Pembahasan Mengenai Manga, Komik Yang Berasal Dari Jepang

a

Apakah kamu termasuk salah satu otaku atau wibu? Otaku atau wibu biasanya dikaitkan dengan seseorang yang sangat menyukai atau sangat gemar dengan segala hal yang menyangkut atau berkaitan dengan nuansa Jepang. Untuk hal yang biasanya menjadi favorit para otaku dan wibu yang sudah tidak asing lagi adalah anime dan manga.

Nah, untuk anime sendiri biasanya animasi Jepang ini ceritanya banyak diangkat dari manga-manga yang memiliki cerita menarik untuk diikuti. Ya walaupun sebenarnya banyak juga anime yang mengambil latar cerita yang berasal dari novel, namun tidak bisa dipungkiri kalau manga adalah salah satu sumber terbesar dari terciptanya sebuah alur cerita dalam anime.

Nah, yang akan kita bahas disini adalah mengenai manga. Manga bisa juga kita sebut komik Jepang. Yang dimana penggambarannya memiliki ciri khasnya tersendiri dan sangat berbeda dengan komik-komik pada umumnya. Untuk lebih jelasnya lagi, yuk simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Manga

z

Manga merupakan sebuah sebutan yang khusus digunakan untuk komik Jepang. Berbeda dengan komik-komik asal Amerika, manga biasanya dibaca dari kanan ke kiri, sesuai dengan arah tulisan kanji yang ada di Jepang. Manga yang pertama kali diketahui adalah manga yang dibuat oleh Suzuki Kankei pada tahun 1771 yang berjudul Mankaku Zuihitsu, tetapi ada juga yang menyebut manga pertama kali muncul pada abad 12. Manga generasi awal ini bertajuk Choju Jinbutsu Giga yang berisi berbagai gambar lucu berbentuk hewan dan manusia.

Pada akhinya manga menjadi hal yang berpengaruh dalam kesenian di Jepang dan menjadi sumber hiburan tersendiri bagi para peminatnya, baik di masa lalu maupun sekarang. Perkembangan manga sendiri sejauh ini telah melalui banyak tahapan, tetapi perkembangan yang paling terlihat adalah pada era pasca Perang Dunia II, ketika muncul seorang tokoh yang dianggap sebagai tokoh yang merevolusi dunia manga, yaitu Osamu Tezuka.

Di Jepang sendiri, telah banyak majalah Manga yang didalamnya terdiri dari beberapa judul manga, setiap manga biasanya mengisi belasan sampai puluhan halaman yang ada di dalam majalah tersebut (biasanya terdiri dari satu chapter/bab). Biasanya manga yang sudah sukses atau yang sedang populer bisa diangkat ke dalam bentuk ANIME (animasi), beberapa contoh manga populer yang sudah diangkat ke dalam bentuk anime adalah Naruto, Bleach, Dragon Ball, One Piece, Fairy Tail, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya kebentuk anime saja, beberapa yang sukses dan populer juga diangkat kedalam bentuk Live Action (versi manusia), contohnya Death Note, Detective Conan, Crows (Crows Zero), 20th Century Boys, dan lain-lain. Beberapa cerita yang ada didalam novel/visual novel biasanya juga akan diangkat kedalam bentuk manga, contohnya Death Note, Sword Art Online, dan lain-lain.

Setelah selang beberapa lama, chapter-chapter manga yang ada pada majalah manga itu akan dikumpulkan untuk kemudian dicetak ke dalam bentuk buku berukuran biasa, yang disebut Tankōbon (biasa juga disebut dengan volume). Manga dalam bentuk tankōbon ini dibuat dengan kertas yang berkualitas tinggi dan juga berguna untuk orang-orang yang tidak membeli atau malas untuk membeli majalah-majalah manga yang biasa terbit setiap minggunya. Manga bentuk tankōbon ini biasanya diterjemahkan ke dalam berbagai macam bahasa sesuai dengan negara masing-masing yang didistribusikan.

Sejarah Perkembangan Manga

p

Perkembangan Manga di Jepang asal mulanya diawali pada jaman Edo, di mana ada seorang pemahat kayu dan pelukis yang bernama Katsushika Hokusai (1760 –1849), dirinya menciptakan istilah Hokusai Manga pada serial sketsanya yang berjumlah 15 volume dan diterbitkan pada tahun 1814. Hokusai itu sendiri berasal dari 2 huruf Cina yang memiliki arti “gambar manusia untuk menceritakan sesuatu”.

