Yuk, Ketahui Lebih Dalam Tentang Dunia Hip Hop

hiphop

Pada era modern seperti sekarang ini, ada banyak sekali jenis hiburan yang bisa kita nikmati sebagai pengisi waktu luang dan juga sebagai penghilang rasa penat serta stres akibat dari kesibukan kita dalam keseharian. Salah satu hiburan yang sangat melekat dalam kehidupan kita adalah musik. Musik bisa menjadi sebuah media yang bisa kita nikmati untuk merasakan ketenangan tersendiri.

Selain sebagai media untuk menghibur diri, musik bisa juga dijadikan sebagai hobi. Dan jika kita mendalami hobi tersebut, bukan tidak mungkin kalau hobi itu juga bisa menjadi sangat bermanfaat untuk kita. Sebagai contoh kita lihat saja para penyanyi yang terkenal kebanyakan sukses adalah karena bermusik merupakan hobi mereka.

Bicara tentang musik, tentunya kita tahu ada banyak aliran atau genre dari musik. Dan salah satu aliran atau genre musik yang sangat banyak peminatnya adalah genre hip hop. Genre ini banyak digemari karena punya ciri khas dimana para penyanyinya mengisi lirik lagu dengan ritme kosakata yang cepat sehingga terdengar unik dan keren. Seperti contohnya saja Eminem, rapper atau penyanyi hip hop yang satu ini merupakan salah satu ikon musik hip hop sampai dijuluki sebagai “Rap God”.

Nah, apakah kamu tahu ada banyak hal yang menarik mengenai hip hop? Untuk itu, pada ulasan kali ini saya akan menjelaskan segala hal yang ada mengenai hip hop. Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Hip Hop

Hip hop bisa dikatakan merupakan sebuah bentuk ekspresi dan juga sebuah bentuk kebudayaan yang mulai tumbuh sekitar tahun 1970’an yang dikembangkan oleh masyarakat Afrika-Amerika dan Latin-Amerika. Hip hop sekarang ini pun sudah berkembang menjadi salah satu genre musik terpopuler saat ini selain pop, EDM, rock, R&B dan country. Di awal perkembangannya, hip hop sendiri memang sudah menjadi sebuah budaya. Elemen budaya yang dicakup di sepanjang sejarah hip hop pun mencakup musik rap, teknik beatbox, musik DJ, tari breakdance dan tulisan grafiti. Hip hop erat kaitannya dengan ras Afrika-Amerika. Kini hip hop sudah menjadi global atau mendunia dan bisa ditemui di banyak negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Terdapat beberapa pendapat yang mengatakan bahwasannya sebutan Hip Hop sebenarnya berasal dari kosakata Afro-Amerika, yakni hip yang secara harfiah dapat diartikan sebagai ungkapan yang digunakan untuk “memberitahu” atau “sekarang” dan akhiran hep. Namun, disamping itu ada juga pendapat lain yang mengatakan kalau “hip hop” merupakan sebutan lain dari Bebop.

Namun menurut Keith “Cowboy” Wiggins, salah satu anggota Grandmaster Flash and the Furious Five, istilah “hip hop” terinspirasi saat ia bercanda dengan temannya yang baru bergabung dengan Angkatan Bersenjata. Bunyi “hip hop” sendiri merupakan tiruan bunyian hentakan kaki tentara. Pada setiap pementasannya kemudian, Cowboy menjadikan kata tersebut sebagai improvisasi di saat saat rapping. Hal inilah yang kemudian diikuti oleh musisi Hip Hop lain. Termasuk oleh Afrika Bambaataa yang kemudian mempopulerkannya sebagai nama dari genre musik yang dibawakannya itu.

Seiring dengan perkembangannya sampai sekarang, budaya Hip-Hop ini tidak hanya menjadi budaya saja, melainkan sebuah gerakan kesadaran. Tetapi, tetap saja di Amerika, masih ada keributan antara ras atau kelompok tertentu. Hal ini pula yang mendorong para aktivis hip-hop itu membentuk sebuah deklarasi yang kelak menjadi salah satu “kitab suci” bagi para pelaku hip-hop sekarang. Deklarasi yang ditandatangani oleh aktivis hip-hop dan disaksikan oleh delegasi PBB serta UNESCO ini dinamakan “Hip-Hop Declaration Of Peace”.

Sejarah Perkembangan Hip Hop

Di masa-masa awal perkembangannya, pertumbuhan Hip Hop dimulai dari The Bronx yang berada di kota New York dan terus berkembang dengan pesat hingga keseluruh dunia. Hip hop pertama kali diperkenalkan oleh seorang Afro-Amerika, Grandmaster Flash dan The Furious Five. Awalnya musik Hip Hop hanya diisi dengan musik dari Disk Jockey dengan membuat fariasi dari putaran disk hingga menghasilkan bunyi-bunyi yang unik. 1520 Sedwick Avenue merupakan sebuah kawasan yang terdapat di kota New York yang dikatakan sebagai tempat awal lahirnya komunitas HipHop. “Disinilah kami berasal”, begitulah perkataan yang dilontarkan oleh Clive Campbell. Dia merupakan salah seorang yang merelakan lantai satu di rumahnya untuk dijadikan sebuah markas untuk berkumpul. “Kebudayaan Hip Hop berawal dan lahir disini, yang nantinya akan tersebar di seluruh dunia, di sinilah kami barasal karena memang kami tidak memiliki tempat lain untuk bertemu, bukan di tempat lain” sahutnya.

Selain nama tersebut, terdapat pula nama orang lainnya yaitu DJ Kool Herc yang memperkenalkan turntable pada saat itu di sebuah party pada tahun 1973. Pada awal penampilannya, DJ Kool Herc membawakan lagu-lagu dari James Brown, Jimmy Castor, dan Babe Rooth. Kool Herc pula lah yang akhirnya menciptakan scratch dan bunyi-bunyian aneh yang menimbulkan sebuah sensasi yang luar biasa pada saat itu.

Hip Hop yang dianggap sebagai sebuah kebudayaan semakin diperjelas lagi pada tahun 1983 oleh Black Spades yang merupakan anggota dari Afrika Bambaataa dan The Soulsonic Force lewat sebuah track yang berjudul “Planet Rock”. Lagu ini merupakan sebuah musik Hip Hop yang terbilang menarik karena memiliki perpaduan antara rap yang sederhana dan irama musik disko yang diciptakan melalui drum electronic dan synthesizer. Pada tahun 1985 barulah dengan teknologi stereo, Run DMC, LL Cool J, The Fat Boys, Herbie Hancock, Soulsonic Force, Jazzy Jaz, dan Stetsasonic yang mengeluarkan album-album andalannya sehingga menjadi legenda musik Hip Hop hingga saat ini.

Ada masa dimana hip hop menjadi aliran musik yang paling populer. Masa keemasan musik Hip Hop dimulai ketika Run DMC mengeluarkan album bertajuk “Raising Hell” pada tahun 1986, dan kemudian diakhiri dengan munculnya G-Funk pada tahun 1992. Pada masa ini genre hip hop lebih didominasi oleh musisi dari East Coast yang bermarkas di New York City. Label Def Jam Records menjadi salah satu label East Coast yang merupakan sebuah label independen pada saat itu.

Kemudian pada awal tahun 1992, aliran musik hip hop yang berkembang dan disebut dengan gangsta rap mulai menjadi sebuah musik yang sangat mainstream dengan munculnya Dr. Dre dengan The Chronic’s. Album ini muncul dengan gaya baru yang disebut G-Funk, yang di dominasi oleh musik tahun 70’an. G-Funk pula lah yang akhirnya menjadi sebuah identitas musik West Coast Hip Hop pada saat itu. Ice T, NWA, Mobb Deep dan Tupac Shakur sukses menciptakan gangsta rap dengan irama musik yang masih gelap namun dengan beat-beat yang cukup kencang.

Kemudian pada tahun 1998 terdapat beberapa nama yang terkenal seperti OutKast, No Limit, dan Cash Money Records yang merupakan bagian dari era ini. Mereka lah yang memopulerkan jenis musik mereka sehingga timbulah istilah Jiggy atau Bling-Bling Era. Musik pada era ini dinamakan Neo Soul yaitu campuran antara musik Hip Hop dan musik Soul.

