Jangan Sampai Keliru, Water Resistant Dan Waterproof Sebenarnya Berbeda

C

Di jaman sekarang ini, teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat. Mulai dari teknologi perangkat lunak sampai teknologi untuk perangkat keras. Salah satu teknologi yang secara umum paling sering kita gunakan adalah handphone. Hampir semua orang di seluruh dunia pasti menggunakan handphone untuk memudahkan pekerjaan bahkan untuk kebutuhan sehari-hari tergantung profesi apa yang dijalankannya.

Berbicara tentang teknologi, belakangan ini kita sudah sering mendengar tentang smartphone yang tahan banting hingga tahan air. Sungguh sebuah teknologi yang sangat luar biasa dimana hal sederhana saja bisa menjadi topik hangat untuk diperbincangkan di dunia teknologi.

Dan tak jarang juga, kita sering mendengar teknologi yang disematkan pada suatu produk adalah waterproof atau water resistant. Tapi, tahukah kamu kalau sebenarnya water resistant dan waterproof itu memiliki arti atau pengertian yang berbeda?

Jika kamu belum tahu, pada artkel kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang perbedaan water resistant dan waterproof ini.

Perbedaan waterproof dan water resistant

V

Pada dasarnya tidak ada aturan yang sungguh-sungguh exact untuk mengklasifikasikan sebuah gadget atau peripheral komputer ke dalam kategori waterproof atau water resistant. Meski demikian beberapa produsen ada yang menerapkan standar baku, seperti menggunakan angka atau rating Ingress Protection (IP rate). Sebagian produsen yang lain menggunakan parameter lain yang bisa diterima.

Skala Ingress Protection berada pada rentang angka 1 sampai 8. Misalnya IPX1 berarti gadget Anda tidak dilindungi dari air, sedangkan IPX8 berarti gadget Anda aman atau terlindung dari air.

Water Resistant

B

Water Resistant adalah istilah yang digunakan untuk perangkat yang didesain sedemikian rupa agar sulit untuk kemasukan air. Mesikpun bisa menahan rembesan air yang masuk, perangkat dengan label Water Resistant masih bisa kemasukan air jika ada dalam kondisi lama, misal untuk kegiatan renang atau tercebur. Produk jenis ini dengan sengaja didesain untuk menahan rembesan air sementara seperti saat kita mencuci atau saat dalam kondisi hujan. Produk yang paling banyak mengadopsi label ini biasanya adalah jam tangan.

Jika diterjemahkan, water resistant berarti kedap air. Ini berarti sebuah perangkat sulit untuk dimasuki air. Biasanya manufaktur melapisi komponen penting dengan cat khusus yang mencegah cairan atau debu masuk dan menimbulkan kerusakan. Perangkat yang mendapatkan predikat ini biasanya jam tangan dimana akan sering bersentuhan dengan air saat mencuci tangan ataupun keringat.

Produk-produk Gadget dan peripheral computer yang mencantumkan keterangan “water resistant” juga bisa berarti dapat dibersihkan dengan kain lembab atau basah. Perangkat ini tidak dapat rusak oleh keringat. Misalnya orang yang berkeringat karena berolahraga jogging sambil mengenakan earphone. Demikian pula halnya jika hanya terkena percikan air. Perangkat ini tidak boleh dimasukkan ke dalam mesin pencuci piring (dishwasher).

Namun perlu dicatat bahwa perlindungan water resistant bersifat sementara. Apabila sudah terlalu sering diguyur air, maka proteksi akan hilang. Tetapi tenang saja, proses ini biasanya memakan waktu yang cukup lama.

Waterproof

N

Waterproof adalah tingkatan tertinggi dalam istilah anti air. Sejatinya, perangkat yang memiliki label Waterproof dapat menahan air dalam kondisi apapun walau ekstrim sekalipun tanpa menimbulkan efek embun. Waterproof sendiri dibagi dalam berbagai kualitas yang diukur dengan skala Ingress Protection Rating. Skala ini dibagi ke dalam 9 peringkat (0-8) yang digunakan untuk mengukur seberapa efektif suatu perangkat dalam menahan rembesan air.

Semakin tinggi ratingnya maka semakin baik kualitasnya. Secara sederhana, water proof memungkinkan suatu perangkat terkena air namun tetap bisa beroperasi. Contohnya beberapa smartphone masih berfungsi dengan baik setelah diajak masuk ke kolam renang.

Rating water proof pasti menyertakan tingkat kedalaman yang bisa ditolerir. Karena air memiliki tekanan, semakin ke dalam maka semakin besar pula tekanannya. Untuk itulah produsen smartphone memberikan batasan kedalaman air yang masih masuk garansi.

Perangkat computer dan gadget dengan keterangan “waterproof” berarti dapat sepenuhnya terendam dalam air. Namun tentang kedalaman dan berapa lama perangkat tersebut tahan terhadap air bisa bervariasi. Perangkat waterproof biasanya mampu bertahan dalam mesin pencuci piring.

Perlu diperhatikan bahwa, meski sebuah perangkat ditandai sebagai waterproof, namun bagian konektor dari perangkat waterproof tersebut biasanya tidak kedap air.

Selain itu istilah lain yang juga berkaitan adalah “washable”. Peripheral komputer atau gadget yang mencantumkan istilah washable berarti bisa dibilas dengan air keran dan mampu bertahan dari detergen ringan. Tapi perangkat ini tidak boleh dimasukan dalam mesin pencuci piring.

Jadi intinya, sebelum membeli gadget tertentu yang mencantumkan waterproof atau water resistant, periksa penjelasan yang ada pada brosur atau buku manualnya mengenai istilah ini. Karena sangatlah mungkin jika gadget yang kita miliki terkena air hujan, terjatuh di genangan becek, jatuh di selokan, kolam dll. Jangan sampai gadget yang sudah kita beli esok hari mati gara-gara kita tidak paham dengan istilah itu.

Untuk secara sederhananya, perbedaan dari waterproof dan water resistant adalah, water resistant itu berarti bisa menahan tekanan air agar tidak masuk ke dalam rangkaian produk gadget kamu. Yang berarti water resistant bukanlah anti air, melainkan bisa menahan tekanan air.

Untuk waterproof sendiri, memiliki arti anti air yang benar-benar memang tidak berpengaruh apapun jika dimasukkan ke dalam air. Namun, waterproof ini juga memiliki batasan kedalaman air.

Jadi, pastikan kamu tidak keliru lagi dalam membedakan antara water resistant dan waterproof ya. Terima kasih sudah membaca.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *