Gamers Harus Tahu, Ini Dia Penjelasan Mengenai VGA Card

VGA Card

Dalam penggunaan komputer, grafis merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh atas bagus atau tidaknya tampilan yang diberikan oleh komputer tersebut. Karena kita semua tentunya sudah tahu jika grafis yang dihasilkan tidak sesuai, maka kita pastinya akan merasa tidak nyaman dalam menggunakan komputer tersebut. Terutama bagi para penikmat game, grafis yang tampak halus dan baik merupakan hal yang paling utama yang harus dimiliki agar bisa menikmati game yang dimainkan.

Bagi para penikmat game atau yang biasa kita panggil dengan sebutan gamers, dalam memilih atau menentukan sebuah PC gaming yang baik pastinya ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan agar nantinya grafis yang dihasilkan oleh komputer tersebut tidak memiliki masalah dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Satu hal yang menjadi titik vital dalam memilih sebuah PC gaming yang tepat salah satunya adalah VGA Card yang mana bertugas sebagai komponen yang mengolah grafis yang ada di dalam komputer. Semakin baik VGA Card yang dimiliki, maka grafis yang dihasilkan pun akan semakin baik pula. Oleh karena itu banyak orang yang membeli PC Gaming dengan kualitas VGA Card yang tinggi agar sensasi gaming yang dilakukan sesuai dengan harapan.

Nah, jika kita berbicara mengenai VGA Card, sebenarnya seperti apa definisi lengkap mengenai salah satu komponen penting dalam komputer ini? Untuk itu, pada artikel kali ini akan membahas  mengenai VGA Card ini. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu VGA Card

Seperti yang kita ketahui bersama, VGA Card atau yang dikenal juga dengan sebutan video card, video adapter, display card, graphics card, atau display adapter yang merupakan komponen penting di dalam sebuah komputer yang mana bertugas sebagai pengolah grafis. Sekilas jika kita perhatikan, VGA card sepintas mirip dengan motherboard komputer, yang mana VGA card juga memiliki beberapa komponen kecil lainnya yang menempel pada papan rangkaiannya sehingga membuatnya terlihat mirip dengan motherboard, hanya saja VGA card memiliki ukuran yang lebih kecil dan juga VGA card merupakan komponen yang terdapat pada motherboard.

Guna menciptakan pengalaman bermain game yang nyaman dan lancar, memiliki VGA card dengan kualitas tinggi merupakan sebuah keharusan. Begitupun bagi kita yang bergelut dalam bidang multimedia seperti fotografi dan video. VGA card Atau yang biasa disebut juga dengan Video Graphic Array adalah sebuah perangkat keras yang terdapat pada komputer yang mana bertugas untuk melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas. VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. Kata “card” menunjukkan bahwa bentuk VGA card mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer kita.

Apa Itu VGA Card

Struktur bagian yang terdapat pada VGA card terlihat mirip dengan komputer dengan ukuran yang sangat kecil. VGA card memiliki prosesor yang disebut dengan GPU atau Graphic Processing Unit ditambah dengan memori di dalamnya. Prosesor ini akan panas jika dialiri listrik saat bekerja, sehingga dibutuhkan heatsink sebagai penyerap panas dan kipas sebagai pengusir panas pada heatsink. Hal ini dikarenakan GPU memiliki suhu optimal kerja dan tidak boleh terjadi overheat. Jika terjadi overheat, maka VGA card bisa rusak dan tidak dapat digunakan kembali.

VGA Card sebenarnya merupakan salah satu bentuk teknologi perangkat keras komputer yang tergolong baru, karena apabila dilihat dari waktu diciptakannya komputer, hingga dipasarkannya VGA Card secara komersil, terpaut kurang lebih 30 tahun. Komputer atau super komputer sudah mulai dikembangkan sekitar era 40 – 50, sedangkan VGA Card mulai dijual secara komersil pada era 80-an, tepatnya pada tahun 1987 oleh perusahaan teknologi raksasa, IBM (International Bussiness Machine).

VGA sering digunakan untuk komputer yang beresolusi 640×480 yang sekarang ini VGA sudah tidak digunakan lagi. VGA jaman sekarang sudah menggunakan Graphic Accekerator chip yang mampu melakukan rendering 3D dan ditampilkan di layar monitor. VGA juga bisa dikatakan sebagai standar tampilan komputer analog yang pertama kali dipasarkan IBM sekitar tahun 1987. Walaupun saat ini standar VGA tidak lagi digunakan karena sudah diganti dengan standar yang lebih baru, namun VGA masuh diterapkan di Pocket pada PC.

Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA. Kartu grafis atau Kartu VGA ini memiliki berbagai macam spesifikasi dan merk. Kalau kita hobi dengan gaming misalnya dota, desain grafis, maen game online, kita membutuhkan VGA card dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Beberapa pecinta game biasanya menggunakan VGA ATI atau Nvidia.

