Android Lollipop Kini Mulai Terancam Virus

1

Pada saat pertama kali diluncurkan, android sudah mengusung sistem open source yang sangat dipercaya rentan terhadap serangan malware maupun virus. Selain itu, smartphone android juga sangat mudah untuk dipasang berbagai macam aplikasi dari luar dikarenakan sistem ini bisa dipasangi aplikasi-aplikasi dari luar yang mampu untuk membuat malware semakin mudah untuk menyerang. Hal ini dapat terjadi karena perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan sendiri, salah satunya yaitu untuk menyebarkan virus. Saat ini juga terdapat android lollipop yang dikabarkan juga sudah mulai terjangkit virus yang berbahaya.

Virus yang dapat menyerang pada android lollipop yaitu virus godless.Virus godless ini sangat berbahaya, dikarenakan virus ini mampu untuk membobol keamanan dari android lollipop, yang mana sebenarnya android lollipop ini sudah memiliki sistem keamanan yang sangat canggih dibandingkan dengan android versi sebelumnya. Virus goodless ini sudah menyerang sedikitnya 850.000 pengguna smartphone di dunia, bahkan tingkat penyerangan pada pengguna yang menggunakan android di Indonesia yaitu sebesar 10,27%. Sedangkan untuk peringkat tertinggi yang diserang oleh virus ini yaitu India dengan angka mencapai 46,19%. Untuk Thailand 9, 47 7%,Filipina 6,301%,Malaysia 5,1%,Vietnam 2,12 %,Jepang 1,87% ,United States 1,51%,Iran 0,90%.

Angka pembajakan di Indonesia cukup tinggi dengan mencapai angka urutan kedua, hal tersebut dikarenakan keamanan dari para pengguna smartphone sangat mudah untuk dibobol oleh hacker, bahkan mereka juga sering menginstal aplikasi-aplikasi dari luar yang menyebabkan virus-virus maupun malware dapat dengan mudah menyerang sistem aplikasi smartphone android mereka.

Virus ini menyerang para pengguna smartphone android lollipop yang bekerja dengan cara berbeda daripada virus sebelumnya. Virus ini melakukan rooting smartphone secara sembunyi-sembunyi, selain itu virus ini dapat melakukanrooting ketika smartphone anda dalam keadaan restart, sehingga disaat itulah virus mulai mengirimkan berbagai macam informasi data pribadi anda melalui ke server lainnya. Virus ini bisa disebut sebagai mata-mata. Hal tersebut sangat berbahaya,dikarenakan bisa saja privasi anda yang sudah anda kunci dengan sangat aman bisa saja terserang virus yang nantinya dapat membuka privasi anda tersebut, maka dari itu sebaiknya anda melakukan berbagai macam cara untuk mencegah terjadinya virus goodless ini agar data pribadi anda tidak terserang oleh virus maupun malware yang berbahaya lainnya.

Cara mencegah terjadinya virus godless :

  1. Gunakanlah Smartphone Dengan Sangat Berhati-Hati.

Berhati-hatilah ketika anda sedang mendownload berbagai macam aplikasi gratis dari sumber yang tidak terpercaya, bisa jadi aplikasi yang telah anda download tersebut mengandung virus yang satu ini. Downloadlah aplikasi untuk smartphone anda hanya di Google Play Store, akan tetapi anda juga harus tetap berhati-hati dikarenakan aplikasi juga bisa terjangkit oleh virus  yang ada di Google Play Store.

  1. Menggunakan Berbagai Macam Antivirus

Gunakanlah antivirus seperti Avg Antivirus Pro, Mobile Security and antivirus yang bisa anda gunakan pada android anda untuk mencegah terjadinya virus atau malware yang menyerang pada smartphone anda,dan dapat membersihkan file data anda dari ancaman-ancaman virus yang masuk.

Demikian ulasan dari kami mengenai AWAS, android lollipop kini mulai terancam virus! Begini cara mengatasinya, semoga dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan anda, dan jangan lupa untuk share informasi ini kemedia sosial anda. Sampai jumpa dan terima kasih.

Related posts