Ada juga karya manga lainnya seperti karya Satou Kyouden buku bergambar“Shiji no yukikai” (1798) dan karya Aikawa Minwa, “Manga Hyakujo” (1814) sertaRakuten Kitazawa yang menggunakan bahasa manga dalam pengertian modern. Buku komik pertama muncul di akhir abad 18, Kibyoushi, dengan tatanan gambar yang dikelilingi oleh tulisan sebagai narasinya. Manga tidak begitu berkembang hingga Perang Dunia II.

Pada awal abad 19, muncul seorang mangaka bernama Osamu Tezuka (1928-1989) yang membawa sejarah baru di dunia manga Jepang. Karyanya yang terkenal adalah Tetsuwan Atom (Astro Boy) dan manganya yang diadaptasi dari novelTreasure Island (karya Robert Louis Stevenson) meraih nilai penjualan tertinggi nasional karena sukses dijual sebanyak 400.000 eksemplar.

Dalam teks lama, kalimat-kalimat panjang seringkali diletakkan di samping gambar ilustrasi. Perlahan namun pasti, teks dialog mulai di letakkan dalam balon dialog bersama dengan bingkai-bingkai berseri. Di sinilah pada tahun 1920 – an serial kartun koran “Shocan no Boken” (Petualangan Sho-chan) terbit. Peristiwa ini menjadi trend, segera setelah itu setiap perusahaan koran memiliki kartun strip.

Tahun 1930-an terlihat banyak buku manga dicetak. Dan majalah dengan cerita manga yang panjang seperti “Nora kuro” (Blackie Si Pengembara) karya Tagawa Suiho. Dalam periode yang sama komik-komik anak menggali alur cerita dan menunjukkan banyak potensinya. Namun kemudian pecahlah perang dan mengakibatkan dunia manga sub-culture merana.

Permagaan kembali bergairah setelah berakhirnya perang dunia II. Pasti, dengan banyak pilihan. Seorang seniman bernama Tezuka Osamu. Bingkai-bingkai miliknya memiliki sebuah sentuhan sinematik. Dan karena kedinamisan, manganya, maka bekembang pesat hingga menjadi sebuah medium yang menceritakan kisahnya sendiri.Unsur-unsur tragis juga menemukan caranya dalam setiap halaman, hal inilah yang akhirnya banyak digemari.

Mulanya komik-komik di Jepang adalah peniruan dari film animasi dari Walt Disney maka para penggemar komik Jepang saat itu adalah anak-anak. Kemudian pada tahun 1959 mulai diterbitkan dua majalah mingguan untuk anak laki-laki yaitu Shonen Magazine dan Shonen Sunday. Saat itu hiburan untuk anak di Jepang hanyalah komik saja, belum ada anime dan tentu saja belum ada game komputer.

Sepuluh tahun kemudian, majalah komik untuk remaja mulai terbit, diantaranya yaitu Manga Action (1967), Young Comic (1967), Play Comic (1968), Big Comic (1967). Majalah-majalah tersebut sendiri biasanya mempunyai tebal berkisar antara 200 hingga 850 halaman. Beberapa manga cerita aslinya diangkat dari novel/visual novel, contohnya adalah “Basilisk” berdasarkan dari novel “Kouga Ninpouchou” oleh Futaro Yamada, ada juga yang diangkat dari segi sejarah, seperti sejarah Tiga Kerajaan (The Three Kingdom), Legenda Naga (Ryuuroden), dan sejarah-sejarah Jepang.

Jenis – Jenis Manga

o

Seperti yang kita tahu, ada banyak jenis manga yang sudah beredar di seluruh dunia. Kita ambil contoh besarnya yaitu Dragon Ball dan juga Gundam. Tapi, tahukah kamu kalau Dragon Ball dan Gundam itu adalah jenis manga yang berbeda? Biasanya, jenis-jenis manga dibedakan berdasarkan jalan cerita atau genrenya. Untuk itu, berikut ini adalah jenis-jenis manga yang mungkin masih belum kamu ketahui :