Bagian – Bagian Genre Musik Hip Hop

Selama ini mungkin kita hanya tahu kalau musik hip hop itu adalah lagu yang diiringi dengan nyanyian yang dilakukan dengan ritme yang cepat. Namun ternyata disamping itu terdapat sub-sub atau bagian-bagian lagi yang ada pada genre ini. Berikut ini adalah penjelasannya :

  • Electro Hip Hop

Electro merupakan salah satu genre musik yang bisa dibilang cukup banyak peminatnya saat ini. Genre musik yang satu ini memang sedang naik-naiknya di saat ini dan tidak ada yang tahu bahwa ternyata Electro juga merupakan bagian dari musik Hip Hop. Run DMC menjadi dedengkot pada aliran yang satu ini. “Planet Rock” dari Afrika Bambaataa menjadi target Run DMC untuk disisipi irama Eelctro ini dan ternyata sangat sukses di pasaran. Hits berikutnya ialah “It’s Like That” yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Electro Hip Hop

  • Miami Bass

Bagian genre musik hip hop yang selanjutnya adalah Miami Bass. Miami Bass ialah bagian dari Hip Hop yang terkenal dan dipopulerkan oleh 2 Live Crew, JJ Fad, DJ Magic Mike, dan DJ Laz. Musik ini sangat berkarakter irama bass yang kuat dan lirik yang sedikit menyinggung tentang seks menjadi bagian dari kelompok yang satu ini.

Miami Bass

  • Rap Core

Run DMC sempat berkolaborasi dengan band hard rock Aerosmith pada lagu “Walk This Way”. Kolaborasi ini benar-benar sukses dan berhasil menduduki peringkat nomor satu rapsong hit di tangga lagu Billboard Hot 100. Selain Run DMC, pada tahun 1987 Beastie Boys juga sukses dengan rap core-nya dengan hits “Licensed to Ill” yang di produseri oleh Def Jam Records. Pada lagu ini Beastie Boys bekerja sama dengan Black Sabbath dan Led Zeppelin, dan dibantu oleh Kerry King, gitaris dari Slayer. De La Soul’s juga merilis lagu rap core “3 Feet High and Rising” pada tahun yang sama. Pada sekitar tahun 2000, Linkin Park merilis album dengan genre Rapcore / Rap Rock dengan nama Hybrid Theory dengan lagu In The End sebagai best song-nya.

Rap Core

  • Hardcore Hip Hop

Pada tahun era tahun 1990’an, musik yang berasal dari New York dan East Coast menjadi bagian musik yang sangat keras dan gelap, sesuai dengan kehidupan yang terjadi disana. Artis dari tahun 80’an akhir seperti EPMD dan Eric B serta Rakim menjadi salah satu pendiri dari musik dengan irama yang keras ini. Selain dua nama tersebut, Public Enemy beserta pasukannya The Bomb Squad juga tidak mau kalah untuk menyuarakan kreativitas mereka dengan nuansa kriminal di setiap lirik-lirik lagu mereka. Wu-Tang Clan merilis album mereka pada tahun 1993 “Enter the Wu-Tang (36 Chambers)” dan albumnya merupakan sebuah gebrakan pada tahun tersebut, khususnya di genre musik Hardcore Hip Hop.

Hardcore Hip Hop

Orang – Orang Yang Berpengaruh Dalam Dunia Hip Hop

Tentu kita semua pasti mengenal sosok yang begitu melekat dalam ingatan kita mengenai dunia hip hop, yaitu Eminem. Eminem merupakan salah satu rapper yang paling berpengaruh di dunia bahkan sampai dijuluki sebagai “Rap God”. Nah, selain Eminem, ada beberapa orang lagi yang bisa dibilang juga merupakan orang yang berpengaruh di dunia hip hop.

  • Wiz Khalifa

Memiliki nama asli yaitu Cameron Jibril Thomaz, lahir di Minot, North Dakota, Amerika Serikat, September 8, 1987. Pria satu ini lebih dikenal sebagai Wiz Khalifa. Dia adalah rapper dan juga seorang penulis lagu. Ia juga dikenal karena single debutnya di Atlantic Records yaitu “Black and Yellow”, yang mana menduduki puncak pada nomor satu di Billboard Hot 100. Dia juga berhasil memenangkan BET Awards pada tahun 2011 sebagai Best New Artist dan memenangkan Billboard Music Award pada tahun 2012 sebagai Top New Artist.

