Musuh Terkuat Sepanjang Sejarah X-Men

1

Kamu pasti pernah menonton atau hanya sekedar mendengar kata X-Men bukan? Ya, apalagi kalau bukan tentang sekumpulan mutant yang memiliki kekuatan super dan menjadi superhero untuk melindungi dunia. Para mutant yang bersatu dibawah didikan Profesor X a.k.a Charles Savier untuk menjadi mutant-mutant yang melindungi, bukan malah menjadi teror umat manusia.

Dari berbagai pertarungan dan pertempuran yang telah dilalui oleh pasukan murid Professor Charles Xavier, terdapat beberapa musuh terkuat yang dapat membuat mereka kewalahan, bahkan menyebabkan kematian para mutant anggota X-Men. Siapa sajakah musuh-musuh terkuat yang pernah dihadapi X-Men?

1. Mr. Sinister

11

Dengan kulit pucat dan tanda seperti berlian di dahi, penampilan Mister Sinister tampak dingin dan eksentrik. Debutnya dimulai pada September 1987, lewat Uncanny X-Men #221. Pamornya sebagai musuh para X-Men langsung menanjak karena Mister Sinister menjadi salah satu musuh yang sering muncul dalam banyak seri X-Men.

Mister Sinister adalah manusia yang telah diubah fisiknya secara genetis, hingga memiliki kekuatan fisik dan mental di atas rata-rata manusia biasa. Kejeniusannya membuat Mister Sinister memiliki ketertarikan untuk melakukan eksperimen terhadap para mutant dan dirinya sendiri. Kemampuan lainnya adalah telepati dan memanipulasi pikiran orang lain, serta menyembuhkan luka tubuhnya dalam waktu singkat.

Dalam Age of Apocalypse, Mister Sinister merupakan salah satu anak buah Apocalypse yang terkuat. Dia pernah memimpin sekelompok mutant bernama Marauders untuk membantai kelompok mutant bawah tanah, Morlocks. Pembantaian itu nyaris berhasil andai tidak dihentikan oleh X-Men yang dibantu oleh X-Factor, Power Pack dan Thor si dewa petir.

Mystique pernah berhasil membunuh Mister Sinister, namun kejeniusannya telah berhasil membuat keberadaannya abadi, karena berkat pengetahuan yang dipelajarinya lewat Apocalypse, Mister Sinister baru kemudian bangkit. Adalah Cronus Machine, sebuah mesin yang dapat memproduksi kloning dirinya, sehingga Mister Sinister dapat terlahir lagi dan lagi.

2. Dark Phoenix

2

Buat yang pernah menonton film X-Men: The Last Stand, tentu sudah mengetahui bagaimana kekuatan sesungguhnya dari Jean Grey. Di film tersebut, dia membunuh banyak sekali mutant, termasuk Cyclops dan Professor X. Itulah kekuatan Dark Phoenix.

Berbeda dengan versi film, Dark Phoenix dalam serial komik X-Men muncul karena campur tangan Hellfire Club. Mereka mengubah Jean Grey menjadi salah satu musuh X-Men terkuat. Namun dalam episode Avengers vs X-Men, justru Cyclops yang berubah menjadi Dark Phoenix dan membunuh Professor X. Ya, Dark Phoenix sebenarnya adalah sebuah entitas kosmik dari luar angkasa, sama seperti Venom dalam seri Spiderman, yang dapat merasuki siapa saja yang diinginkannya.

3. Mystique

22

Mystique bisa mengubah dirinya menjadi orang lain secara fisik, bahkan suara. Tentu itu adalah kekuatan yang keren, sekaligus mengerikan. Mutant yang satu ini bisa bertransformasi menjadi seseorang yang ia inginkan untuk melancarkan aksi kejahatannya. Dengan kemampuannya itu, Mystique dapat memainkan perannya di dua sisi, memihak X-Men atau melawan X-Men.

Mystique muncul pertama kali dalam seri Ms. Marvel #16 di tahun 1978 dan menjadi salah satu mutant favorit hingga kini. Dia bahkan mampu membentuk Brotherhood of Mutants-nya sendiri, berbeda dengan yang dipimpin oleh Magneto. Dalam film bioskop X-Men, Mystique tidak pernah absen. Mystique berada dalam posisi memusuhi X-Men di trilogi pertama dan memihak X-Men pada tiga seri berikutnya.

4. Apocalypse

3

Musuh terkuat X-Men selanjutnya adalah Apocalypse. Apocalypse juga dikenal sebagai mutant pertama di masa lalu, Apocalypse adalah mutant purba yang bangkit dari masa Mesir kuno. Ambisi musuh X-Men yang satu ini sangat jauh berbeda dari mutant jahat lainnya, yaitu menghapus semua kehidupan di dunia dan melahirkannya kembali sesuai dengan yang dia inginkan. Apocalypse bahkan memerintahkan Mister Sinister untuk menghabisi seluruh mutant lemah yang dianggapnya tidak layak berada di dunia yang akan dilahirkannya.

5. Sentinels

4

Tidak ada yang meragukan kekuatannya. Robot-robot ini adalah perwujudan dari kebencian manusia terhadap mutant dan menunjukkan bagaimana mereka, para manusia memiliki kekuatan yang sama untuk bertarung dengan para mutant. The Sentinels diprogram untuk mencari dan membunuh semua mutant. Sentinels telah datang dalam berbagai bentuknya selama bertahun-tahun dan tetap menjadi ancaman terburuk dari manusia untuk para mutant.

Dalam film X-Men: Days of Future Past, Sentinels berevolusi menjadi robot yang nyaris tak dapat dihancurkan, membuat para X-Men harus kembali ke masa lalu untuk menghentikan pembuatannya. Produksi yang masif dan teknologi manusia yang terus berkembang, membuat Sentinels tidak akan pernah berhenti menebar teror bagi para mutant.

6. Magneto

33

Tentu saja, yang paling pantas berada di urutan pertama adalah mutant terkuat yang pernah ada, yaitu Magneto. Seorang korban holocaust yang bisa bertahan hidup, Magneto telah melihat ketakutan dan kebencian yang dapat melahirkan hal yang berbeda, kekuatan tanpa batas. Kekuatannya tidak hanya terletak pada kemampuannya memanipulasi logam dan metal, tapi juga visinya sebagai pemimpin yang mampu menggerakkan banyak mutant di seluruh dunia dalam satu barisan.

Tokoh paling terkenal dan kompleks sepanjang sejarah komik X-Men ini tidak bersikap ‘hitam dan putih’ seperti halnya para musuh X-Men yang lain. Motivasi Magneto cukup dapat dimengerti bahkan tak jarang memancing simpati. Yang diinginkannya hanyalah keamanan dan kesejahteraan bagi para mutant. Karena itu dia bisa di suatu saat bertarung melawan X-Men, namun di saat yang lain bekerja sama dengan tim Charles Xavier.

Soal kekejaman, jangan ditanya. Magneto pernah melakukan penyiksaan terhadap Wolverine yang mayoritas tubuhnya terbuat dari logam. Membunuh manusia bukanlah hal yang tabu baginya. Bukan Magneto namanya jika tidak kejam. Dalam seri The Ultimates, Magneto dengan kekuatan Palu Thor yang dicurinya, mampu membalik kutub magnetik bumi dan menimbulkan kehancuran yang luar biasa.

Itulah beberapa musuh terkuat sepanjang sejarah X-Men

Related posts