Jenis – Jenis VGA Card

Seperti yang kita ketahui, VGA card merupakan sebuah komponen yang terdapat pada sebuah komputer yang berguna untuk mengolah grafis pada komputer tersebut. Nah, hal yang harus diketahui juga adalah bahwa ternyata VGA card ini terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa jenis VGA card, antara lain :

Jenis VGA Card Verdasarkan RAM

  • DRAM (Dynamic Random Access Memory)

Jenis RAM ini merupakan memori semikonduktor yang memerlukan kapasitor sebagai tumpuan untuk menyegarkan data yang ada di dalamnya. RAM ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding EDO RAM. Namun, lebih rendah dibandingkan SRAM. DRAM menggunakan satu transistor dan kapasitor per bit dalam strukturnya. Hal ini membuat RAM ini memiliki kepadatan yang cukup tinggi. DRAM memiliki frekuensi kerja yang bervariasi antara 4,7 Mhz hingga 40 Mhz.

DRAM

Jenis kartu VGA yang memiliki jenis memori DRAM (dynamic RAM) dengan kecepatan 70 – 80 ns. Biasanya jenis memori DRAM banyak digunakan untuk VGA card ukuran 8, 16, dan 32 bit. Penggunaan memori DRAM ditujukan untuk komputer dengan tingkat entry level yang tidak butuh kecepatan tinggi dan warna grafis yang banyak.

  • EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)

RAM ini dikembangkan tahun 1995 dan memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan jenis-jenis RAM lain. Slot memori untuk EDORAM ialah 72 pin. Bentuk komponen ini lebih panjang daripada RAM SIMM. Tak heran RAM ini sangat cocok dipasang pada semua komputer Pentium. Selain itu, komponen ini juga cocok untuk dipasang pada komputer dengan bus mencapai 66 Mhz.

EDORAM

Kartu VGA yang menggunakan EDO RAM memiliki kecepatan 60-35 ns. Kebanyakan VGA card dengan EDO RAM digunakan pada kartu grafik ukuran 64 bit dan digunakan pada speed 60 MHz seperti VGA card merk winfast S280/S600, Ati Mach 64, Diamond Stealth.

  • VRAM (Video Random Access Memory)

Video Random Access Memory atau biasa disingkat VRAM merupakan salah satu komponen yang terpasang pada video card yang bekerja layaknya sebuah RAM, namun yang membedakannya ialah, apabila RAM digunakan untuk menyimpan data dari CPU (Central Processing Unit), maka VRAM digunakan untuk menyimpan data dari GPU (Graphical Processing Unit). Data tersebut dapat berupa texture, framebuffer, atau asset lainnya yang dibutuhkan oleh video card untuk merender sebuah gambar hingga dapat tampil di layar monitor.

VRAM

VGA card dengan VRAM memiliki kecepatan 20-10 ns. Untuk masalah harga VGA card dengan VRAM lebih mahal dibandingkan dengan VGA card dengan DRAM. Biasanya VRAM dipasang pada VGA card yang digunakan untuk komputer desain grafis dan gaming. Merk VGA card dengan VRAM yaitu diamond fire GL, stealth 3000 3D, stealth 64, dan lainnya.

  • SGRAM (Synchronous Graphic RAM)

Jenis kartu VGA yang memiliki jenis memori SGRAM (Synchronous Graphic RAM) dengan kecepatan kurang dari 10 ns. Kebanyakan VGA Card dengan SGRAM digunakan pada kartu grafis kelas tinggi yang memiliki kemampuan 3D accelerator seperti Matrox MGA millenium, mystique 3D, Diamond viper, stealth II S220, ATI Rage II 3D pro, ASUS 3D explorer, dan lainnya.

SGRAM

Jenis VGA Berdasarkan Bentuk Fisik

VGA On Board

VGA On Board

Sesuai dengan namanya, VGA Onboard merupakan jenis VGA yang banyak digunakan pada komputer atau laptop standar. VGA Onboard berarti chip VGA yang digunakan menjadi satu dengan motherboard. VGA on board bekerja dengan memanfaatkan memory komputer anda, alias RAM. VGA Onboard umum digunaan pada komputer dengan spesifikasi rendah, dimana kebutuhan akan graphic dan juga 3D bukan merupakan kebutuhan utama. Biasanya komputer dengan VGA on-board banyak ditemui pada:

  • Komputer office.
  • Komputer server kecil.
  • Laptop atau netbook dengan layar kecil (10”).
  • Laptop dengan harga kisaran 2 hingga 3 jutaan (low end).

Kelebihan

  • Perawatan mudah.
  • Harga jauh lebih murah.
  • Sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan komputer standar sehari-hari.

