Sudah Tahu Apa Itu Action Figure, Yuk Ketahui Selengkapnya Disini

12

Ada yang hobi koleksi mainan? Mainan merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan, terutama dari anak-anak. Namun, tak jaran juga ada orang dewasa yang hobi mengoleksi mainan. Tapi bukan sembarang mainan seperti yang sering kita lihat yang banyak dimainkan oleh anak kecil. Kebanyakan mainan yang di koleksi oleh orang dewasa biasanya disebut dengan Action Figure.

Bukan hanya sekedar hobi mengoleksi, tak jarang juga yang rela merogo kocek lebih dalam hanya untuk membeli sebuah mainan action figure yang memiliki status edisi terbatas. Hal itu dilakukan selain karena hobi, namun juga memiliki kepuasan tersendiri karena bisa memiliki mainan action figure yang jarang dimiliki oleh orang lain.

Ngomong-ngomong soal action figure, pastinya ada sejarah atau asal usul dibalik terciptanya mainan jenis ini. Nah, daripada penasaran, yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Action Figure

22

Action figure dapat diartikan sebagai mainan miniatur tiruan dari suatu objek nyata yang ada. Misalnya miniatur dari tokoh-tokoh terkenal entah itu yang berasal dari kisah fiksi ataupun tokoh nyata yang terkenal. Sampai sekarang ini, action figure yang masih banyak peminatnya salah satunya adalah action figure dari serial Gundam. Ya, action figure berbentuk robot ini selalu menjadi pusat perhatian tersendiri bagi penikmat action figure.

Menurut pandangan Stan Weston (penemu istilah action figure, seorang manager pemasaran di perusahaan mainan Hasbro), action figure berasal dari kata figure berarti sebuah citra figur seperti manusia, karakter dan action yang berarti bisa dibuat beraksi atau diposekan menjadi sedang melakukan sebuah aksi (action).

Dalam perkembangannya menurut Max Watanabe, yang merupakan seorang ahli pembuat action figure terkenal di Jepang action figure adalah sebuah sculpture/miniature/replica dari sebuah benda atau karakter, baik yang menggunakan artikulasi pada bagian gerak maupun tidak, dan dibuat dengan tingkat kedetailan yang tinggi.

Berdasarkan informasi yang ada di wikipedia, Miniatur tiruan superhero atau Action figure (dibaca eksyen figer) adalah mainan berkarakter yang berpose, terbuat dari plastik atau material lainnya dan karakternya sering diambil berdasarkan film, komik, video game atau acara televisi. Action figure ini sering dipasarkan memang untuk anak lelaki. Action figur yang bisa diganti-ganti pakaiannya sering disebut sebagai action doll (boneka aksi) sebagai sebuah perbedaan dari action figur yang pakaiannya tidak bisa diganti-ganti atau sudah dicetak.

Action figure sangat terkenal dikalangan anak lelaki karena mereka melambangkan suatu sifat maskulin. Awalnya action figure dibuat hanya untuk pasaran anak-anak, kemudian action figure telah berkembang menjadi sebuah barang koleksi bagi para kolektor dewasa dan telah diproduksikan secara spesifik untuk orang dewasa. Dalam hal ini, barang yang dipandang secara cermat adalah mainan yang semata-mata hanya untuk dipajang.

Sejarah Perkembangan Action Figure

Perkembangan action figure yang ada di dunia saat ini tentunya tidak terlepas dari ikut andilnya dua negara yang merupakan produsen terbesar dari action figure, yaitu Amerika dan Jepang. Amerika dengan ciri khas action figure karakter superhero yang populer dan Jepang dengan action figure yang berdasarkan karakter dari animenya.

Sejarah Perkembangan Action Figure Di Amerika

4

Perkembangan action figure yang ada di Amerika sangat dipengaruhi oleh perkembangan komik maupun budaya yang ada di sana. Salah satu faktor utama yang mampengaruhi action figure adalah kemuculan komik-komik superhero maupun film serial kartun dari Amerika yang ternyata juga sangat digemari di Eropa.

Action Figure Amerika Era 1960 – 1979
Penggunaan istilah action figure pertama kali digunakan oleh Hasbro, sebuah perusahaan mainan yang terkenal di Amerika pada tahun 1964 untuk memasarkan produk replika tokoh-tokoh G.I. Joe yang mereka produksi. Karena sasaran pasar mereka adalah anak laki-laki, mereka sadar bahwa anak laki-laki tidak mau bermain boneka (doll). Maka dari itu, istilah action figure digunakan untuk menggantikan doll yang terkesan lebih feminim. Action figure ini dibuat dengan ukuran 11,5 inci dengan outfit yang dapat diganti-ganti sesuai fungsinya. Hasbro kemudian menyebarkan lisensi produk action figurenya secara global dan inilah awal popularitas action figure. Action figure G.I. Joe ini sangat populer pada saat itu, bahkan membuat action figure tersebut terjual habis dalam waktu yang terbilang singkat.

