Ada Yang Dari Indonesia, Inilah Hacker Yang Paling Ditakuti Di Dunia

1

Bicara soal Hacker, pasti yang terbesit di pikiran kita adalah orang yang menggunakan keahliannya untuk masuk ke sistem komputer orang lain dan mencuri informasi atau merusak sistem kerja yang ada pada komputer yang diretas. Namun, apa sih definisi dari hacker itu?

Hacker atau peretas adalah individu yang menggunakan komputer, jaringan atau keterampilan lainnya untuk mengatasi masalah teknis. Istilah “hacker” sering merujuk pada orang dengan keterampilan teknis, namun orang tersebut menggunakan kemampuannya untuk mendapatkan akses tidak sah ke sistem atau jaringan untuk melakukan tindak kejahatan.

Seorang hacker biasanya mencuri informasi untuk menyakiti orang-orang melalui pencurian identitas, kerusakan atau menjatuhkan sistem dan seringkali, menahan file-file penting dari korban-korbannya untuk mengumpulkan uang tebusan.

Nah, setelah mengetahui apa itu hacker, kamu juga harus tahu bahwa ada beberapa hacker yang paling ditakuti di dunia. Bahkan salah satunya ada yang berasal dari Indonesia :

1. ASTRA

2

Astra, merupakan suatu kata dari bahasa Sanskerta yang berarti senjata. Yang juga merupakan nama samaran dari seorang hacker yang melakukan aksi pencurian informasi dan juga penjualan senjata.

Seorang matematikawan Yunani berusia 58 tahun menyusup ke dalam sistem Dassault Group Prancis, lalu mencuri data teknologi senjata yang ada dalam sistem dan menjualnya ke berbagai negara selama lima tahun. Identitas asli dari ASTRA sendiri masih belum diketahui, para pejabat mengatakan bahwa ia telah mulai melakukan aksi cybercrime ini sejak tahun 2002.

Astra bahkan sudah menjual data hasil curiannya kepada sekitar 250 orang dari seluruh dunia, kelakuan ASTRA ini menyebabkan kerugian yang besar yang menghabiskan biaya sebesar $ 360 juta untuk Dassault Group.

2. Adrian Lamo

22

Hacker berwajah ganteng yang satu ini selain berprofesi sebagai hacker yang berbahaya, dia juga merupakan seorang jurnalis. Ia bisa menjadi hacker maupun cracker. Adrian mulai dikenal di dunia pada tahun 2002 setelah dia berhasil menjebol sistem komputer The New York Times, Yahoo!, bahkan Microsoft.

Adrian mulai beralih profesi ketika dia mengetahui potensi yang ada pada dirinya. Adrian pun dapat mengidentifikasi kekurangan dan keamanan jaringan komputer dari perusahaan-perusahaan ternama.

3. Jonathan James

3

 

Hacker berbahaya satu ini diketahui telah meninggal pada tahun 2008 lalu. Menurut berita yang beredar, diketahui bahwa penyebab kematiannya adalah karena bunuh diri. Meskipun begitu, pada saat masa hidupnya, Jonathan telah berhasil mencuri software NASA dan membuat NASA harus mematikan servernya selama tiga minggu karena mengalami kerugian mencapai 600 juta rupiah.

Jonathan James merupakan anak pertama yang dipenjara karena kejahatan cyber pada usia 16 tahun. Jonathan James atau lebih dikenal dengan sebutan C0rrade, melakukan hacked ke Defense Threat Reduction Agency pada departemen AS.

Selanjutnya, dia memasang sniffer yang memeriksa pesan yang disampaikan di antara karyawan DTRA. Bukan hanya itu saja, dia bahkan juga menyimpan cek pada pesan yang disampaikan. dalam prosesnya, dia mengumpulkan kata kunci dan nama pengguna dan rincian penting lainnya dari para karyawan, dan selanjutnya bahkan mencuri perangkat lunak penting yang ada di DTRA.

4. Jim Geovedi

33

Nah, ini dia hacker paling ditakuti di dunia yang berasal dari Indonesia. Jim Geovedi bukan hacker Indonesia ecek-ecek yang meretas toko online atau situs negara biasa, hacker Indonesia yang satu ini bahkan mampu untuk meretas satelit! Kebayang gak gimana caranya meretas sistem yang ada di satelit? Peretasan satelit ini dilakukan bukan atas dasar iseng semata, namun karena Ia pernah menjadi pembicara atas isu keamanan satelit (BBC News – 2006).

Jim mencoba mempelajari sistem dan proses kerja satelit hingga akhirnya Ia dapat melumpuhkan satelit tersebut. Bukan hanya meretas, Jim bahkan mengubah arah serta menggeser satelit yang Ia retas. WOW!! Kalau yang disewa pemerintah untuk membuat website revolusi mental itu orang setara Jim Geovedi, pasti website-nya nggak amburadul kayak sekarang ya.

5. Kevin Mitnick6

 

Pria bernama lengkap Kevin David Mitnick ini adalah salah satu hacker berbahaya paling terkenal sepanjang masa. Ia adalah orang yang bertanggung jawab atas peretasan yang dia lakukan ke berbagai sistem komputer dan server beberapa tahun yang lalu. Dia juga berhasil meretas dan mencuri password komputer, mengubah jaringan komputer, masuk ke jaringan komputer dan membaca e-mail pribadi dari komputer yang ia retas.

Kevin disebut-sebut sebagai “The Most Wanted Computer Criminal in United States History” dan kemudian kisah hidup Kevin Mitnick diadaptasi dalam film Takedown dan Freedom Downtime. Saat ini dia bekerja di industri keamanan, membantu website dan perusahaan dalam upaya memblokir peretasan.

6. Yunus Attsaouly

5

Hacker berbahaya yang satu ini lebih dikenal dengan nama Irhaby 007. Irhaby berarti teroris dan 007 adalah kode terkenal dari film yang bertema agen rahasia, James Bond. Irhaby 007 adalah salah satu hacker paling berbahaya yang malang melintang di jagat Cyber Jihad.

Irhaby 007 juga dikenal sebagai simpatisan Al Qaeda yang juga seorang ahli komputer dan dunia cyber. Ia mulai dicari pihak Amerika beserta sekutunya saat membuat situs youbomit dan menjadi admin Forum Al Anshar Al Islami yang sangat bergengsi karena melibatkan sekitar 4500 member yang kebanyakan adalah Mujahidin.

Itu tadi beberapa hacker yang paling ditakuti di dunia. Sebenarnya masih banyak lagi hacker-hacker yang memiliki keahlian meretas yang ditakuti. Untuk kamu, jika memiliki keahlian meretas seperti hacker di atas, sebaiknya gunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat ya.

Related posts