Wiz Khalifa

 

  • Ludacris

Untuk kamu yang suka dengan Franchise Fast and Furious pasti kenal dengan sosok yang satu ini. Dia juga pernah berduet dengan Justin Bieber. Memiliki nama asli Christopher Brian Bridges, lahir di Champaign, Illinois, Amerika Serikat, 11 September 1977; umur 40 tahun, lebih dikenal dengan Ludacris merupakan seorang aktor dan penyanyi rap Amerika Serikat yang menjadi terkenal saat masuk 40 besar, 25 besar di bidang musik. Dia berkarier di dunia film sejak tahun 1998. Dia pernah memenangkan Screen Actors Guild, Critic’s Choice, MTV, dan tiga Grammy Awards selama karirnya.

Ludacris

  • Jay Z

Memiliki nama asli Shawn Corey Carter, lahir di Brooklyn, New York City, 4 Desember 1969; umur 48 tahun, pria ini lebih dikenal dengan nama Jay-Z. Jay-Z merupakan seorang penyanyi, rapper, dan pencipta lagu berkebangsaan Amerika Serikat yang berkarier di dunia musik sejak tahun 1989. Jay-Z adalah salah satu artis terlaris di dunia sepanjang masa, telah menjual lebih dari 75 juta rekaman. Ia juga merupakan salah satu rapper terbesar sepanjang masa, ia menduduki peringkat nomor satu oleh MTV dalam daftar mereka dari The Greatest MCs of All-Time pada tahun 2006. 3 Dari albumnya, Reasonable Doubt (1996), The Blueprint (2001), dan The Black Album (2003), telah masuk dalam daftar majalah Rolling Stone dari 500 album terbesar sepanjang masa.

Jay Z

  • 50 Cent

Rapper berikutnya memiliki nama asli Curtis James Jackson, lahir 6 Juli 1975 di Queens, New York, dikenal sebagai “50 Cent“, “Fiddy” atau “Fifty” adalah salah seorang rapper terkenal dari Amerika Serikat. Dalam musik karirnya, diketahui kalau 50 Cent telah menjual lebih dari 30 juta album diseluruh dunia dan dia juga telah memenangkan 4 ASCAP Pop Music Awards, 7 Rhytm & Soul Music Awards, 2 AVN Awards, 4 BET Awards, 2 BET Hiphop Awards, 13 Billboard Music Awards, 16 Billboard R&B/Hiphop Awards, 1 BRIT Awards, 1 Grammy Awards, 3 MOBO Awards, 2 MTV Video Music Awards, 1 NRJ Music Awards, 3 The Source Awards, 7 Vibe Awards, dan 6 World Music Awards, totalnya dia telah memenangkan 73 Awards dan 118 Nominasi selama karirnya.

50 Cent

  • Snoop Dogg

Bohong namanya kalau kamu tidak tahu rapper yang berikut ini, dia adalah Snoop Dogg. Cordozar Calvin Broadus Jr. , lahir 20 Oktober 1971; umur 46 tahun, terkenal dengan nama panggung Snoop Dogg, adalah seorang rapper, produser rekaman, dan aktor dari Amerika Serikat. Album Snoop Dogg juga telah terjual lebih dari 30 juta album di seluruh dunia.

Snoop Dogg

  • Dr. Dre

Andre Romelle Young atau yang lebih dikenal sebagai Dr. Dre, lahir di Compton, California, Amerika Serikat, 18 Februari 1965; umur 52 tahun, ia adalah seorang Rapper, Record Producer, record executive, dan aktor, dia adalah founder dan CEO dari aftermath Entertainment dan mantan co-founder dan artis dari Death Row Records, Dr. dre telah memproduce album dan menjadi pondasi dari banyak rapper rapper terdahsyat di dunia contohnya Snoop Dogg, Eminem dan 50 cent. Dr.Dre mendapat urutan ke 56 pada daftar Rolling Stones “100 Greatest Artists of All-Time“. Dia juga telah memenangkan 6 Grammy Awards dan 2 MTV Video Music Awards.

