Tumbuh Mata Ikan, Tenang, Begini Cara Mengatasinya

63

Apakah kamu pernah merasakan terkena penyakit mata ikan? suatu benjolan yang biasa ditemukan di telapak kaki ini akan terasa sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Karena selain terasa mengganjal, mata ikan ini sendiri juga terasa amat sangat menyakitkan bagi penderitanya.

Memang ukuran dari mata ikan ini biasanya kecil dan tidak terlalu besar. Namun, sensasi rasa sakit yang dihasilkan dari benjolan ini amat sangat luar biasa untuk dirasakan. Penyakit ini tidak memandang usia untuk penyebarannya. Siapa saja bisa terkena penyakit mata ikan ini.

Penyakit mata ikan atau clavus ini bahkan bisa juga timbul pada orang yang menderita diabetes yang disebabkan oleh kelainan saraf pembuluh darah. Pada penderita diabetes, resiko untuk terkena komplikasi akibat penyakit mata ikan ini bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengidap diabetes.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu penyakit mata ikan, penyebabnya, dan bagaimana cara menanganinya serta bagaimana pencegahannya. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Apa Sebenarnya Mata Ikan Itu?

a

Penyakit berupa benjolan yang terasa sakit ini biasa kita sebut sebagai mata ikan atau kutil. Namun dalam istilah kedokteran, penyakit ini disebut dengan Clavus. Clavus adalah gangguan kulit berupa adanya penebalan jaringan kulit yang disertai rasa nyeri pada kulit. Penebalan jaringan tanduk ini berbentuk segitiga terbalik, dengan dasar datar pada permukaan kulit dan menebal ke arah dalam. Pertumbuhan yang pesat akan menekan jaringan sekitar termasuk sel-sel saraf sehingga menyebabkan rasa nyeri tertekan.

Penyakit mata ikan ini pada umumnya tumbuh pada kulit permukaan kaki, jari-jari kaki, telapak kaki, dan jari-jari tangan. Gejala-gejala yang ditimbulkan yaitu ditandai dengan penebalan dan pengerasan kulit di area yang sudah dijelaskan tadi. Penebalan luas kulit pada mata ikan atau nama latinnya clavus ini mengakibatkan sakit yang kronis. Dan mata ikan ini juga memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu :

– Mata ikan keras.

36

Ini adalah jenis mata ikan yang paling sering ditemui. Berukuran seperti kacang dengan tonjolan keras dan kecil di bagian tengah. Mata ikan jenis ini bisa menimbulkan rasa nyeri dan pembengkakan.

– Mata ikan lunak.

0

Merupakan jenis mata ikan yang memiliki warna keputihan dan bertekstur lunak. Jenis ini biasanya muncul di antara jari kaki ketika kulit kaki basah karena keringat. Mata ikan lunak terasa sangat sakit dan kadang bisa terinfeksi oleh bakteri atau jamur.

Apa Yang Menyebabkan Tumbuhnya Mata Ikan

k

Setelah kita mengetahui apa itu penyakit mata ikan atau clavus, kita juga harus tahu apa-apa saja yang menyebabkan tumbuhnya mata ikan ini agar kita juga tahu bagaimana untuk menghindari penyakit yang satu ini.

Pada dasarnya, penyebab munculnya mata ikan adalah tekanan dan gesekan di area kulit yang sama berulang kali. Beberapa hal penyebab tekanan dan gesekan tersebut adalah:

1. Pemakaian sepatu yang tidak nyaman

Ukuran sepatu yang terlalu sempit serta sepatu berhak tinggi bisa menekan beberapa bagian kaki. Lalu, sepatu yang terlalu longgar juga dapat menyebabkan beberapa bagian kaki bergesekan berulang kali dengan bagian dalam sepatu.

2. Sering menggunakan peralatan atau instrumen musik dengan tangan

Penebalan pada kulit bisa muncul akibat gesekan kulit tangan dengan sebuah instrumen musik atau perkakas tangan yang kita gunakan sehari-hari. Seperti contohnya pada pemain gitar, kulit jari akan mengeras seiring berjalannya waktu karena sering bergesekan dengan senar gitar tersebut.

3. Berkendara dengan sepeda motor

Selain karena faktor dari penggunaan instrumen musik, mata ikan juga bisa tumbuh akibat terlalu sering berkendara dengan sepeda motor. Pengerasan kulit biasanya terjadi pada bagian telapak bawah jari kelingking tangan. Seiring berjalannya waktu, kulit pada bagian tersebut akan mengeras dan kemungkinan juga bisa menyebabkan mata ikan.

4. Perokok

Bagi orang yang merokok dan memakai pemantik api atau mancis bisa memiliki mata ikan pada bagian kulit jempol tangannya. Kondisi ini terjadi karena sering menyalakan pemantik saat merokok.

5. Sering menggunakan sepatu tanpa kaus kaki.

Tidak memakai kaus kaki atau memakai kaus kaki dengan ukuran yang tidak tepat bisa menyebabkan terjadinya gesekan antara kaki dengan alas kaki.