Kekurangan

  • Lemah dalam menangani graphic berkualitas tinggi.
  • Tidak support dengan game beresolusi tinggi dan modern.
  • Terkadang sering mengalami gejala lag atau lemot ketika memutar video beresolusi tinggi.

VGA Add On

VGA Add On

Jenis VGA yang kedua adalah VGA Add-On, atau yang sering dikenal juga dengan istilah VGA Card. Berbeda dengan VGA on-board, VGA Add-On ini letaknya terpisah dari motherboard, sehingga membutuhkan socket tertentu untuk menginstallnya. Jika pada suatu komputer terdapat VGA Add-On ini dengan menggunakan spesifikasi komputer yang cukup baik bahkan lebih tinggi, VGA Add-On ini akan bekerja lebih maksimal dan lebih powerfull.

Kinerja yang dilakukan oleh VGA Add-On dapat bekerja sendiri tanpa harus mengandalkan kemampuan dari RAM komputer lagi, hal ini dikarenakan memory (RAM) dengan VGA Add-On terpisah. Sehingga pada saat dijalankan VGA Add-on tidak perlu bergantung pada RAM lagi karena telah memiliki memorynya sendiri. VGA Add-On ini biasa banyak ditemui pada:

  • Komputer atau laptop mid hingga high end.
  • Komputer gaming dan design.

Kelebihan

  • Memiliki sistem pendingin terpisah, sehingga lebih tahan lama.
  • Mampu meng-handle graphic 3D, serta gaming yang berat.
  • Bisa diupgrade dengan menggantinya saja.
  • Sanggup digunakan untuk memutar film dengan kualitas resolusi tinggi.
  • Tampilan display menjadi lebih tajam.

Kekurangan

  • Harga yang relative mahal.
  • Tidak semua komputer support penggantian VGA Card.

Jenis VGA Card Berdasarkan Slot

  • VGA ISA

VGA ISA

VGA ISA merupakan jenis kartu yang di tancapkan di slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) yang menggunakan sistim 8 bit dan 16 bit. Seiring dengan perkembangan teknologi vga card, saat ini jenis VGA ISA sudah tidak di gunakan lagi karena kemampuannya yang terbatas seperti kecepatannya yang berjalan lambat dan kualitas tampilan yang sangat minim. Berikut gambar dari VGA ISA. Slot Industry Standard Architecture atau disingkat ISA dulunya merupakan standard slot VGA card pada sekitar akhir tahun 1980-an. Namun slot jenis ini sudah tidak lagi digunakan pada motherboard saat ini. VGA card dengan jenis ISA ini mampu mengirimkan data 2 hingga 3 megabytes per detik.

  • VGA EISA

VGA EISA

Berikutnya jenis kartu VGA EISA di tancapkan ke slot ekspansi EISA (Extend Industry Standard Architecture) bus dengan menggunakan sistim 32 bit I/O. Tak berbeda jauh dengan VGA ISA, kartu jenis VGA EISA juga sudah tidak digunakan lagi mengingat kecepatan transfernya yang berjalan lambat dan kualitas tampilan grafis yang kurang baik. Berikut saya sertakan gambar dari VGA EISA.

  • VGA PCI

VGA PCI

Jenis kartu VGA PCI di tancapkan pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus dengan menggunakan sistim 32 bit dan 64 bit. Jenis kartu ini telah mengalami peningkatan kualitas jika di banding dengan jenis kartu ISA atau EISA yang sebelumnya hanya menggunakan sistim 32 bit. Namun untuk saat ini jenis VGA PCI juga sudah jarang di gunakan karena keterbatasan kualitas yang dimilikinya. Berikut gambar dari kartu VGA PCI.

Slot Pheriperal Component Interconnect atau disingkat PCI slot menggantikan peran dari slot ISA sebagai standar slot VGA card pada awal tahun 1990-an. Slot jenis ini dirancang agar GPU dapat lansung mengambil data dari memory tanpa harus menggunakan CPU. Hal ini tentu akan membuat CPU lebih longgar untuk mengolah data yang lain. PCI mampu menghantarkan data hingga 132 megabytes per detik, yang mana merupakan peningkatan yang sangat besar bila dibandingkan dengan slot ISA.

  • VGA AGP

VGA AGP

Slot Accelerated Graphics Port atau disingkat AGP slot pertama kali diperkenalkan pada sekitar tahun 1996. Seiring dengan berkembangnya jaman, AGP juga mengalami peningkatan dan memiliki 4 macam versi berdasarkan speednya, yaitu AGP 1X, 2X, 4X, dan 8X. Angka tersebut mewakili kecepatan dari AGP itu sendiri. AGP 8X merupakan yang tercepat dengan kecepatan transfer hingga 2,1 gigabytes per detik.

