Pernah Timbul Bunga Kuku, Berikut Adalah Penjelasannya

q

Timbulnya bunga kuku atau garis garis putih pada kuku pasti seringkali kita jumpai. Tidak terkecuali pada diri kita maupun pada orang orang yang ada di sekitar kita, bunga kuku pasti pernah muncul pada permukaan kuku kita.

Tentunya kamu pernah mengalami timbulnya garis – garis putih yang terdapat pada permukaan kuku kamu kan? Hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Pada saat kita kecil, seringkali kita menganggap bahwa munculnya garis tersebut adalah karena ada seseorang yang menyukai kita.

Ada istilah ilmiah untuk kondisi seperti itu yang disebut dengan Punctate Leokonychia. Pada masyarakat umum, biasanya menyebutnya dengan istilah bunga kuku. Namun, ternyata bukan karena ada orang yang tengah menyukai kita, melainkan ada alasan dan penyebab terjadinya hal tesebut.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas lebh dalam mengenai bunga kuku ini.

Apa Itu Bunga Kuku

w

Pada dasarnya, banyak yang bertanya tanya dalam pikirannya. Apakah sebenarnya kemunculan bercak atau bintik putih pada kuku itu memiliki arti bahwa tubuh kita tengah mengalami kondisi yang tidak sehat atau sedang dalam kondisi sakit yang serius.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bunga kuku ini, alangkah baiknya kita mengetahui pengertiannya lebih dulu. Bintik putih pada kuku atau bunga kuku adalah sebuah fenomena yang dinamakan dengan Leukonychia. Meskipun namanya terdengar begitu serius, namun umumnya kondisi ini tidak terlalu bahaya.

Dilansir dari Mental Floss, bunga kuku yang secara ilmiah punya nama punctate leukonychia, sebenarnya hanyalah sesuatu yang disebabkan oleh benturan atau luka pada kuku. Luka itupun tak harus luka yang berat. Terbentur, atau terpapar benda keras dalam waktu cukup lama, bisa jadi memunculkan bunga kuku.

Hal ini pun seringkalitidak kita sadari. Kita biasanya akan mendapat bunga kuku muncul di jari kita tanpa ingat telah berbuat apa ke kuku kita.

Para ilmuwan sebenarnya tak mempelajari bunga kuku ini hanya untuk sekedar menambah khazanah ilmu pengetahuan. Pasalnya, ada beberapa hal besar yang berkaitan dengan munculnya bunga kuku. Di kasus yang sangat jarang, Munculnya bunga kuku yang merupakan tanda menurunnya zinc, ternyata bisa jadi ciri dari diidapnya malaria, penyakit Hodgkin, atau anemia sel sabit.

Di beberapa kasus yang juga pernah terjadi, sebuah tipe leukonychia bernama leukonychia totalis adalah jenis bunga kuku yang cukup buruk. Pasalnya, hal ini tak lagi bunga kuku, karena jika seseorang mengalami ini, kukunya akan berubah menjadi putih keseluruhan. Hal ini merupakan tanda dari masalah kesehatan berat seperti gagal ginjal, penyakit jantung atau diabetes.

Jenis Jenis Bunga Kuku

Mungkin diantara kita ada yang belum tahu kalau ternyata bunga kuku ini memiliki beberapa jenis, antara lain :

1. Leukonychia Totalis

qq

Kondisi seperti ini terjadi apabila bintik putih menyerang seluruh bagian kuku. Pemicu dari kondisi ini bisa dikaitkan dengan penyakit tertentu, yang mana leukonychia jenis ini patut segera mendapatkan perhatian medis. Untuk itu, jika mengalami hal ini, ada baiknya kamu segera menemui dokter terdekat untuk diperiksa.

2. Leukonychia Punctata

ww

Leukonychia jenis ini adalah leukonychia yang paling banyak dijumpai dimana bintik-bintik putih pada kuku nampak seperti titik-titik atau garis-garis kecil yang nampak pada kuku. Hampir semua orangpernah mengalami keadaan bunga kuku seperti ini.