  • Manga Shounen
    Yang pertama adalah manga dengan genre shounen. Genre ini merupakan genre manga yang paling banyak diminati atau hadir tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Jenis manga yang satu ini biasanya ditargetkan untuk para pembaca yang berusia remaja. Biasanya manga Shounen bertema aksi petualangan dan tokoh utamanya adalah seorang anak laki-laki. Contoh Manga Shounen adalah Dragon Ball, Naruto dan Bleach.
  • Manga Seinen
    Jenis manga selanjutnya adalah manga seinen. Berbeda sedikit dari Shounen, Seinen juga mengambil tema yang sama, yaitu aksi petualangan. Namun cerita-cerita Seinen beserta tokoh utamanya dibuat lebih dewasa. Manga jenis ini pantas dibaca untuk orang dewasa. Contoh untuk Manga jenis Seinen adalah manga yang berjudul Berserk.
  • Manga Shoujo
    Yang berikutnya adalah manga shoujo. Manga Shoujo merupakan sebuah manga yang dibuat khusus untuk anak perempuan. Ceritanya pun lebih banyak mengambil jalan cerita mengenai percintaan remaja dan drama. Tokoh utama yang diambil biasanya adalah seorang anak perempuan yang berusia 17 tahun. Contoh untuk Manga Shoujo adalah Electric Daisy.
  • Manga Josei
    Sebenarnya manga josei Sama halnya dengan Manga Shoujo, Josei juga diciptakan khusus untuk kaum perempuan. Namun jalan cerita yang dihadirkan dalam manga ini bersifat lebih dewasa dan juga memiliki jalan cerita yang kompleks. Contoh untuk Manga Josei adalah Hana Yori Dango.
  • Manga Kodomo
    Kalau kamu sebelumnya sudah sedikit mengerti bahasa Jepang, dari namanya saja mungkin kamu sudah mengetahui bahwa Manga yang satu ini khusus ditujukan untuk anak-anak. Kodomo sendiri memiliki arti anak kecil. Kebanyakan Manga Kodomo memiliki tokoh utama anak kecil dan mengambil cerita aksi petualangan yang tergolong ringan untuk diikuti. Contoh manga Kodomo yang populer adalah Arale.
  • Manga Mecha
    Kamu suka dengan robot, mungkin jenis manga yang satu ini sangat cocok untuk kamu. Manga yang satu ini biasanya bercerita tentang Sci-fi misalnya seputar dunia robot dan hal-hal berbau science fiction lainnya. Biasanya tokoh utama dalam Manga Mecha adalah seorang manusia biasa yang berteman dengan robot atau malah robot betulan yang memiliki petualangannya sendiri. Contoh Manga Mecha yang sangat populer bahkan sampai sekarang adalah Gundam.
  • Manga Jidaegeki
    Manga Jidaegeki sendiri adalah sebuah manga yang bercerita mengenai sebuah sejarah. Sejarah itu bisa saja datang dari negeri Matahari terdahulu. Jidaegeki memang kebanyakan mirip seperti manga Shounen, namun bila ada satu Manga Shounen yang memiliki cerita sejarah kompleks, manga itu lebih cocok disebut Jidaegeki. Contoh Manga Jidaegeki yang terkenal adalah Samurai X.
  • Manga Ecchi
    Kalau yang satu ini bisa dibilang agak sedikit menjerumus ke sesuatu yang bersifat mesum. Jenis Manga ini termasuk vulgar. Namun masih lebih banyak memiliki unsur ceritanya dibandingkan dengan adegan dewasa. Ecchi masih cocok untuk dikonsumsi oleh remaja. Contoh manga Ecchi adalah Fairy Tail. Namun masih ada beberapa pendapat yang mengatakan, Fairy Tail bukanlah golongan Manga Ecchi.
  • Manga Hentai
    Nah, kalau yang satu ini mungkin sebagian besar dari kamu sudah mengetahuinya. Mendengar sebutan Hentai saja pastinya sudah membuat pikiran kamu berlari kesana kemari. Manga jenis ini sudah termasuk vulgar. Kontennya banyak sekali mengandung unsur porno dan lebih cocok untuk dibaca oleh orang dewasa.
  • Manga Harem
    Nah, yang terakhir adalah jenis manga harem. Manga Harem adalah jenis yang termasuk manga yang memiliki konten vulgar didalamnya. Adegan vulgar yang ditampilkan lebih dari Manga Ecchi, namun kurang vulgar bila dibandingkan Manga Hentai. Hampir mirip dengan film-film ‘semi’. Contoh manga Harem adalah Nozoki Ana.

