, dan biasanya hal tersebut terjadi bahkan tanpa kita sadari. Apa saja yang bisa menyebabkan sakit gigi? Berikut adalah rangkumannya :

1. Jarang membersihkan gigi

2

Kebiasaan buruk orang-orang adalah malas untuk membersihkan giginya. Apalagi yang pulang kerja malam, karena terlalu letih akhirnya tertidur. Faktor ini menjadi pemicu seseorang mengalami sakit gigi. Bakteri yang menumpuk pada sisa makanan tidak dibersihkan. Sehingga menjadikan kerusakan gigi yang parah dan akhirnya menjadi rapuh. Untuk itu biasakan minimal menggosok gigi dua kali sehari.

2. Makanan manis

3

Memakan makanan manis juga mendorong kemungkinan seseorang untuk sakit gigi. Kondisi manis lebih memicu bakteri untuk datang dan tinggal menetap di sarang. Sehingga jika kamu tidak segera membersihkan, bakteri tersebut semakin banyak. Bahkan mampu merusak gigi kamu.

3. Gigi Berlubang

4

Penyebab sakit gigi paling umum adalah gigi berlubang, gigi yang memiliki lubang cenderung memiliki kuman dan bakteri yang dapat merusak dan menyebabkan sakit gigi. Penyebab gigi berlubang ini biasanya adalah kebiasaan konsumsi makanan manis. Bahaya minuman soda juga dapat menyebabkan gigi berlubang.

Jadi sebelum kamu memberikan hipotesis tentang rasa sakit gigi, hendaklah mengingat apa yang sudah dilakukan. Mungkin sakit ini karena semalam kamu yang setelah makan malam, lalu pulang tanpa membersihkan gigi. Nah, sebab tersebut juga mampu meningkatkan resiko bakteri tumbuh. Untuk itu yang paling penting bersihkan gigi kamu.

4. Susunan gigi yang tidak teratur

5

Susunan gigi yang tidak pas seperti miring mampu membuat gigi kamu merasa sakit juga. Hal ini disebabkan karena ketika kamu menggunakan gigi untuk mengunyah, terjadi tekanan yang tidak seimbang. Sehingga mudah terjadi radang pada gigi.

5. Gigi yang Erosi

6

Gigi surut (erosi / abrasi gigi) terjadi biasanya karena kamu menyikat gigi namun dengan cara yang salah. Sehingga membuat akar bawah gigi terbuka. Karena tak ada pelindung di bagian akar gigi bawah, hal ini menjadikan ia lebih sensitive. Apalagi jika berkontakan langsung dengan makanan panas, dingin, dan asam. Menurut penelitian bahwa asam pada makanan atau minuman mampu mengikis akar gigi. Sehingga memperburuk kondisi sensitifitas gigi.

6. Tumbuh Molar 3

7

Salah satu penyebab paling banyak orang merasakan sakit gigi adalah saat pertumbuhan gigi terakhir. Gigi molar 3 yang mau keluar memang membuat nyeri. Sebab tempat untuk ia keluar sudah tidak ada, namun ia dipaksa harus keluar. Sehingga ia terpaksa tumbuh dengan menekan gigi disampingnya. Hal inilah yang membuat nyeri pada gigi.

Karena pertumbuhanya juga lumayan lama, letak gigi geraham bungsu juga paling ujung. Sulit dijangkau untuk dibersihkan. Hal ini memicu bakteri untuk tumbuh berkembang biak yang meningkatkan adanya resiko pada gusi dan gigi.

Nah, setelah mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan sakit gigi, ada baiknya kalau kita juga membahas tentang perawatan apa yang tepat yang bisa meredakan nyeri saat mengalami sakit gigi. Cara perawatan ini bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Berikut caranya :

Perawatan Yang Dapat Dilakukan Untuk Meredakan Nyeri Ketika Sakit Gigi

1. Berkumur dengan air garam

1

Air garam bisa membunuh bakteri dan membuat sakit gigi kamu terasa lebih baik. Ini juga dapat meredakan sakit gigi sehingga tidak sampai terinfeksi. Campurkan 1 sdt (5 gr) garam dengan segelas air hangat dalam gelas ukuran sedang (240 ml). Berkumur lah seperti biasa, pastikan kamu tidak menelannya ya.