3. Leukonychia Striata

e

Leukonychia jenis terakhir ini terjadi apabila bintik putih pada kuku nampak seperti garis yang sejajar dengan pangkal kuku.

Apa Penyebab Timbulnya Bunga Kuku

r

Meskipun bisa dikatakan tidak mengartikan kondisi kita dalam keadaan yang berbahaya, namun alangkah baiknya kita juga harus lebih waspada. Dan pastinya ada penyebab mengapa bisa muncul garis garis putih atau bunga kuku ini. Berikut adalah beberapa penyebab timbulnya bunga kuku :

1. Alergi

Hal yang pertama yang menimbulkan bunga kuku disebabkan karena alergi, bintik putih yang muncul dikarenakan reaksi alergi terhadap cat kuku, pengeras kuku atau bahkan penghilang cat kuku. Penggunaan kuku akrilik atau gel juga dapat merusak kuku kamu dan dapat menyebabkan bintik putih tersebut.

2. Kekurangan Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan zat besi pada seseorang ternyata dapat menyebabkan munculnya garis putih pada kuku. Memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi merupakan solusi tepat untuk mengatasi hal tersebut. Adapun makanan yang banyak mengandung zat besi adalah tiram, kacang panggang, yogurt, kepiting, daging sapi, bayam, kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Jamur

Jamur merupakan faktor paling umum yang dapat menyebabkan bintik putih di kuku, biasanya berasal dari udara dan tanah. Selain itu, orang yang suka memakai cat kuku sepanjang hari bisa memunculkan bintik putih akibat kukunya kekurangan oksigen sehingga mendorong pertumbuhan jamur kuku.

Lalu, menurut American Academy of Dermatology (AAD), kuku yang terinfeksi jamur lebih sering terjadi pada kuku kaki. Mengapa sering menyerang kuku kaki? Karena, biasanya kuku di area kaki jarang terekspos matahari, dan posisinya tertutup sepatu. Maka tidak jarang kalau area kuku kaki sering menjadi lingkungan yang hangat dan lembab untuk jamur berkembang biak.

Kaki yang berkeringat juga bisa menjadi tempat yang baik bagi pertumbuhan jamur kuku. Bintik putih akibat infeksi jamur biasanya muncul di dekat ujung kuku daripada di dekat kutikula. Jika bintik putih tersebut membesar, bisa mempengaruhi kuku menjadi lebih tipis atau lebih tebal, mengubah warna serta membuatnya cenderung mudah patah.

4. Cedera Atau Trauma

Timbulnya bunga kuku biasanya juga disebabkan oleh cedera pada pangkal kuku atau disebut matriks. Bercak tersebut muncul agak lama setelah cedera, sehingga wajar saja jika kamu mungkin sudah lupa cedera yang menjadi penyebabnya. Beberapa contoh jenis luka yang dapat menyebabkan bercak putih pada kuku antara lain menggedor pintu dengan jari terlalu kuat, memaku meja dengan palu dan tidak sengaja mengenai kuku jari kamu.

5. Kekurangan Protein

Tidak hanya kekurangan zat besi, kekurangan protein pada seseorang juga dapat menimbulkan bercak putih pada kuku. Bercak ini berbentuk garis yang dikenal sebagai garis Muehrcke dengan posisi horizontal (melintang) pada satu atau dua kuku kamu dan tidak akan bergerak ketika kuku bertumbuh.

Ada beberapa kasus langka di mana bercak putih ini dapat menjadi indikasi penyebab penyakit gangguan fungsi hati. Ada cara untuk menguji apakah garis-garis ini adalah garis Muehrcke atau tidak. Kamu cukup tekan pada bagian atas kuku dan jika bercak putih itu hilang maka bercak tersebut adalah garis Muehrcke.