Jenis kartu AGP di tancapkan ke slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus dengan menggunakan sistim 128 bit dan 256 bit. Dasar dari di buatnya AGP adalah untung mempercepat transfer data terhadap memori secara signifikan dari cpu ke tampilan monitor. Jenis slot VGA AGP dapat dengan mudah di kenali dari ciri fisiknya yang kelihatan dari pin-nya yang membentuk vertikal yang lebih mirip dengan formasi sarang lebah, berikut gambar dari sebuah kartu VGA AGP.

  • VGA PCIe

VGA PCIe

Jenis kartu berikutnya adalah VGA PCIe, jenis ini merupakan pengembangan dari kartu VGA PCI sebelumnya yang memiliki kemampuan cukup baik. PCI sendiri lebih di kenal dengan PCI Express yang di rancang untuk memasang interface dengan teknologi mutakhir masa kini yang membutuhkan kecepatan transfer yang tinggi. PCI Express merupakan jenis slot VGA card yang paling terbaru, pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004. PCI Express ini merupakan peningkatan teknologi dari jenis PCI yang lama. Diantara peningkatan tersebut ialah pada kemampuannya untuk mentransfer data. Untuk versi PCI Expresss X16 mampu untuk mentransfer data hingga 4 gigabytes per detik. Angka yang sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan PCI versi lama yaitu hanya 132 megabytes per detik saja.

Fungsi VGA Card

VGA card memiliki fungsi mengolah informasi grafis pada komputer seperti merender grafis 2D maupun 3D, decoding MPEG-2/MPEG4. Selain itu VGA card juga mampu untuk menghubungkan komputer dengan perangkat TV ataupun ke beberapa monitor sekaligus (multi-monitor). VGA card juga memiliki sound card sehingga mampu menghasilkan output sound ke perangkat yang terhubung seperti TV.

VGA card saling terhubung dengan CPU (central processing unit), sehingga mampu untuk mengambil data dari CPU lalu kemudian memprosesnya sehingga dapat tampil di layar monitor.

Fungsi VGA Card

Untuk kamu yang hobi bermain game atau yang bergelut dibidang multimedia seperti yang telah saya jelaskan dibagian awal, sangat penting untuk memiliki VGA card tambahan dengan kualitas yang bagus. Karena dengan menggunakan VGA card tambahan akan meningkatkan seluruh kemampuan sistem kamu, sebab VGA card memiliki RAM, pengatur daya dan pendingin tersendiri dalam mengelolah informasi grafis. Sehingga RAM dan CPU pada sistem kamu tidak akan terbebani dan mampu digunakan untuk hal lain.

Bagian – Bagian VGA Card

Seperti yang kita ketahui, VGA card terlihat seperti papan rangkaian dengan beberapa komponen yang menempel pada papan rangkaian tersebut. Nah, sebenarnya apa saja komponen atau bagian yang terdapat pada VGA Card? Berikut ini adalah penjelasannya :

Graphics Processing Unit

Graphics Processing Unit

Graphics Processing Unit (GPU) atau biasa juga disebut Visual Processing Unit (VPU) adalah sebuah sirkuit yang dirancang untuk memanipulasi data dengan cepat dan memodifikasi memori untuk mempercepat pembuatan gambar pada frame buffer. Singkatnya GPU ini mirip dengan CPU, namun GPU didesain hanya untuk menangani grafis saja.

Heat Sink

Heat Sink

Pada jenis VGA card yang baru dilengkapi dengan heat sink yang berfungsi untuk meratakan suhu yang ada pada graphics processing unit (GPU). Biasanya heat sink juga dilengkapi dengan sebuah kipas yang membantu untuk mengeluarkan udara panas yang ada pada VGA card. Namun pada beberapa jenis VGA card yang berkualitas rendah tidak dilengkapi dengan heat sink, tetapi hanya menggunakan cairan pendingin sebagai gantinya.

Memory

Memory

Memory adalah tempat dimana semua tekstur dan informasi grafis disimpan. GPU mengambil data dari memori kemudian memprosesnya lalu disimpan kembali di memori untuk kemudian disalurkan ke RAMDAC sehingga dapat tampil dilayar monitor kamu. RAMDAC merupakan singkatan dari Random Access Memory Digital to Analog Converter. Yang mana berperan untuk mengontrol gambar digital untuk kemudian dikonversi menjadi signal analog sehingga gambar tersebut dapat tampil di monitor.

Nah, itulah penjelasan mengenai VGA Card. Sebagai pengguna komputer yang mana sangat mengedepankan urusan grafis dalam penggunaannya, sangat penting untuk mengetahui hal-hal mengenai VGA card seperti yang sudah dijelaskan diatas, terlebih lagi jika kita adalah seorang penikmat game yang sangat mengharapkan tingkat grafis yang baik dan halus.

Related posts