Penanganan Yang Tepat Untuk Penyakit Mata Ikan

treatment-300x200

Jika sudah terlanjur terkena penyakit mata ikan, pasti rasanya sangat risih dan menyakitkan. Untuk itu, lakukanlah langkah yang tepat untuk penanganannya agar bisa sembuh.

Kamu bisa mengobati sendiri mata ikan di rumah dengan berbagai obat-obatan yang tersedia di apotek. Obat-obatan ini bertujuan untuk meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Obat-obatan yang dijual di apotek untuk mengobati mata ikan (baik dalam bentuk cair, gel, pad, atau plester) biasanya mengandung asam salisilat. Asam salisilat ini berfungsi untuk melembutkan lapisan kulit mati sehingga lebih mudah dihilangkan. Produk ini ringan dan tidak menyebabkan rasa sakit.

Salah satu obat yang bisa kamu gunakan untuk mengobati mata ikan adalah plester mata ikan. Plester mata ikan ini merupakan cincin karet tebal yang memiliki permukaan perekat dan mengandung asam salisilat. Plester ini akan menarik mata ikan, sehingga mengurangi tekanan pada bagian yang sakit.

Pada beberapa kasus, plester mata ikan ini dapat menyebabkan pengerasan kulit yang lebih tipis di sekitar mata ikan. Sebaiknya selalu baca petunjuk pemakaian sebelum menggunakan obat-obatan untuk mengobati mata ikan agar mata ikan sembuh dengan optimal.

Tapi, selain dengan obat-obatan, kamu juga bisa mengobati penyakit mata ikan dengan cara-cara tradisional dan mengobatinya sendiri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati mata ikan :

1. Mengobati Mata Ikan Dengan Menggunakan Getah Pepaya

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan pengobatan alami menggunakan buah pepaya. Buah yang satu ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit mata ikan. Buah ini sangat mudah ditemukan di pasar buah dan juga pasar tradisional.

Selain buahnya dapat dimanfaatkan untuk membuat manisan yang lezat, pepaya juga memiliki getah yang berguna untuk menjadi obat alami mata ikan yang ampuh. Pertama-tama, bersihkanlah terlebih dahulu kaki Anda dengan menggunakan air hangat yang sudah dicampur garam. Rendamlah area kaki yang memiliki mata ikan di air hangat tersebut selama kurang lebih 15 menit.

Setelah itu, bersihkanlah dengan air biasa dan keringkan menggunakan handuk yang bersih. Setelah kering, oleskan getah pepaya di area yang terkena mata ikan tersebut. Lakukanlah pengobatan ini secara rutin hingga mata ikan membaik dan sembuh. Usahakan juga untuk tidak menggunakan area yang terkena mata ikan ketika beraktivitas agar proses penyembuhannya berjalan cepat.

2. Mengobati Mata Ikan Dengan Menggunakan Getah Kamboja

Cara menghilangkan mata ikan yang selanjutnya adalah menggunakan getah kamboja. Sejak jaman dahulu, getah dari pohon yang biasa tumbuh di area pemakaman ini memang terkenal sebagai obat berbagai penyakit kulit yang mujarab. Cara menghilangkan mata ikan degan getah kamboja sangat mudah.

pertama-tama bersihkan dulu area yang terkena mata ikan seperti cara di atas. Setelah itu, oleskanlah getah kamboja di area tersebut secara merata. Lakukanlah pengobatan ini secara rutin hingga mata ikan menghilang.

3. Mengobati Mata Ikan Dengan Menggunakan Daun Dewa

Seperti tergambar dari namanya, daun dewa memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal, salah satunya yaitu untuk menyembuhkan penyakit mata ikan. Sesuai dengan namanya juga, daun ini ibaratkan dewa yang bisa menyembuhkan penyakit secara herbal.

Caranya, ambilah 5 helai daun dewa kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, balurkanlah pada area kulit kamu yang terkena mata ikan secara merata. Balutlah dengan perban dan usahakan agar daerah tersebut tidak digunakan untuk beraktivitas terlebih dahulu.

4. Mengobati Mata Ikan Dengan Menggunakan Rokok

Cara mengobati mata ikan yang selanjutnya ini terbilang cukup ekstrim, yakni menggunakan rokok yang sedang menyala. Bagi kamu yang ingin sembuh dari mata ikan secara instan dan cepat, cara ini bisa dipakai, namun dengan ganjaran yang dibilang cukup ekstrim dan lumayan menantang nyali.

Caranya, dekatkanlah bara rokok yang menyala ke area mata ikan hingga kurang lebih setengah sentimeter. Tahanlah terus selama 5 menit.

5. Mengobati Mata Ikan Dengan Menggunakan Batu Apung

Cara selanjutnya yang juga cukup tradisional adalah dengan menggunakan batu apung. Pertama-tama, bersihkan terlebih dahulu area yang terkena mata ikan seperti cara di atas. Setelah itu, gosoklah dengan menggunakan batu apung untuk menipiskan penebalan kulit di daerah tersebut.

