Bukan Kisah Romantis, Ini Cerita Asli Dibalik Dongeng Disney’s Princess

z

Siapa sih yang tidak suka dengan kisah-kisah Princess dari studio animasi terbesar di dunia yang tak lain adalah Disney. Mereka mampu menyajikan berbagai animasi dengan cerita dan grafis yang begitu apik hingga kita terbawa ke dalam suasana yang ada di dalam film.

Cerita-cerita yang paling sering disajikan oleh Disney adalah kisah tentang para Princess dari negeri dongeng. Disney mampu menyajikan kisah romantika yang penuh dengan konflik di dalam ceritanya dan berakhir menjadi Happy Ending.

Tapi, tahukah kamu kalau dibalik kisah-kisah romantis itu sebenarnya tidak sesuai dengan cerita aslinya? Kisah sebenarnya merupakan cerita-cerita yang sangat berbanding terbalik dengan kisah yang disajikan oleh Disney.

Berikut beberapa kisah asli yang ada dibalik cerita-cerita Disney’s Princess :

1. Pocahontas

x

Yang pertama ada Pocahontas, kamu pasti tahu kisah salah satu princess dari Disney ini kan? Kisah princess yang satu ini bercerita tentang kisah romantika antara wanita Indian yang merupakan suku asli Amerika dengan seorang Kapten bernama John Smith. Mereka melakukan perjalanan menuju ke dunia yang baru bersama dengan penduduk yang lainnya untuk memulai hidup yang baru.

Namun, ayah Pocahontas tidak menyetujui hubungan mereka. Dan rekan dari kapten John pun memiliki rencana licik untuk merampas harta dari suku Indian yang berupa emas. Melalui konflik yang tidak mudah, Pocahontas dan kapten John Smith menjalani kisah romantika mereka.

Romantis kan? tapi itu hanya cerita yang dibuat oleh Disney. Cerita asli dari Pocahontas sangat berbanding terbalik dengan cerita yang disajikan oleh Disney.

Cerita aslinya adalah, setelah John Smith kembali ke Inggris, Pocahontas disekap saat dia masuk ke agama Kristen dan menikahi John Rolfe. Bertahun-tahun kemudian, dia dibawa ke London dan dijadikan pameran sebagai salah satu contoh dari suku Asli Amerika. Sebelum kembali kerumah, dia meninggal tanpa sebab yang diketahui. Cerita ini berbeda dengan yang disajikan oleh Disney.

2. Tangled

c

Berikutnya ada Tangled, kisah tentang Rapunzel yang memiliki rambut panjang yang dikurung ibunya di sebuah menara di tengah hutan sambil menunggu seorang pangeran tampan yang akan datang untuk menolongnya, hingga pada akhirnya mereka berdua hidup bahagia untuk selamanya.

Namun, cerita yang ada sebenarnya bukanlah seperti itu. Dalam kisah aslinya, Rapunzel menjadi tawanan dari seorang penyihir jahat. Dia ditempatkan di sebuah menara tinggi yang ada ditengah hutan. Dia kemudian hamil setelah dia mengundang seorang pangeran untuk masuk ke menara itu. Ketika dia mengatakan bahwa pakaiannya terasa kencang di sekitar perutnya, penyihir itu marah dan memotong rambut Rapunzel dan mengirimnya ke tempat yang jauh.

Sementara sang pangeran dilempar dari atas menara dan terjatuh tepat di semak berduri yang ada di sekitar menara tersebut yang membuat kedua matanya buta.

3. Snow White

v

Nah, siapa yang tidak kenal Snow White atau yang biasa kita kenal sebagai Putri Salju. Bercerita tentang seorang Putri yang cantik Jelita yang tinggal bersama 7 kurcaci lucu. Namun, sang Ratu jahat yang iri dengan kecantikannya, membuat sebuah ramuan racun yang dicampurkan ke dalam sebuah apel lalu diberikan kepada sang Putri.

Setelah sang Putri memakan apel tersebut, diapun tak sadarkan diri sampai seorang pangeran tampan datang dan menciumnya sehingga sang Putri tersadar dan mereka pun menikah dan hidup bahagia untuk selamanya.

Perbedaan terbesar antara film Disney dan dongeng karya Grimm bersaudara yang asli adalah hukuman hukuman untuk sang ratu jahat. Ketika Ratu Jahat tiba di pernikahan Putri Salju dan Pangeran Charming, Putri Salju menghukum ibu tirinya tersebut dengan memaksanya mengenakan sepatu besi yang sangat panas dan harus menari-nari sampai dia sang ratu mati.

4. Frozen

b

Frozen merupakan salah satu dari animasi terlaris yang pernah dibuat oleh Disney. Bercerita tentang dua orang putri yatim piatu, Anna dan Elsa, tumbuh dengan hubungan yang tidak begitu baik karena Elsa ingin melindungi Anna dari kekuatan es ajaibnya.

Begitu Elsa secara tidak sengaja mengungkapkan kekuatannya, dia kabur, membuat kerajaannya seakan kembali ke zaman es sambil menyanyikan lagu let it go yang kita semua pasti tahu. Untuk menyelamatkan kerajaan dan hubungannya, Anna menjemput Elsa dan menghidupkan kembali ikatan mereka sebagai kakak dan adik.

Namun, kisah sebenarnya bukanlah seperti itu. Judul asli dari cerita ini bukanlah Frozen, melainkan The Snow Queen, yang bercerita tentang Gerda dan Kai. Dan mereka bukanlah dua orang bersaudara seperti Elsa dan Anna. Gerda dan Kai merupakan dua orang teman baik sejak kecil.

Suatu hari, Kai diculik oleh Ratu Salju setelah menciumnya dan mengubah Kai menjadi es dan menghapus semua ingatannya. Gerda pun melakukan perjalanan untuk menyelamatkan sahabatnya tersebut. Dan akhirnya Gerda berhasil menjemput Kai dan menyelamatkan nyawanya dengan cara menciumnya.

5. Sang Putri dan Pangeran Katak

n

Yang terakhir, yaitu kisah tentang sang putri dan pangeran katak yang terkenal dengan adegan sang putri yang mencium sang katak dan mengubahnya menjadi seorang pangeran tampan yang kemudian menikahi sang putri.

Tapi, di cerita aslinya adalah, sang katak berbicara dan memberitahukan kepada sang putri untuk menciumnya. Sang putri yang merasa jijik kemudian melempar katak tersebut dengan keras ke tembok. Jadi, yang terjadi sebenarnya bukanlah sebuah ciuman, melainkan kekejaman.

Gimana, cerita aslinya sangat berbanding terbalik dengan apa yang selama ini kita lihat kan? apakah sebelum membaca artikel ini kamu sudah mengetahui kisah aslinya? Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kamu ya.

Related posts