Pada tahun 1971
Sebuah perusahaan mainan baru bernama Mego mendapat lisensi dari dua perusahaan komik raksasa Amerika yaitu Marvel dan DC Comics, untuk membuat action figure yang diambil dari karakter komik superhero mereka. Action figure tokoh-tokoh seperti Superman, Batman dan Spider-Man itu pun langsung terjual habis.

Pada tahun 1976
Dirilis action figure yang dibuat berdasarkan sebuah film fiksi ilmiah karya George Lucas berjudul Star Wars yang bercerita tentang perang bintang di luar angkasa. Action figure Star Wars yang diproduksi oleh perusahaan mainan Kenner menuai sukses besar. Action figure ini menjadi incaran banyak penghobi. Sukses Star Wars ini juga menghasilkan standar baru dalam produksi action figure pada saat itu. Ukuran action figure menjadi lebih kecil yaitu 3,75 inci. Selain itu, bukannya memproduksi satu tokoh dengan banyak variant outfit, Star Wars memproduksi banyak macam tokoh dengan karakteristik khusus masing-masing.

Action Figure Amerika Era 1980 – 1994
Pada masa ini action figure sangat terkenal dan lebih banyak dibuat berdasarkan tokoh-tokoh dari serial kartun. Beberapa action figure yang sukses besar pada masa ini adalah action figure yang diambil dari karakter film kartun misalnya Masters of the Universe, G.I. Joe, dan Thundercats.

Demam action figure pada masa ini membuat Hasbro merilis action figure Transformers pada tahun 1984. Action figure Transformars berupa sebuah robot yang dapat ditransformasikan menjadi bentuk lain seperti kendaraan, senjata maupun hewan. Action figure Transformers langsung merajai pasaran action figure pada saat itu, bahkan karena kesuksesan action figure Transformers, diproduksi sebuah serial kartun berjudul Transformers yang didasarkan pada action figure tersebut.

Pada masa ini banyak penghobi yang tetap mempertahankan action figurenya dalam kondisi tetap pada packaging atau bungkusnya untuk menjaga agar kondisi action figure tersebut tetap baik.
Pada awal tahun 1990an action figure Teenage Mutant Ninja Turtles (Kura-Kura Ninja) diproduksi dalam jumlah besar dan terjual dengan angka penjualan yang sangat tinggi.

Action Figure Amerika Era 1995 – Sekarang
Sekitar tahun 1995 muncul sebuah lini action figure baru yang ditandai dengan dipasarkannya action figure Spawn dengan ukuran sekitar 12 inci dan dengan tingkat kedetailan yang sangat tinggi mulai dari proporsi figure hingga tingkat pewarnaan figure. Action figure ini diproduksi oleh perusahaan McFarlane Toys. Pada era ini banyak bermunculan perusahaan-perusahaan mainan baru seperti Toy Biz, DC Direct, Sota, Mezco dan Neca dimana perusahaan-perusahaan tersebut juga memproduksi action figure dengan detail yang sangat baik.

Sejarah Perkembangan Action Figure Di Jepang

555

Perkembangan action figure yang ada di Jepang sangat dipengaruhi oleh keberadaan komik Jepang atau yang biasa disebut dengan manga dan film-film tokusatsu maupun animasi buatan Jepang (anime) yang juga sangat digemari di Asia.

Action Figure Jepang 1960 – 1979
Pada sekitar tahun 60an komik Jepang atau yang disebut manga sangat digemari di Jepang. Ini diikuti dengan dibuatnya serial animasi Jepang (anime) yang didasari dari serial manga, seperti Tetsujin 28, Mazinger Z hingga ke film tokusatsu misalnya Godzilla, Ultraman dan Kamen Rider yang sangat terkenal pada masa itu. Pada masa ini sebuah perusahaan mainan Jepang bernama Bandai membuat action figure dari tokoh-tokoh tersebut walaupun dengan tingkat kedetailan yang masih sangat sederhana.

Action Figure Jepang 1980 – 1994
Pada awal tahun 1980 terjadi booming serial anime robot (mecha) Gundam yang memberi inspirasi pihak Bandai untuk memproduksi action figure yang lebih berkualitas. Pada masa ini Bandai untuk pertama kalinya memproduksi action figure Gundam dengan kedetailan yang cukup baik.

Bandai memproduksinya dalam bentuk Model Kit (Rakitan). Model kit Gundam ini sangat diminati, bahkan menjadi tren tersendiri dalam dunia action figure. Pada tahun 1984, Bandai memproduksi action figure yang disebut Vinyl Figure, yaitu action figure yang dibuat dari bahan vinyl yang didasarkan pada karakter baik dari film-film anime maupun tokusatsu dengan tingkat kedetailan yang lebih baik lagi. Pada masa ini pula berdiri perusahaan-perusahaan action figure baru seperti Banpresto, Tomy, Max Factory, Medicom, Kotobukiya dan beberapa perusahaan action figure Jepang terkenal lainnya.

Action Figure Jepang 1995 – Sekarang
Pada masa ini perkembangan action figure Jepang sangat pesat, beberapa figure dibuat sangat detail dengan berbagai ukuran. Pada tahun 1995 Bandai merilis action figure dengan ukuran setinggi 8cm – 10cm dengan detail dan pewarnaan yang sangat baik. Pada tahun yang sama pula Medicom merilis Real Action Heroes, dimana action figure ini benar-benar detail, bahkan hingga detail kostum yang dapat di lepas atau di ganti seperti kostum-kostum yang dikenakan untuk pembuatan film tokusatsu, maupun pada serian anime.

Pada tahun 1998, Bandai merilis sebuah action figure yang merupakan masterpiece berupa Super Imaginative Chogokin, dimana action figure ini dibuat dengan memperbaiki proporsi dan komposisi karakter menjadi lebih proporsional dan lebih modern. Keberanian Bandai ini diikuti juga oleh perusahaan action figure lainnya untuk meningkatkan kualitas action figurenya.

Sejarah Perkembangan Action Figure Di Indonesia

666

Di Indonesia action figure mulai di kenal sekitar tahun 1980an, tetapi karena masih sedikitnya informasi yang didapat membuat action figure belum memiliki banyak penggemar. Baru sekitar tahun 1995, dengan kemajuan teknologi internet yang ada action figure mulai memiliki banyak penggemar yang kemudian di Indonesia disebut penghobi atau dalam istilah yang lebih sempit di sebut KOLEKTOR.

Di Indonesia hobi action figure ini berkembang dengan sangat pesat, ini ditandai dengan banyaknya toko hobi yang bermunculan, walaupun masih dalam skala yang kecil. Baik action figure Amerika maupun Jepang memiliki penggemar tersendiri yang cukup banyak, walaupun tak jarang beberapa penghobi menyukai keduanya. Hingga saat ini penghobi di Indonesia masih bergantung pada pasokan action figure dari Amerika dan Jepang. Beberapa merk atau seri action figure hingga saat ini juga masih sulit didapat.

Kurangnya fasilitas pendukung hobi ini juga menjadi kendala utama. Saat ini mulai banyak penghobi yang mencoba membuat sendiri action figure dari karakter yang mereka sukai. Kurangnya fasilitas pelatihan dan informasi tentang pembuatan action figure menjadi penghalang utama lahirnya action figure asli Indonesia. Beberapa penghobi harus mengikuti workshop di luar negeri dengan biaya yang sangat mahal.

Jenis-Jenis Action Figure

Ada berbagai macam action figure dan semuanya memiliki ciri khas masing-masing. Berikut ini adalah beberapa jenis action figure yang ada, antara lain :

  • FIGMA

a

Figma (フィグマ) adalah Action Figure yang berasal dari jepang yang diproduksi oleh Max Factory dan didistribusikan oleh Perusahaan Good Company, kebanyakan figure-figurenya adalah karakter Bishoujo dari anime-anime dan seringnya atau kebanyakan adalah bentuk dari karakter-karakter yang sudah tampil di anime ataupun game jepang.

  • NENDOROID

s

Secara sederhana, action figure nendoroid merupakan salah satu jenis figure yang mempunyai ciri ukuran kepala yang terlihat lebih besar dari badan. Mirip seperti karakter chibi yang sudah umum dipakai. figure jenis ini begitu melekat dengan kesan Moe (Imut). Karena ekspresi yang tersedia untuk 1 item sangat beragam. Tinggi dari nendo sendiri sekitar 10 cm lebih.

  • SHF (Simple Heroic Figure ) & SIC (Super Imaginative Chogokin )

x

Jenis ini merupakan standar baru dari action figure yang dipersembahkan seni dari Bandai design technology, didesain mirip dengan mimik serta bentuk tubuh manusia, biasanya tingginya sekitar 14cm. SIC atau Super Imaginative Chogokin adalah series yang indah dan elegan dibuat oleh Takayuki Takeya dan Kenji Ando yang bisa dibilang lebih dari figure, mereka adalah seni dibuat dari empat prinsip dengan memanfaatkan Bahan Baru, Kualitas Tinggi, Nilai Mainan serta Originalitas.

Terdapat juga beberapa jenis action figure yang banyak dicari di Indonesia berdasarkan tampilannya, yaitu :

  • Action Figure Super Hero

vg

 

 

Berbagai karakter yang muncul di dalam film-film terkenal biasanya dibuat ke dalam bentuk action figure, terutama yang tidak dipungkiri lagi adalah karakter super hero atau manusia super. Miniatur super hero sangat diminati oleh berbagai kalangan masyarakat menyusul kesuksesan dari karakter itu sendiri.

Beberapa contoh karakter super hero yang sangat disukai oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia antara lain Batman, Superman, Iron Man, Spider Man, Captain America dan masih banyak lagi. Bahkan beberapa figur super hero dari dalam negeri juga tidak kalah disukai oleh masyarakat pribumi, misalnya Gatot Kaca, Bima Ksatria Garuda, Saras 008, Wiro Sableng dan lain-lain.

  • Action Figure Tokoh Kartun

v

Selain action figure dengan tampilan super hero, tokoh kartun juga menjadi salah satu jenis action figure yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Berbagai miniatur tokoh anak-anak atau kartun dari dalam dan luar negeri sangatlah diincar dan diburu oleh penggemarnya masing-masing.

Tokoh-tokoh kartun yang dimaksud antara lain Unyil, Sopo Jarwo, Upin dan Ipin, Doraemon, Sinchan, Detective Conan, Monster Inc, Naruto, Tsubasa, Dragon Ball, Sponge Bob dan masih banyak lagi.

  • Action Figure Tokoh Terkenal

Selain mengangkat tema action figure yang bersifat fiktif atau bertema aksi seperti super hero, beberapa miniatur atau action figure juga membuat beraneka macam tokoh terkenal yang ada di dunia, mulai dari atlet olahraga, presiden hingga artis dan penyanyi yang terkenal.

Beberapa action figure yang disukai oleh masyarakat Indonesia antara lain atlet sepak bola seperti Christiano Ronaldo, David Beckham, Lionel Messi hingga Zidane Zidan atau para musisi bollywood seperti Justin Bieber, Taylor Swift, One Direction, Michael Jackson dan masih banyak lagi. Berbagai model action figur tersebut biasa dikoleksi oleh berbagai kalangan yang hobi dan tertarik dengan idolanya masing-masing.

Kegunaan Dari Action Figure

ff

Biasanya, orang yang mengoleksi action figure mengaku memiliki banyak mainan ini karena faktor hobi. Nah selain berguna sebagai pemuas hobi, ada beberapa kegunaan lain dari action figure, yaitu :

  • Sebagai hobi

Yang namanya hobi adalah sesuatu yang tidak bisa dilarang dan muncul secara otomatis. Orang yang hobi mainan ataupun action figure bisa senang hanya dengan melihat-lihatnya di toko mainan. Mereka lebih senang lagi jika bisa mengoleksi, menata, dan juga membersihkan action figure kesukaannya dengan telaten. Melihat action figure yang mereka miliki saja bisa membuat mereka senang.

Umumya tipe yang masuk dalam tipe ini tidak terlalu menyukai action figure. Tapi mereka menyukai suatu karakter ataupun series tertentu. Dan karena karakter dari series tersebut dibuat dalam bentuk nendoroid/figma/PVC/figure lainnya, maka penggemar series tersebut akan menjadi tertarik untuk membeli action figure tersebut dari toko mainan.

  • Sebagai Sarana Investasi

Tahukah kamu bahwa beberapa action figure bisa mendadak menjadi langka dan hargnya naik melonjak tajam?Hal ini bisa dilihat di tempat-tempat atau toko yang menjual mainan, beberapa action figure memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibanding yang lainnya. Orang yang membeli murni untuk alasan investasi biasanya berusaha menjaga mainan yang dia beli tetap berada dalam keadaan MISB (Mint In Sealed Box) atau masih berada di dalam kotak atau masih bersegel.

  • Objek Fotografi

Tidak jarang action figure terkenal seperti nendoroid, figma, ataupun PVC dijadikan objek fotografi. Kadang figure-figure tersebut digunakan untuk membuat reka adegan dari suatu film ataupun manga. Namun, tidak jarang juga figure tersebut menjadi objek utama dengan alam sebagai latar belakangnya. Orang yang mencintai dunia fotografi pasti sangat suka untuk menjelajahi berbagai pose untuk menciptakan gaya yang menarik sebagai bahan foto mereka.

  • Hiasan Kamar

Jika kamar kamu ataupun ruangan terasa sepi, mungkin kamu harus mulai mempertimbangkkan untuk membeli action figure dan meletakkannya di ruanganmu. Percayalah, ruanganmu akan terasa lebih ramai dan membuat perasaan hatimu lebih senang.

Setelah membaca artikel ini, apa kamu tertarik untuk mengoleksi action figure?

Related posts