6. Mengobati Mata Ikan Dengan Menggunakan Bawang Putih

Selain identik sebagai pengusir vampir di film-film Mandarin, Bawang putih ternyata juga dapat digunakan sebagai obat mata ikan di telapak tangan dan kaki. Caranya, ambil satu siung bawang putih kemudian tumbuk hingga halus.

Setelah halus, oleskanlah ke seluruh permukaan kulit yang terkena penyakit mata ikan. Setelah itu, balutlah dengan menggunakan perban atau kain kasa. Dalam beberapa hari, mata ikan akan mulai membaik dan akhirnya sembuh secara total.

7. Mengobati Mata Ikan Dengan Menggunakan Bawang Merah

Tidak mau kalah dengan bawang putih, bawang merah pun juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan mata ikan. Caranya sangat mudah, tusuk dan bakar bawang merah. Setelah agak gosong, lepaskan dan geprek bawang merah. Selanjutnya, letakkan bagian kulit yang terkena mata ikan di atas bawang merah yang masih panas.

Meskipun rasanya sedikit panas, tetapi cara alami ini terbukti dapat mengeluarkan kotoran dalam mata ikan. Anda bisa melakukan cara ini setiap hari agar mata ikan cepat hilang.

Itu tadi merupakan cara penanganan atau pengobatan yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan mata ikan. Tapi, jika penyakit mata ikan kamu belum kunjung sembuh, ada baiknya kamu segera mengunjungi dokter terdekat untuk memberikan solusi yang tepat untuk menyembuhkan mata ikan yang kamu alami.

Cara Mencegah Mata Ikan

l

Setelah kita membahas cara mengobati mata ikan, sekarang mari kita bahas bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya mata ikan. Daripada pada akhirnya kita sibuk mencari cara untuk mengobati mata ikan, ada baiknya kita mencegah agar penyakit itu tidak datang menghampiri. Seperti kata pepatah, “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mencegah mata ikan :

1. Melindungi Bagian Kulit

Hal pertama yang dapat dilakukan sebagai langkah awal dalam menghindari penyakit mata ikan adalah dengan melindungi kulit tubuh kamu. Dengan siaga melindungi kulit, bukan hanya mata ikan yang bisa kamu cegah namun semua masalah kulit bisa kamu hindari.

Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam melindungi kulit untuk terhindar dari mata ikan adalah dengan mengenakan kaus kaki yang lembut guna membantu tubuh kamu agar terhindar dari gesekan secara langsung antaka kulit kaki dengan alas kaki.

Sementara itu, untuk melindungi tangan bisa dilakukan dengan mengenakan sarung tangan apabila kamu seringkali menggunakan peralatan tangan, seperti halnya menggunakan alat musik, menyetir mobil, menyetir motor dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Alas Kaki yang Bersih dan Nyaman

Mata ikan terutama yang tumbuh dibagian kulit yang sering mendapatkan gesekan akan semakin parah bila tidak segera diatasi. Untuk itulah, kulit dibagian kaki seringkali diserang dengan kondisi mata ikan. Karenanya, dianjurkan sekali untuk memperhatikan alas kaki yang digunakan pada saat sehari-hari, bekerja ataupun melakukan kegiatan tertentu.

Gunakan sepatu yang nyaman, baik dari segi bahan ataupun ukuran. Artinya jangan kenakan sepatu yang sempit atau sepatu yang longgar yang akan membuat gesekan semakin parh terjadi dibagian tersebut.

3. Menjaga Kebersihan Tangan dan Kaki

Virus dan kuman yang masuk kedalam tubuh umumnya akan lebih mudah apabila tubuh dalam keadaan kotor dan tidak terawat, termasuk dengan virus penyebab mata ikan muncul. Untuk itulah, penting sekali menjaga kebersihan bagian kaki dan tangan untuk menghindari mata ikan.

Tidak lupa untuk mengeringkan tangan dan kaki menggunakan handuk bersih dan lembut, sebab bagian kaki dan tangan yang lembab akan memudahkan mata ikan tumbuh dibagian tersebut.

Bila perlu, tidak ada salahnya kenakan scrub terutama untuk bagian kaki dengan diaplikasikan dengan melakukan pijitan denga air hangat yang telah dicampur bersama dengan garam. Hal ini dapat dilakukan agar kaki menjadi lebih rilkes. Lakukan perawatan ini dengan teratur minimal satu kali dalam seminggu.

Nah, itu tadi merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah datangnya penyakit mata ikan. Terapkanlah hal-hal tersebut agar kamu juga merasa nyaman saat beraktifitas apapun.

Setelah kamu membaca artikel ini, tentunya kamu menjadi tahu tentang penyakit clavus atau mata ikan ini. Serta kamu juga menjadi tahu bagaimana penanganan dan pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit mata ikan ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan terima kasih karena sudah membaca.

Related posts