Dr. Dre

  • Kanye West

Kanye Omari West, lahir di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, 8 Juni 1977, umur 40 tahun adalah seorang produser rekaman dan rapper AS. Ia telah menjadi produser rekaman untuk Jay-Z, Common, Mobb Deep, Jermaine Dupri, The Game, Alicia Keys, Janet Jackson, Eminem, dan John Legend. Kanye adalah salah satu dari The Best-selling dan dia telah memenangkan 21 Grammy Award, yang membuatnya menjadi salah satu dari The Most Awarded Artists of All-time dan The Most Grammy-awarded Artist. Tiga dari albumnya telah masuk dalam daftar Rolling Stone’s 2012 “the 500 Greatest Albums of All Time”.

Kanye West

  • Notorious B.I.G

Christopher George Latore Wallace, lahir di New York City, New York, Amerika Serikat, 21 Mei 1972. Meninggal di Los Angeles, California, Amerika Serikat, 9 Maret 1997 pada umur 24 tahun, lebih dikenal dengan nama The Notorious B.I.G adalah seorang rapper dan penyair dari AS. Lebih dari dua album yang telah dirilis sejak kematiannya telah bersetifikat penjualan sebanyakan 17 juta unit di Amerika Serikat. Pada tahun 2003, albumnya yang bernama Life After Death telah menduduki peringkat nomor 483 dalam daftar majalah Rolling Stone dari 500 album terbesar sepanjang masa.

Notorious B.I.G

  • Tupac

Tupac Amaru Shakur, lahir di New York City, New York, Amerika Serikat, 16 Juni 1971 – meninggal di Las Vegass, Nevada, Amerika Serikat, 13 September 1996 pada umur 25 tahun terlahir dengan nama Parish Lesane Crooks adalah seorang rapper, aktor, aktivis, dan penyair dari AS. Ia memiliki nama panggung 2Pac, Makaveli, dan ‘Pac. Dalam Guinness Book of World Records ia dikenal sebagai rapper tersukses dunia, karena ia menjual lebih dari 73 juta album di dunia, termasuk 44,5 juta di AS. Kebanyakan lagu Shakur ditulis mengenai kekerasan di ghetto, rasisme, masalah sosial, dan kadang pertengkarannya dengan rapper lain.

Tupac

  • Eminem

Marshall Bruce Mathers III, lahir di Detroit, Michigan, Amerika Serikat, 17 Oktober 1972; umur 45 tahun, lebih dikenal dengan nama panggung Eminem (sering ditulis dengan EMINƎM) dan dia juga memiliki kepribadian ganda yang biasa disebut dengan nama Slim Shady, adalah seorang rapper paling terkenal dan juga bekerja sebagai produser rekaman dan aktor dari Amerika. Popularitasnya membawa grup rapnya yang bernama D12 menjadi grup hip hop yang sukses pula. Selain menjadi bagian dari D12, Eminem juga merupakan member dari grup rap Bad Meets Evil, yang beranggotakan dia dan Royce Da 5’9.

Eminem

Eminem menjadi artis dengan penjualan album terbanyak pada tahun 2000. Eminem mendapat peringkat pertama sebagai artis terbaik sepanjang masa oleh beberapa majalah dan mendapat peringkat 82 dalam “The 100 Greatest Artists of All Time” oleh majalah Rolling Stone. Dia dinobatkan oleh Raja Hip Hop oleh majalah yang sama. Dia mendapat 10 album dengan penjualan terbanyak dalam Billboard 200 (Termasuk proyeknya dengan Bad Meets Evil dan D12). Dia telah menjual 42 juta track dan 41.5 juta album di Amerika Serikat dan 90 juta lebih di seluruh dunia. Eminem juga pernah memenang penghargaan Grammy Award sebanyak 5 kali yaitu pada tahun 2000, 2001, 2003, 2010, dan tahun 2011.

Nah, itulah penjelasan mengenai musik hip hop. Satu hal yang sangat ditekankan dalam dunia hip hop adalah, hip hop dikenal dengan kata-kata keras namun bermakna. Saling diss atau saling hina memang seringkali terjadi di antara para pelaku hip hop. Namun, hal tersebut merupakan sesuatu yang sudah lumrah terjadi. Jadi, jangan menganggap kalau dalam dunia hip hop itu ada perbedaan. Semua adalah sama, saling respect satu sama lain. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Related posts