6. Adanya Penyakit Serius

Bunga kuku juga bisa terjadi karena adanya penyakit serius yang ada pada tubuh kita. Berikut beberapa contohnya :

  • Anemia

Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan munculnya bunga kuku adalah anemia. Anemia yang merupakan penyakit kekurangan zat besi, juga dapat menimbulkan bercak putih pada kuku. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi, seperti sayuran hijau dan daging.

  • Penyakit Ginjal

Penyakit ini juga memiliki gejala yang dapat memengaruhi kuku kamu, seperti kuku yang mungkin berubah warna menjadi putih dan merah muda. Timbulnya bercak putih pada kuku juga dapat disebabkan karena gagal ginjal.

  • Koilonychia

Ada beberapa kasus di mana timbulnya bercak putih pada kuku disebabkan karena orang tersebut dapat terkena penyakit koilonychia. Koilonychia merupakan penyakit di mana penderitanya memiliki kuku yang tipis atau rapuh berbentuk normal dengan punggung terangkat yang melengkung ke dalam seperti sendok.

  • Diabetes

Yang terakhir adalah diabetes. Diabetes merupakan suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa.

Perlukah Kita Ke Dokter Jika Mengalami Timbulnya Bunga Kuku?

1

Jika kamu mengalami leukonychia atau timbulnya garis putih pada kuku, apakah perlu ke dokter? Inilah pertanyaan yang saat ini mungkin ada dibenak kamu dan membuatmu bingung. Sebagaimana telah dijelaskan diatas, apabila bintik putih tersebut hanya muncul pada bebebrapa kuku saja, maka kamu tidak perlu khawatir. Hal ini mungkin saja hanya reaksi dari kuku yang mengalami luka.

Namun, apabila jumlah bintik tersebut telah menyebar pada seluruh bagian kuku, maka ada baiknya kamu segera temui dokter untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang bagaimana kesehatan tubuh kamu. Apalagi jika keadaan bunga kuku yang kamu alami ciri-cirinya sama persis dengan ciri-ciri yang ditimbulkan dari penyakit serius di atas, maka sangat dianjurkan bagi kamu untuk segera menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Bagaimana Cara Mengatasi Bunga Kuku

Cara-Merawat-Kuku-Tangan-300x200

Ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bunga kuku yang wajar yang biasa disebabkan oleh jamur ataupun trauma, berikut ini adalah beberapa caranya :

  • Jika bintik putih disebabkan oleh kekurangan vitamin atau mineral, mungkin kamu perlu meningkatkan asupan nutrisi dalam diet kamu. Selain itu, kamu juga bisa meminum beberapa suplemen atau multivitamin sesuai anjuran dokter untuk mengobati jika ada gejala lain yang menyertainya.
  • Hal terbaik yang bisa dilakukan di rumah, yaitu menunggu kuku hingga memanjang sehingga bintik putih di kuku bisa kamu potong nanti. Jangan lupa gunakan gunting kuku dan alat kikir yang bersih. Jika tidak, maka hanya akan menimbulkan hal-hal lain yang tidak diinginkan, seperti misalnya terkena jamur kuku.
  • Jangan pernah memotong atau mendorong kutikula ke arah dalam (seperti saat manicure) terlalu agresif, karena ini dapat menimbulkan trauma pada kuku sehingga akhirnya menyebabkan bintik putih pun muncul.
  • Lembabkan kuku secara teratur menggunakan body lotion, agar mereka tidak mudah mengalami perubahan warna. body lotion, selain berguna untuk melembabkan dan merawat kulit kamu, ternyata juga bisa digunakan untuk perawatan kuku kamu agar lebih terjaga kelembabannya.
  • Gunakan cat kuku untuk menutupi bintik putih hingga kuku memanjang, hingga kamu bisa memotongnya nanti. Namun perlu diingat, jangan pakai cat kuku terus-menerus tanpa memberikan kuku kamu waktu untuk bernapas. Pasalnya, jika kuku tak mendapatkan oksigen, maka bintik putih juga tidak akan menghilang.

Nah itulah penjelasan mengenai bunga kuku yang mungkin selama ini belum kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *