Penjelasan Mengenai Sistem Komputer Dan Bagian – Bagiannya

Sistem Komputer

Komputer pada masa sekarang ini sudah menjadi sebuah perangkat yang paling banyak digunakan di berbagai industri maupun dalam kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Hal tersebut tidak bisa kita pungkiri karena memang pada kenyataannya komputer telah banyak mendominasi kemajuan teknologi yang ada sekarang ini. Selain digunakan dalam pekerjaan, komputer juga sering digunakan sebagai media hiburan seperti misalnya streaming secara online maupun bermain game.

Dalam penggunaannya, kita seringkali mendengar istilah Hardware, Software, dan juga Brainware. Ketiga hal tersebut sering disebut juga dengan istilah Sistem Komputer, yang mana ketiganya saling membutuhkan demi berjalannya sebuah proses komputing atau penggunaan komputer.

Mengenai sistem komputer yang mencakup ketiga hal di atas, tentunya sebagian besar dari kita mungkin masih ada yang belum tahu penjelasan dari ketiga hal tersebut. Untuk itu, pada artikel kali ini kita akan mengulas tentang Sistem Komputer, yang mana mencakup Hardware, Software dan juga Brainware. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Sistem Komputer

Sebelum kita membahas mengenai bagian-bagian atau komponen sistem komputer, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan sistem komputer itu sendiri. Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

sistem komputer

Lantas, apa itu sistem komputer? Sistem komputer merupakan sekumpulan perangkat-perangkat komputer yang mana saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain yang mana berguna untuk melakukan proses pengolahan data pada komputer. Sehingga nantinya dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas, secara umum komponen pada sistem komputer dibagi menjadi tiga yaitu Hardware, Software & Brainware. Ketiga komponen tersebut masing-masing memiliki peran yang sangat penting dalam mengelolah sebuah informasi data. Mereka dituntut harus bekerja beriringan dan apabila salah satu dari komponen tersebut hilang, maka sistem komputer tidak akan mampu bekerja sebagaimana mestinya.

Perangkat-perangkat tersebut memiliki fungsinya masing-masing pada sistem komputer. Namun saat beroperasinya perangkat-perangkat komputer tersebut akan bekerja dan saling mendukung satu sama lain. Hardware tidak akan berfungsi tanpa adanya software dan juga sebaliknya, dan keduanya tidak akan bermanfaat untuk menghasilkan informasi jika tidak ada brainware yang mengoperasikan dan memberikan perintah. Jadi dapat di katakan bahwa komputer bukan sebagai sebuah alat saja tapi juga merupakan sebuah sistem.

Fungsi Dari Sistem Komputer

Fungsi Dari Sistem Komputer

Sistem komputer yang terdiri dari tiga komponen utama memiliki fungsi yang sangat berguna bagi keseharian kita sebagai penggunanya. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari sistem komputer, antara lain :

  • Menginput Data
    Fungsi dari sistem komputer yang pertama adalah menginput data yang ada ke dalam komputer. Sistem komputer berfungsi untuk menginput seluruh jenis data yang telah dimasukkan oleh pengguna melalui perangkat hardware seperti mouse, keyboard, microphone dan yang lainnya.
  • Memproses Data
    Fungsi sistem komputer yang berikutnya adalah memproses data. Data yang telah diinput oleh user masih dalam bentuk mentah. Oleh karena itu setelah diinput sistem akan melakukan sebuah process yang mana mentransfer data mentah tersebut menjadi sebuah informasi yang dapat dibaca oleh memori komputer. Proses data ini dilakukan pada Central Processing Unit yang juga berperan sebagai otak komputer.
  • Menghasilkan Data
    Fungsi yang berikutnya merupakan sebuah hasil dari input dan proses data. Sistem komputer berfungsi untuk menghasilkan sebuah output yang merupakan hasil dari data yang telah diproses. Hasil output tersebut dapat berupa informasi, gambar, suara ataupun video yang sejak awal memang berupa sebuah pengolahan data.
  • Menyimpan Data
    Fungsi dari sistem komputer yang terakhir adalah menyimpan data. Sistem komputer berfungsi untuk menyimpan data output yang merupakan hasil olahan dari process pada memori komputer. Jadi, data yang tadinya telah diinput dan diproses sehingga menjadi sebuah output data, bisa kita simpan di dalam memori komputer untuk nantinya bisa kita pergunakan.

Komponen – Komponen Sistem Komputer

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yang mana sudah kita ketahui bersama bahwa komponen sistem komputer terbagi atas tiga komponen utama, diantaranya adalah Hardware, Software, dan juga Brainware. Secara singkat, Hardware merupakan perangkat keras pada komputer, yang mana terdiri dari perangkat input, output, procces, dan storage.

Komponen Sistem Komputer

Sedangkan software merupakan perangkat lunak yang berfungsi agar perangkat keras dalam komputer bisa digunakan. Software sendiri terdiri dari operating system, application program, utility program, dan juga programming language yang mana masing-masing perangkat lunak tersebut memiliki fungsi tersendiri yang mana pastinya berguna pada sistem komputer.

Dan kemudian komponen sistem komputer yang terakhir adalah brainware. Bisa dikatakan kalau brainware merupakan otak dari penggunaan komputer. Karena brainware merupakan seorang pengguna yang mana bertugas untuk mengaplikasikan hardware dan software dalam proses pengolahan data sehingga komputer bisa digunakan dengan baik.

Penjelasan Mengenai Hardware

Setelah mengetahui secara singkat mengenai pengertian hardware pada penjelasan di atas, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai hardware ini. Melalui penjelasan diatas, bisa dikatakan secara umum hardware dapat diartikan sebagai perangkat keras yang terdapat pada sebuah komputer. Salah satu fungsinya yaitu untuk mendukung melakukan komputerisasi, misalnya seperti menerima input data, mengolah data, dan menyimpan data, maupun mengeluarkan hasil pengolahan data.

Hardware

Perangkat keras atau hardware merupakan alat-alat yang secara fisik dapat dilihat dengan kasat mata dan dapat disentuh oleh tangan manusia. Fungsi utama hardware adalah menjalankan sekumpulan perintah atau instruksi yang diberikan, dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi. Perintah-perintah tersebut terdapat pada perangkat lunak (Software).

Perangkat keras atau hardware ini sendiri dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan yang ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware pun akan dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

Jenis – Jenis Hardware

Sebagian besar dari kita pastinya sudah mengetahui bahwa hardware terdiri dari beberapa jenis atau bagian yang berbeda dengan masing-masing kegunaannya. Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai masing-masing jenis hardware mulai dari perangkat input, process, output, dan juga storage.

  • Perangkat Input (Input Device)

Perangkat Input

Untuk jenis yang pertama dari hardware adalah input device. Input device sering diartikan sebagai perangkat masukan. Input device merupakan perangkat pada hardware komputer yang fungsinya sebagai alat untuk memasukkan data-data atau perintah pada komputer. Misalnya seperti Keyboard, mouse, web cam, scanner dan lain-lain.

Sebuah data atau instruksi harus di input terlebih dahulu sebelum diolah menjadi informasi yang seperti kita inginkan, oleh karena itu dibutuhkan sebuah unit input yang menjadi sebuah gerbang untuk data yang dari dunia luar masuk ke dalam sistem komputer. Bentuk-bentuk data yang telah diinput akan dikonversi menjadi kode binary sehingga dapat dibaca oleh memori utama. Tentulah bentuk data pada tiap perangkat input berbeda-beda. Misalnya pada perangkat keyboard, bentuk data yang dihasilkan adalah sebuah huruf atau angka, berbeda dengan perangkat input mouse.

  • Perangkat Processing (Processing Device)

Perangkat Processing

Jenis hardware yang berikutnya adalah perangkat processing atau yang bisa disebut juga dengan processing device. Processing device ini merupakan sebuah perangkat yang mana berguna untuk memproses data yang berasal dari input device untuk kemudian dihasilkan menjadi sebuah data yang diinginkan melalui output device.

CPU atau Central Processing Unit adalah otak dari sistem komputer, unit ini bertanggung jawab atas semua kegiatan yang terjadi didalam komputer. CPU berfungsi sebagai pusat pengelolah data dan mengontrol segala perangkat internal maupun yang eksternal yang terhubung pada komputer.

  • Perangkat Output (Output Device)

Perangkat Output

Jenis hardware yang selanjutnya adalah perangkat output. Bisa dikatakan bahwa output device atau perangkat output ini berguna untuk menampilkan atau memberikan sebuah hasil akhir dari pengolahan proses yang sebelumnya dimasukkan melalui input yang kemudian di proses pada processing device.

Output unit memiliki fungsi yang berkebalikan dengan input unit. Jika pada input unit data yang dari luar dimasukkan ke dalam sistem komputer, maka output unit sebaliknya. Output Unit menghasilkan sebuah informasi atau data yang merupakan hasil dari pemrosesan pada sistem komputer. Data yang dihasilkan dapat berupa sebuah infromasi, gambar, suara atau video.

  • Perangkat Penyimpanan (Storage Device)

Perangkat Penyimpanan

Jenis hardware yang terakhir adalah storage device. Data atau instruksi yang telah diinput pada sistem komputer melalui unit input terlebih dahulu di simpan pada unit storage sebelum benar-benar diproses. Begitupula dengan hasil data yang telah di proses, data tersebut terlebih dahulu disimpan pada unit storage sebelum dipindahkan pada unit output.

CPU juga dilengkapi dengan alat penyimpanan data. Terdapat alat penyimpanan data dengan kapasitas yang lebih besar sebagai alat menyimpan utamanya, yang biasanya disebut dengan harddisk. Jadi kita dapat menyimpan dan menghapus data sesuai dengan keinginan kita. Seiring berkembangnya teknologi komputer maka media storage device berkembang sangat pesat baik itu dari segi kapasitas dan bentuknya. Pada komputer storage device umumnya dibagi menjadi dua bagian yaitu internal dan eksternal.

Internal storage misalnya harddisk, harddisk umumnya memiliki kapasitas yang lebih besar karena digunakan sebagai media penyimpanan utama pada komputer, sedangkan untuk media penyimpanan sementara saat melakukan proses pada data yaitu RAM (Random Access Memory). Lalu External Storage yaitu perangkat keras untuk melakukan penulisan, pembacaan, dan penyimpanan data di luar dari media penyimpanan utama. Misalnya harddisk external, DVD, flashdisk dan lain-lain.

Penjelasan Mengenai Software

Setelah mengetahui penjelasan mengenai hardware, kemudian kita akan membahas penjelasan mengenai software. Seperti yang telah kita ketahui bersama, software biasa disebut juga dengan perangkat lunak yang mana berfungsi untuk menjalankan perangkat keras yang ada di dalam komputer. Dengan kata lain, tanpa adanya software, komputer yang ada tidak akan bisa digunakan.

Software

Software diartikan sebagai perangkat lunak karena perangkat ini tidak memiliki bentuk fisik seperti hardware. Software dapat diartikan juga sebagai suatu kumpulan data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer, bisa berupa program ataupun koneksi untuk menjalankan berbagai macam instruksi perintah. Jadi software tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik dan dapat dikatakan juga bahwa software digunakan untuk mengontrol perangkat keras.

Jenis – Jenis Software

Sama halnya seperti hardware, software juga terdiri dari berbagai macam jenis. Dan tentunya juga masing-masing jenis software tersebut memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis software yang ada.

  • Software Sistem (System Software)

Software Sistem

Jenis perangkat lunak yang pertama merupakan yang paling penting. Ada alasan dibalik dikatakannya software jenis ini sebagai jenis software yang paling penting. Karena jenis software inilah yang memungkinkan keseluruhan komputer bisa digunakan karena software ini bisa diistilahkan sebagai sistem utama yang digunakan untuk mengatur keseluruhan komponen yang ada pada komputer.

System Software adalah kategori untuk software yang mengatur dan mengontrol komponen hardware pada komputer yang mana memungkinkan terjadinya interaksi antara hardware dengan tipe software lainnya. Salah satu contoh dari System Software adalah sistem operasi komputer, Sistem Operasi komputer merupakan program dasar pada komputer yang umumnya berfungsi untuk menghubungkan pengguna dengan hardware.

Dapat dikatakan juga sistem operasi yaitu perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol dan memanajemen perangkat keras dan operasi-operasi yang dilakukan pada sistem, termasuk juga menjalankan aplikasi-aplikasi yang dapat melakukan pengolahan data.

  • Software/Program Aplikasi (Application Software)

Software

Jenis perangkat lunak yang selanjutnya adalah program atau software aplikasi. Application software adalah kategori untuk software yang digunakan oleh user untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu. Dalam hal ini bisa dikatakan bahwa software aplikasi merupakan software pelengkap pada komputer yang digunakan sebagai sarana pengolahan data.