Penjelasan Singkat Mengenai Mangaka

i

Setelah mengetahui tentang manga, serta sejarah perkembangannya, tentunya ada satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari adanya sebuah manga, yaitu orang yang membuatnya. orang yang membuat manga atau komik Jepang, biasanya disebut dengan Mangaka. Sudah tahu belum mengenai mangaka ini?

Mangaka sendiri adalah sebuah istilah dalam bahasa Jepang yang ditujukan untuk orang yang menggambar manga. Mangaka memiliki padanan makna dengan komikus. Di luar Jepang, manga biasanya merujuk pada buku komik Jepang dan mangaka mengacu pada pengarang manga yang biasanya adalah orang Jepang.

Beberapa seniman manga biasanya bisa belajar di sebuah perguruan tinggi seni, sekolah manga, ataupun bisa juga mengambil magang dengan mangaka yang lainnya sebelum benar-benar memasuki dunia manga sebagai seniman profesional. Namun, ada beberapa yang hanya mulai di manga tanpa asisten, dengan menerapkan kontes untuk majalah yang menjalankan. Sebagai contoh, Naoko Takeuchi, penulis Sailor Moon, yang memenangkan kontes tersebut disponsori oleh Kodansha, dan Osamu Tezuka, pencipta Astro Boy yang mana memulai debut sebagai mangaka tanpa asisten.

Sebuah mangaka akan naik daun dan menjadi terkenal melalui pengakuan atas kemampuan mereka ketika mereka menyulut kepentingan lembaga, individu atau demografi konsumen manga. Misalnya, ada kontes calon mangaka dapat diadakan, yang disponsori oleh editor manga dan penerbit manga. Mereka juga diakui untuk jumlah manga mereka yang berjalan pada satu waktu.

Manga Terlaris Yang Ada Di Dunia

Sudah tidak diragukan lagi dan tentunya kita semua sudah tahu kalau manga dan anime memiliki peminatnya tersendiri dan semakin hari kian semakin banyak. Oleh karena itu jugalah ada banyak manga yang terjual hingga ratusan bahkan jutaan copy lebih dan menjadi manga yang paling laris di dunia. Penasaran? Berikut ini adalah beberapa manga yang merupakan manga paling laris di dunia :

  • Detective Conan

k

Siapa yang tidak tahu detektif yang satu ini. Salah satu komik jepang terlaris yang juga diminati oleh banyak pembaca Indonesia adalah Detektive Conan. Manga yang bahkan masih berlanjut sampai sekarang ini menceritakan tentang seorang detektif remaja, Sinichi Kudo yang tidak mati ketika diracun, namun tubuhnya menyusut menjadi seukuran anak kecil. Sejak menjadi kecil, Sinichi Kudo kemudian mengubah namanya menjadi Conan Edogawa dan melanjutkan petualangannya bersama sang kekasih, Ran Mouri dan ayahnya yang juga detektif, Kogoro Mouri.

Manga karya Aoyama Gosho ini telah terjual lebih dari 140 juta eksemplar di seluruh dunia. Jumlah tersebut tentu masih terus bertambah mengingat hingga tulisan ini dibuat, manga Detektive Conan masih berlanjut penerbitannya sampai sekarang. Bisa saja sekarang ini sudah lebih dari 140 juta eksemplar yang terjual di seluruh dunia.

  • Kochikame

o

Kochikame sebenarnya memiliki judul lengkap, yaitu Kochira Katsushika-ku Kameari Koen Mae Hashutsujo (Inilah Pos Polisi di Seberang Taman Kameari di Wilayah Katsushika), komik jepang karya Osamu Akimoto ini telah terbit selama hampir 40 tahun.Manga ini muncul untuk pertama kalinya di Weekly Shonen Jump pada September tahun 1976, manga yang masih terbit ini telah memiliki lebih dari 190 edisi dan telah terjual lebih dari 155 juta eksemplar, sangat wajar karena rentang terbitnya yang sudah cukup panjang. Manga ini termasuk dalam daftar 3 manga yang memiliki jalan cerita terpanjang dalam sejarah.

Kochikame sendiri adalah manga yang bercerita tentang seorang polisi paruh baya, Kankichi “Ryo-san” Ryotsu dalam menjalani pekerjaan sehari-harinya sebagai polisi lingkungan (koban) di bagian pusat kota Tokyo. Kochikame bergenre komedi dan disebut-sebut cocok untuk semua umur, walau sesekali terdapat adegan tak senonoh di dalamnya.

