Inilah Superhero Indonesia Yang Tidak Kalah Dengan Superhero Marvel Dan DC

1

Superhero adalah manusia yang memiliki kemampuan spesial yang memungkinkannya untuk melakukan hal-hal luar biasa yang tidak bisa dilakukan oleh manusia biasa. Dengan kata lain, superhero adalah sosok pahlawan yang memiliki kekuatan super untuk membasmi kejahatan dan melindungi orang-orang yang lemah.

Mengenai superhero, pastinya sebagian besar orang lebih mengenal karakter-karakter superhero yang berasal dari luar dan kebanyakan dari komik Marvel dan DC, seperti hal nya Superman, Batman, Wonder Woman, Spiderman dan masih banyak lagi.

Tapi tahukah kamu kalau di Indonesia juga ada banyak karakter Superhero yang tidak kalah keren dari superhero luar negeri dan memiliki kekuatan serta kemampuan yang tidak kalah hebat juga. Berikut adalah beberapa karakter Superhero Indonesia yang tidak kalah hebat dari Superhero Luar.

1. Bima Satria Garuda

bima-300x225

Yang pertama ada superhero berkostum keren yang bernama Bima sang Satria Garuda. BIMA Satria Garuda adalah sebuah serial tokusatsu dan serial komik Indonesia yang merupakan hasil kerja sama MNC Media atas inisiatif Reino Barack dengan Ishimori Productions, pembuat serial Kamen Rider.

Kisah BIMA Satria Garuda berawal di Dunia Paralel yang dikuasai Kerajaan VUDO dan berada di ambang kehancuran. Dunia Paralel adalah sebuah dunia yang hidup dalam kegelapan abadi, yang alamnya sudah tidak memiliki elemen sumber kehidupan karena ambisi kekuasaan Kerajaan VUDO.

Rasputin adalah penguasa Kerajaan VUDO yang jahat dan kejam. Dia ingin mencari dunia lain untuk merebut segala sumber daya alamnya demi menghidupkan Dunia Paralel dan memperluas kekuasaan VUDO. Dua orang ilmuwan di Bumi berhasil membuat sebuah portal yang bisa menyambungkan Bumi dan galaksi lainnya, sehingga VUDO menemukan dunia lain yang bisa dikuasai.

Ray Bramasakti mendapatkan Powerstone Merah dari seorang pemuda misterius bernama Mikhail untuk menghentikan segala upaya Rasputin dan Kerajaan VUDO untuk mengambil alih Bumi. Dengan mendapatkan Powerstone Merah, Ray mendapat kekuatan untuk berubah wujud menjadi “Bima”, sang Satria Garuda. Randy Iskandar dan adiknya, Rena yang adalah keluarga angkat Ray pun ikut terseret dalam setiap aksi Bima melawan kegiatan jahat Rasputin dan Kerajaan VUDO.

2. Godam Manusia Besi

godam-300x200

Godam adalah tokoh komik ciptaan Wid NS. Muncul pertama kali dalam judul Memburu Doktor Setan pada tahun 1969. Genre komik adalah Fantasi. Jelas tampak pengaruh komik superhero Amerika pada desain karakter maupun jenis kekuatannya, meskipun alur ceritanya bergaya Indonesia. Lokasi cerita sering digambarkan di kota Yogyakarta.

Sekilas, Godam terlihat sangat mirip dengan karakter superhero yang tak lain adalah Superman. Mulai dari penampilan dan juga kekuatan yang dimilikinya.

Godam berasal dari dimensi lain yang terdapat negeri bernama Godam. Dikarenakan perlawanannya terhadap kekejaman Ratu Candalani, Godam yang masih bayi dan merupakan putra bangsawan negeri Godam menjadi buronan sebagaimana kedua orang tuanya yang dianggap memberontak terhadap kekuasaan Candalani.

3. Gundala Putra Petir

gundala-212x300

Seorang peneliti jenius bernama Sancaka menemukan serum anti petir. Tenggelam dalam ambisinya sebagai seorang ilmuwan, dia melupakan hari ulang tahun Minarti, kekasihnya, yang berakibat putusnya hubungan mereka. Sancaka yang patah hati berlari dengan hati galau di tengah hujan deras. Tiba-tiba sebuah petir menyambarnya.

Dalam keadaan koma ia ditarik oleh suatu kekuatan dari planet lain dan diangkat sebagai anak oleh raja Kerajaan Petir yang bergelar Kaisar Kronz, sekaligus diberkati kemampuan super yaitu bisa memancarkan geledek atau petir dari telapak tangannya. Raja Taifun dari kerajaan Bayu memberinya kekuatan lari secepat angin.

Sejak itulah, pada waktu-waktu tertentu, ia tampil sebagai jagoan penumpas kejahatan berpakaian hitam ketat dengan sepatu dan cawat berwarna merah. Wajahnya tertutup topeng, hanya tampak mata dan mulutnya, di sisi topengnya terdapat hiasan seperti sayap burung. Ia adalah kawan mereka yang lemah dan musuh bagi para pencoleng.

4. Volt

volt-300x199

Berikutnya ada superhero berkekuatan listrik bernama Volt. Volt merupakan salah satu karakter komik yang cukup populer di kalangan pecinta superhero Indonesia, dan komiknya pun masih terus di update sampai sekarang. dengan balutan kostum yang keren, Volt siap untuk membasmi segala kejahatan yang ada di hadapannya.

Volt memiliki kekuatan yang unik, yaitu dia mampu menyerap energi listrik yang ada disekitarnya dan menjadikannya sebagai kekuatan utamanya dan juga bisa dia gunakan sebagai pertahanan.

5. Valentine

valentine-300x170

Sama seperti Volt, Valentine juga merupakan karakter yang populer di Indonesia bagi para pecinta genre superhero. Valintine merupakan salah satu karakter komik dari Skylar Comics (sama dengan Volt.) Valentine pertama kali muncul pada tanggal 25 Juni 2014.

Dalam membasmi penjahat Valentine memanfaatkan kemampuan beladirinya yang sangat hebat, tetapi tidak semuanya berjalan mulus, terkadang valentine harus berlumuran darah dalam menghadapi musuh-musuhnya. Kalau kamu pernah nonton film Kick Ass, kamu pasti tahu karakter yang satu ini mirip dengan siapa. Ya, mirip dengan Hit Girl yang merupakan anak dari Big Daddy.

6. Pangeran Mlaar

Mlaar-300x173

 

Pangeran Mlaar adalah tokoh komik ciptaan Hasmi.Muncul pertama kali di serial Gundala Perhitungan di Planet Covox tahun 1969. Jenis atau genre komik adalah superhero atau pada waktu diterbitkan sering disebut genre fantasi. Mempunyai elastisitas tubuh yang bisa membuatnya mulur dalam batas tertentu.

Mlaar adalah Putra Mahkota suatu kerajaan di planet Covox. Setelah terbunuhnya ayah Mlaar oleh komplotan Menteri Telern dan Putri Kepala Perak, Mlaar dilarikan oleh pamannya, seorang ilmuwan jenius. Berkat suatu rekayasa oleh pamannya Mlaar mempunyai kemampuan elastisitas.

7. Aquanus

Aquanus-300x169

Selanjutnya ada karakter yang mirip dengan Aquaman yang berasal dari komik DC. Memiliki kemampuan yang sama yaitu dapat hidup di darat dan juga di dalam air.

Ketika terjadi penyerangan bangsa Burbur ke planet Zyba, putra angkat raja Sving yang masih bayi dilarikan dengan sebuah roket ke luar angkasa. Roket tersebut jatuh ke lautan di planet bumi. Keluarga pemburu paus memelihara anak yang bernama Dhanus itu. Bangsa Zyba adalah bangsa yang mampu hidup di darat dan di air, sehingga Dhanus dapat dengan mudah bermain-main ke dasar lautan.

Suatu ketika saat menyelam di dasar laut seseorang yang mengaku berasal dari Zyba menolongnya dari serangan gurita raksasa. Orang itu tewas ditembak para penyelam. Sebelumnya ia memberikan sabuk sinar pelangi kepada Dhanus. Sabuk ini menjadi senjata andalan Aquanus. Nama Aquanus adalah dari Aqua yang berarti air dan Nus dari Dhanus.

8. Sembrani

sembrani-229x300

Seorang pemuda yang bernama Tangguh sedang berada di tepi kawah gas beracun di Dieng, ketika ada sesuatu yang membuatnya tertarik turun ke kawah. Sebuah pesawat angkasa ternyata telah jatuh ke dalam kawah. Kehadiran benda itu rupanya menetralisir racun gas.

Lewat proyeksi 3 dimensi, Otohrb, seorang panglima perang yang telah lama mati dalam pertempuran di sistem bintang Ristuty berbicara padanya. Dia memberi Tangguh sebuah kalung yang dapat mengubahnya menjadi seorang pahlawan super yang bernama Sembrani.

Sembrani mempunyai kemampuan untuk menetralisir medan magnet maupun medan listrik, menetralisir racun, dan dapat terbang yang membuatnya semakin sulit unuk dikalahkan oleh para penjahat.

9. Sri Asih

sri-asih-300x169

Nani Wijaya adalah seorang gadis lugu yang apabila dia mengucapkan kata sakti “Dewi Asih” maka ia akan berubah menjadi pahlawan super wanita yang bisa terbang, kebal, berkekuatan super, bisa menggandakan diri, dan memperbesar tubuhnya.

Sri Asih bisa dianggap adaptasi komik pahlawan super Amerika ke dalam corak Indonesia. Pada masa-masa awal perkembangan komik Indonesia, para seniman komik berusaha membuat karya yang bisa diterima oleh kalangan budayawan dan pendidik. Ketika adaptasi pahlawan super dianggap tidak mendidik dan tidak berbudaya bangsa, maka pengenalan komik wayang menjadi jawabannya.

 10. Caroq

caroq-225x300

Caroq adalah superhero Indonesia ciptaan Ahmad Thoriq. Kemunculan perdana Caroq adalah pada tahun 1996. Nama aslinya adalah Ongko yang bekerja sebagai supir taxi.

Caroq memiliki 2 bilah celurit sakti yang panjang. Caroq merupakan seorang yang ahli dalam beladiri dan memiliki kemampuan sihir untuk membantunya dalam menghadapi musuh-musuhnya. Musuh besarnya adalah Si Bengis dan Si Tangan Empat.

Itulah daftar superhero Indonesia yang tidak kalah dengan karakter superhero dari Marvel dan DC. Ini hanya sebagian dari sekian banyak superhero Indonesia yang ada. Apakah kamu tahu superhero Indonesia lainnya? Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu ya.

Related posts