Program/software aplikasi merupakan perangkat lunak yang siap untuk dipakai. Program aplikasi digunakan untuk membantu pekerjaan pengguna komputer dalam mengolah berbagai macam data. Pada sebuah komputer perangkat lunak ini sering disiapkan sesuai dengan selera dan kebutuhan penggunanya. Contoh software yang termasuk dalam kategori Application Software adalah web browser, software office, game dan lainnya.

  • Software Tambahan (Utility Software)

Software Tambahan

Jenis software yang ketiga ada utility software. Dikatakan sebagai software tambahan adalah karena software ini merupakan tambahan yang mana digunakan untuk tugas-tugas tertentu saja. Utility Software bisa dikatakan juga sebagai kategori untuk software yang menjaga dan melindungi sistem komputer namun tidak berhadapan langsung dengan hardware.

Merupakan perangkat lunak yang fungsinya untuk menjalankan tugas-tugas tambahan, disebut juga sebagai program dukungan dan memiliki fungsi tertentu. Misalnya seperti program yang disediakan oleh sistem operasi seperti Data recovery, Disk Defragmenter, Sceensever, Backup, dan lain-lain.

Penjelasan Mengenai Brainware

Brainware

Setelah membaca ulasan di atas, kita tentunya sudah mengetahui penjelasan mengenai hardware dan juga software. Nah, yang terakhir yang akan kita bahas adalah mengenai brainware. Brainware dapat diartikan sebagai orang maupun perangkat intelektual yang memakai, menggunakan atau mengoperasikan perangkat komputer.

Brainware yaitu orang yang menjalankan atau mengoperasikan komputer. Brainware sangat penting karena komputer tidak dapat bermanfaat jika tidak dioperasikan oleh manusia. Jadi brainware merupakan setiap orang yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan pemanfaatan komputer. Pengguna komputer umumnya dibagi kedalam 4 (empat) macam, yang diantaranya:

Macam – Macam Brainware

Berdasarkan jenis kegiatannya, brainware ini bisa dikategorikan menjadi beberapa bagian. Berikut ini adalah penjelasannya.

  • Programmer

Programmer

Yang pertama adalah programmer. Sebagian besar dari kita pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Programmer merupakan orang yang mempunyai keahlian menguasai banyak ataupun salah satu bahasa pemerograman, beberapa bahasa pemerograman yang sering digunakan misalnya seperti PHP, Java, Phyton, C dan lain-lain. Jadi programer dapat dikatakan juga sebagai orang yang membuat dan bertugas untuk mempersiapkan program yang memang diperlukan pada sistem komputer yang akan digunakan untuk mengolah data.

  • Sistem Analis

Sistem Analis

Merupakan orang yang memiliki tanggung jawab terhadap penelitian, perencanaan, penkoordinasian dan merekomendasikan pilihan software, hardware dan sistem yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya (perorangan, organisasi dan perusahaan). Seorang sistem analis-pun sangat berperan penting dalam proses pengembangan suatu sistem. Seorang sistem analis perlu memiliki 4 (empat) keahlian seperti analisis, teknis, manajerial dan cara berkomunikasi dengan orang lain atau interpersonal.

Kemampuan dalam melakukan analisis dapat memungkinkan untuk memahami perilaku organisasi dan juga fungsi-fungsi lainnya, kemampuan tersebut dapat membantu dalam mengidentifikasi berbagai kemungkinan yang terbaik dalam menyelesaikan masalah yang sedang di hadapi. Kemampuan teknis dapat memungkinkan untuk memahami berbagai potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi.

Keahlian dalam manajerial dapat membantu dalam mengelola sumber daya, proyek dan lain-lain. Dan keahlian Interpersonal dapat membantu dalam berinteraksi khususnya dengan pengguna akhir atau user. Seorang sistem analis juga harus mampu untuk memahami dan bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemerograman, sistem operasi, maupun perangkat keras yang digunakan oleh pengguna akhir.

  • Administrator

Administrator

Administrator merupakan orang yang tugasnya mengelola suatu sistem operasi dan juga beberapa program yang sedang berjalan pada sistem komputer.

  • Operator

Operator

Merupakan orang yang memanfaatkan sistem komputer yang telah ada atau dia hanya menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu saja untuk mengolah data.

Demikianlah ulasan mengenai sistem komputer. Setelah membaca ulasan di atas, kita tentunya mengetahui bahwa sistem komputer terdiri dari tiga komponen utama yang memiliki tugas yang berbeda. Tentunya juga kita mengetahui ada banyak jenis dari hardware, software dan juga brainware. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Related posts