  • Black Jack

i

Black Jack adalah salah satu karya dari sang masterpiece Osamu Tezuka, sang Bapak Komik Jepang, selain manga yang berjudul Astro Boy. Walau sejatinya manga ini hanya terbit sebanyak 17 edisi, penjualan Black Jack sendiri telah mencapai 176 juta eksemplar dan bahkan hingga sekarang masih dibuat remakenya oleh mangaka lain.

Manga Black Jack sendiri terbit selama kurun waktu 10 tahun sejak tahun 1973 hingga 1983, manga ini menceritakan tentang petualangan seorang dokter dalam menyelamatkan pasien-pasiennya. Selain manga, Black Jack juga telah dibuat dalam versi OVA, anime dan live action.

  • Golgo 13

oo

Selanjutnya adalah manga Golgo 13. Judul asli dari manga ini adalah Gorugo Satin, manga karya Takao Saito ini telah terbit selama hampir 50 tahun. Muncul pertama kali di majalah Big Comic pada tahun 1968, kini komik jepang Golgo 13 telah memiliki lebih dari 170 edisi dan terjual lebih dari 200 juta eksemplar. Golgo 13 juga telah diadaptasi dalam bentuk serial anime dan juga film animasi maupun live-action.

Manga Golgo 13 ini memiliki jalan cerita yang mana menceritakan tentang petualangan seorang pembunuh profesional dalam menjalankan misi-misinya. Nama asli sang tokoh utama adalah Duke Togo (Dyuku Togo) dan nickname Golgo 13 sendiri terinspirasi dari tempat penyaliban Yesus, Golgota.

  • Naruto

ii

Siapa yang tidak kenal Naruto si ninja hebat yang berasal dari Konohagakure yang bercita-cita menjadi Hokage? Komik jepang tentang anak yang dijadikan tempat menyegel rubah ekor sembilan ini telah terjual lebih dari 205 juta eksemplar dan tamat pada edisi ke-72. Naruto sendiri adalah manga karya Masashi Kishimoto tentang dunia para ninja yang penuh intrik, kisah persahabatan dan juga dendam.

  • Dragon Ball

u

Dalam waktu yang sangat jauh sebelum Naruto eksis seperti sekarang ini, generasi 80an dan 90an yang disebut dengan generasi jaman old sangat menggilai komik jepang ini. Dragon Ball sempat merajai penjualan manga dunia dan telah terjual lebih dari 230 juta eksemplar. Terbit sejak tahun 1984 hingga 1995, Dragon Ball hanya terbit sebanyak 42 edisi namun buah karya Akira Toriyama ini tak terkalahkan penjualannya selama bertahun-tahun hingga akhirnya disalip oleh peringkat pertama dalam daftar komik jepang terlaris.

Manga Dragon Ball ini sejatinya terinspirasi dari cerita Journey To The West atau Kera Sakti, namun dikemas dengan cerita yang lebih menarik dan menjadi sangat populer serta sangat ringan untuk dicerna jalan ceritanya. Yang mana bercerita tentang seorang anak bernama Goku yang berpetualang bersama teman-temannya untuk mencari 7 bola naga. Perlu diketahui, anime Dragon Ball dan juga manganya masih berlanjut sekarang, namun dengan pengarang yang berbeda, yaitu Toyotaro.

  • One Piece

kk

Dan untuk peringkat pertama manga terlaris di seluruh dunia jatuh pada manga yang bercerita tentang si manusia karet Monkey D Luffy yang bercita-cita ingin menjadi Raja Bajak Laut. One Piece sendiri merupakan sebuah manga masterpiece yang diciptakan oleh sang mangaka bernama Eichiro Oda.

Pada tahun 2014, manga One Piece tercatat dalam Guinness World Record sebagai “Komik dengan jumlah eksemplar cetak terbanyak, yang ditulis oleh satu orang” (the most copies published for the same comic book series by a single author). Saat mendapatkan penghargaan itu, komik jepang karya Eiichiro Oda tersebut telah terjual sebanyak 320.866.000 eksemplar di seluruh dunia. One Piece meninggalkan jauh pesaing terdekatnya, yaitu Dragon Ball yang sebelumnya pernah menjadi komik dengan penjualan terbanyak selama bertahun-tahun.

Nah, itulah pembahasan mengenai manga. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang menyukai manga? Semoga artikel bermanfaat ya.

Related posts