2. Gunakan obat penghilang nyeri.

2

Kadang-kadang, cara terbaik untuk mengatasi rasa sakit adalah meredakannya dengan obat penghilang rasa sakit. Sebagian besar obat yang bisa dibeli di apotek akan bekerja dengan baik untuk meredakan sakit gigi kamu. Dan jika sakit gigi kamu sangat parah sehingga obat tidak mampu mengatasinya, kamu harus segera menemui dokter gigi. Biasanya obat yang digunakan untuk meredakan nyeri sakit gigi adalah Aspirin.

3. Berkumur dengan air hangat.

3

Salah satu hal lain yang perlu kamu lakukan adalah memastikan bahwa mulut kamu bersih dan tidak ada potongan-potongan atau sisa makanan yang mengganggu bagian gigi yang sakit. Air yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa melukai mulut kamu, jadi pastikan menggunakan air suam-suam kuku atau air hangat.

Caranya adalah, bersihkan sela-sela gigi kamu dengan benang perlahan-lahan. Flossing atau membersihkan gigi dengan benang gigi akan menghilangkan makanan dan bakteri yang masih tertinggal di mulut kamu. Hindari flossing terlalu keras di sekitar daerah yang sakit karena bisa menyebabkannya lebih sakit dan berdarah. Setelah itu berkumur lah dengan air hangat, perlu diingat untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas.

Itulah cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri ketika kamu mengalami sakit gigi. Sekarang, kita akan membahas bagaimana cara yang tepat dilakukan untuk mencegah datangnya sakit gigi.

Pencegahan Sakit Gigi

fSebelum hal ini terjadi ke kamu, sebaiknyakamu mencegah semua itu. Dan berikut ini adalah cara pencegahannya:

1. Menggosok gigi

Kegiatan ini wajib dilakukan. Sikat dan bersihkan gigi kamu 2 sampai 3 kali per hari. Menyikat gigi setiap hari selain berfungsi untuk menyegarkan nafas kamu, juga dapat menjaga kesehatan gigi. Flossing gigi juga bisa kamu lakukan untuk mebersihkan kotoran yang tidak terjangkau dengan sikat gigi.

Jika kamu malas menggosok gigi, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari terbentuknya karang gigi, radang gusi, plak atau bahkan tanggalnya gigi itu sendiri. Jadi, mulai sekarang jangan pernah malas untuk menggosok gigi agar kamu terhindar dari sakit gigi.

2. Jangan Merokok

Merokok dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius termasuk penyakit jantung dan kanker paru-paru. Tidak hanya itu saja, tahukah kamu bahwa merokok juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi kamu? Jika kamu merokok, cobalah berhenti dari sekarang. Merokok dapat menyebabkan warna gigi menjadi kuning. Lama-kelamaan gigi juga akan mudah berlubang.

3. Kunjungi Dokter Gigi

Kadang-kadang menyikat gigi saja itu tidak cukup. Seiring berjalannya waktu, karang gigi akan terbentuk di gigi Anda dan itu perlu dibersihkan. Periksalah gigi kamu ke dokter gigi minimal enam bulan sekali untuk membersihkan serta merawat gigi kamu.

4. Minum Air Putih

Air membantu membersihkan partikel makanan yang tertinggal di dalam gigi. Jika kamu tidak sempat menyikat gigi, minimal kamu harus berkumur dengan air setelah makan. Minum teh hijau tanpa gula juga baik untuk gigi kamu karena dianggap bisa membantu mencegah kerusakan gigi.

Teh hijau juga mampu untuk membunuh bakteri pada gigi. Dan teh hijau lebih kecil kemungkinannya untuk menyebabkan noda pada gigi dibandingkan teh biasa.

5. Vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk menjaga gusi Anda sehat dan bebas penyakit. Vitamin C juga akan memperkuat pembuluh darah jaringan ikat yang menahan gigi di rahang. Selain itu, manfaat dari vitamin C bisa membantu mengurangi peradangan gusi. Anda dapat meminum suplemen vitamin C untuk meningkatkan kesehatan gigi atau makan makanan yang kaya vitamin C seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran.

Itu tadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya sakit gigi. Jadi, intinya adalah sakit gigi biasa terjadi karena akibat dari kelalaian kita sendiri yang tanpa kita sadari sering kita lakukan bahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, mulailah memperbaiki diri dan melakukan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit apapun mulai dari yang ringan hingga yang berat, salah satunya adalah sakit gigi ini.

Setelah membaca artikel ini, pastikan kamu melakukan perawatan yang tepat dan mulailah untuk menjaga kesehatan mulut kamu agar tidak mengalami yang namanya sakit gigi. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu ya. Terima kasih sudah membaca.

Related posts