Nostalgia Tentang Friendster, Salah Satu Media Sosial Jadul Terbaik

a

Hampir semua orang di Dunia sekarang ini sangat bergantung pada penggunaan internet, baik untuk hal pribadi sampai untuk pekerjaan. Dan terlebih lagi banyak bermunculan media sosial berbasis internet yang berguna untuk memudahkan orang-orang untuk saling berkomunikasi.

Apa itu media sosial?

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Nah, salah satu media sosial yang sempat populer pada masanya salah satunya adalah friendster

Apa itu Friendster

Friendster adalah sebuah situs permainan sosial yang berfokus pada permainan dan musik yang berpusat di Mountain View, California. Friendster sebelumnya dikenal sebagai situs jejaring sosial sebelum dirancang ulang, layanan ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan anggota lain, serta berbagi konten dan media daring dengan anggota tersebut.

Situs web ini dulunya digunakan untuk berkencan dan mencari tahu tentang acara baru, band, dan hobi. Pengguna dapat berbagi video, foto, pesan dan komentar dengan anggota lain melalui profil dan jaringan mereka. Friendster dianggap sebagai salah satu jejaring sosial asli dan bahkan “kakek”-nya semua jejaring sosial. Layanan ini sangat populer di kawasan Asia Tenggara.

Bagi Kebanyakan pengguna media sosial sekarang ini, pasti akan merasa sangat asing ketika mendengar kata friendster, Karena sejatinya friendster ini mulai berkembang dan banyak diketahui pada tahun 2007-2009, yang saat itu merupakan hangat-hangatnya publik menggunakan layanan media sosial tersebut.

Sejak tahun 2002 sosmed yang satu ini sudah beredar di internet, Friendster mencapai puncak kejayaan di Indonesia pada tahun 2008. Sebelum akhirnya beralih fungsi menjadi situs permainan dan musik pada tahun 2011 , Friendster pada umumnya mempunyai fungsi yang sama layaknya sosmed masa kini.

Bisa menambah teman, chatting dengan seasama, berbagi informasi serta berkomunikasi. Sederhananya, Friendster itu seperti Facebook dengan tampilan yang lebih minimalis. Namun, dengan seiring kemajuan teknologi friendster perlahan mulai ditinggalkan orang-orang dengan beralih ke Facebook, Twitter, sampai Instagram seperti sekarang ini.

Di samping itu, tahukah kamu kalau ada beberapa bagian atau alasan yang membuat friendster itu jauh lebih asyik dan jauh lebih keren dibandingkan dengan media sosial yang ada sekarang ini? Terdapat beberapa alasan yang membuat Friendster layak dikatakan sebagai media sosial paling keren :

1. Di friendster, kamu perlu mengisi nama belakang pada kolom pecarian untuk bisa menambah teman, atau juga menggunakan email dari orang yang kamu tuju tersebut.

0

Berbeda dengan media atau jejarng sosial yang ada sekarang ini. Jika pada facebook atau instagram, kamu bisa menemukan seseorang yang kamu cari hanya dengan nama depannya, maka lain halnya jika kamu menggunakan friendster. Kamu harus menulis juga nama belakang dari orang tersebut, atau menuliskan email dari orang tersebut agar pencarian kamu tepat tertuju pada satu orang.

Kalau di jejaring sosial lain, kamu kadang sering merasa terganggu karena ada banyak orang nggak kenal yang nge-add kamu. Hal tersebut nggak akan terjadi saat di friendster karena untuk nge-add teman di friendster kamu butuh ngisi alamat email dari akun tersebut.

2. Minimal harus DM dulu biar bisa saling add dan jadi teman.

-

kalau di facebook kamu bisa langsung menambahkannya jadi teman, beda halnya dengan friendster. Kalau di media sosial lain kamu bisa saling berteman dengan cara yang sederhana hanya dengan saling add dan confirm, maka di friendster kamu harus saling add dari pencarian email masing-masing, agar bisa saling terhubung.

3. Kamu gak bisa kepo kalau belum di add atau belum menjadi teman.

p

Di media sosial lain, seperti facebook, twitter, dan instagram, kamu pasti bisa melihat profil dari pengguna dan juga saling terhubung walaupun belum saling berteman. Sebagai contoh, kamu bisa melihat semua foto yang ada di instagram orang lain dan melihat daily story dari orang tersebut.

Namun, hal yang berbeda akan kamu dapatkan saat kamu menggunakan friendster. DI friendster, kamu hanya bisa saling melihat kegiatan seseorang hanya jika kamu dan dia sudah saling berteman. Jika tidak, yah kamu hanya bisa menikmati fotonya saja.

4. Kamu bisa melihat siapa saja yang mengunjungi akun friendster kamu.

l

Friendster memang nggak banyak tombol interaktif seperti like, comment, dan lain sebagainya. Tapi ada satu layanan yang mungkin kamu harapkan di semua jejaring sosial media saat ini, yaitu bisa melihat siapa saja yang mengunjungi akunmu. Kamu bisa tahu siapa saja yang kepo di laman friendstermu.

5. Batas jumlah pertemanan yang ada di friendster terbatas.

3

Nah kalau yang satu ini justru sangat berbanding jauh dengan media sosial yang ada saat ini. Jika di facebook kamu bisa mendapatkan maksimal 5000 teman, maka di friendster, kamu hanya bisa menerima 1500 pertemanan, sangat terbatas. Namun disitulah sisi menariknya. Jadi kamu bisa benar-benar menyeleksi mana yang akan kamu terima menjadi temanmu.

6. Kamu tidak bisa menggunakan layanan “share post” dengan friendster.

6

Nah, ini yang menjadi poin terpenting kenapa friendster merupakan salah satu media sosial terbaik. Alasannya adalah karena kita sebagai pengguna, tidak bisa untuk membagikan post berupa tautan, sehingga tidak ada berita yang tersebar di beranda friendster.

Sekarang ini, kamu bisa mengakses berita dari mana saja termasuk jejaring sosial. Dengan mudah, teman-temanmu di jejaring sosial membagi sebuah berita yang entah benar entah salah. Gara-gara hal itu, kadang kamu jadi sering tertipu karena percaya pada berita yang ternyata palsu atau hoax. Enggak demikian di friendster, karena nggak ada layanan membagi tautan jadi nggak kamu nggak akan lihat teman kamu membagi berita secara nyampah di friendster.

Nah, dari poin-poin yang ada di atas, bisa kita simpulkan bahwa ada beberapa poin penting dari friendster yang bisa kita bandingkan dengan media atau jejaring sosial yang lain dan membuatnya menjadi salah satu jejaring sosial terbaik. Apakah kamu pernah menggunakan friendster sebagai media sosial kamu? Atau bahkan kamu tidak tau apa itu friendster? Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan kamu ya. Terima kasih juga karena sudah membaca.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *